10 Peluang Bisnis Tanpa Modal yang Bisa Menghasilkan Untung Besar

by Sabda Awal
10 peluang bisnis tanpa modal

Membangun bisnis tanpa modal merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan ekonomi seseorang. Tapi sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui apa saja contoh usaha tanpa modal awal tersebut. Meskipun kalau digali lebih dalam, sebenarnya ada banyak sekali macamnya. Karena yang dibutuhkan untuk berbisnis disini hanyalah ketekunan dan keterampilan.

Inspirasi Bisnis Tanpa Modal Tapi Menguntungkan

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari inspirasi bisnis tanpa modal, namun bisa mendatangkan keuntungan besar. Di bawah ini adalah beberapa contoh usaha yang dapat dijadikan referensi:

1. Makelar Properti

Menjadi seorang makelar properti menjadi salah satu usaha tanpa modal yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Hal ini dilakukan mengingat harga aset yang terus mengalami kenaikan. Yang kemudian menyebabkan banyak pihak memilih berinvestasi dalam bidang ini. Dan untuk mewujudkan hal tersebut, mereka juga membutuhkan jasa makelar.

Anda yang memiliki skill berkomunikasi bagus dan juga berjiwa influencer, bisa mencoba bisnis ini. Karena selain tidak membutuhkan modal, peluang untuk untung juga sangat besar. Kalau belum berpengalaman, maka bisa memulai proyek pembangunan di lingkungan sekitar. Meskipun begitu, pastikan juga kalau sistem komisi jelas sebelum memulai.

2. Bisnis Reseller

Menjadi reseller online shop juga bisa dijadikan sebagai pilihan. Khususnya bagi Anda yang memiliki hobi berjualan namun terkendala modal. Dengan sistem reseller, maka tinggal menjual produk orang lain dan mengambil keuntungan sesuai dengan keinginan. Disini, Anda bisa memanfaatkan berbagai sosial media untuk menjual produk.

Menjadi reseller sebenarnya memiliki begitu banyak keuntungan. Anda tidak perlu bingung bagaimana cara membuat produk, packing, dan juga mengiring produk. Karena akan dilakukan oleh distributor. Jadi, Anda tinggal posting foto alias mencari menjual produk saja. Untuk usaha ini, yang dibutuhkan hanyalah sebuah smartphone memadai.

3. Jasa Pembuatan Website

Jika Anda memiliki kemampuan mengembangkan website atau bekerja sebagai web developer, maka bisa menjadi senjata untuk memulai bisnis gratis. Anda bisa menawarkan jasa sebagai pembuat website atau blog profesional kepada perusahaan, instansi, atau personal user. Untuk mempromosikan jasa ini, maka bisa memanfaatkan situs pencari kerja.

Seperti diketahui bersama, bahwa saat ini pekerjaan sebagai web developer memang sangat dicari. Mengingat tingginya kebutuhan para profesional untuk memiliki situs resmi, yang menjadi salah satu ciri profesionalitas. Tidak mengherankan kalau lowongan pekerjaan sebagai web developer ini banyak di post dimana-mana.

4. Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi atau affiliate marketing adalah salah satu pekerjaan internet marketer. Untuk memulainya, Anda tidak membutuhkan modal. Karena tidak perlu melakukan stock produk. Disini, Anda akan menjual produk milik orang lain menggunakan internet. Baik melalui sosial media, blog, website, marketplace, maupun email marketing.

Untuk setiap penjualan, maka Anda akan mendapatkan komisi beberapa persen dari nilai total produk terjual. Sebagaimana diketahui, di Indonesia sendiri banyak afiliasi lokal seperti Lazada, BukaLapak, Shoope, dan afiliasi broker forex yang bisa dimanfaatkan. Dengan afiliasi, maka Anda juga tidak perlu memikirkan mengurus produk, karena tugasnya hanya menjual.

5. Tutor Online

Bagi Anda yang memiliki suatu skill di bidang akademik atau pengembangan diri. Bisa menjadikan pekerjaan tutor online sebagai usaha untuk mendatangkan uang. Saat ini, internet dimanfaatkan oleh banyak pihak sebagai solusi alternatif untuk belajar. Terutama bagi kalangan yang memiliki kesibukan dan waktu terbatas untuk belajar offline.

Disini, Anda bisa memanfaatkan media sosial, forum, maupun situs resmi untuk memulai. Anda bisa membagikan video dan konten menarik yang bisa dijadikan bahan pembelajaran. Dan jika sudah mulai menuai hasil, maka bisa meluncurkan e-book belajar. Dengan begitu, maka Anda bisa bekerja kapan dan dimana saja, namun uang terus mengalir.

6. Menjadi Blogger

Menjadi seorang blogger menjadi sebuah cara mudah dan murah untuk mendapatkan uang tambahan. Disini, hanya membutuhkan kemampuan menulis yang baik. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan praltform gratis seperti wordpress.com atau blogspot.com. Untuk konten yang di publish, sebaiknya juga dipersempit temanya. Sehingga terlihat lebih profesional.

7. Jasa Desain Grafis

Memiliki kemampuan lebih untuk mengoperasikan Photoshop, CorelDraw, dan software yang lainnya dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk menghasilkan uang. Karena di era perkembangan teknologi saat ini, keterampilan desain grafis memang sangat dicari oleh banyak pihak. Disini, Anda bisa memanfaatkan situs lowongan kerja untuk mencari klien.

Dengan begitu, Anda tidak harus membuka usaha di rumah lagi. Karena semua hal mulai mencari klien hingga bekerja dapat dilakukan secara online, dimana waktu dan tempatya sangat fleksibel. Yang terpenting adalah Anda memiliki komputer atau laptop untuk bekerja.

8. Jasa Penerjemah

Memiliki kemampuan berbahasa asing? Maka Anda bisa membuka jasa sebagai penerjemah. Saat ini, skill untuk menerjemahkan suatu bahasa memang banyak dibutuhkan. Selain pekerjaan dapat dilakukan secara fleksibel, pekerjaan ini juga dinilai sebagai salah satu job dengan bayaran cukup tinggi. Terlebih untuk profesional yang sudah mahir dibidangnya.

Sebagai contohnya adalah, untuk menerjemahkan teks 1 halaman dari Bahasa Belanda ke Inggris. Anda bisa langsung mengantongi uang sebesar Rp. 300.000/ page. Bayangkan saja kalau dalam sehari bisa menerjemahkan 10 halaman. Anda akan mendapatkan gaji Rp. 3.000.000/ 10 pages dalam sehari. Meskipun begitu, menjadi profesional butuh proses.

9. Menjual Tiket Murah

Apabila Anda memiliki hobi traveling dan sering menghabiskan banyak waktu untuk mencari tiket pesawat murah. Bisa menjadikan hobi ini sebagai salah satu bisnis yang menguntungkan. Sebagaimana diketahui, kalau saat ini traveling seakan menjadi kompetisi. Dan tiket pesawat dengan harga rendah dijamin akan selalu diperebutkan.

Untuk menekuni bisnis ini, yang harus dilakukan adalah stay up to date di beberapa mesin pencarian tiket, komunitas traveling, dan lain sebagainya. Jika menemukan tiket murah, maka bisa langsung membagikan info tersebut melalui sosmed maupun forward ke semua kontak. Jangan lupa untuk menaikan harga sebelum posting supaya Anda dapat untung.

10. Agen Asuransi

Bisnis lain yang tidak membutuhkan modal uang adalah menjadi agen asuransi. Yang dibutuhkan disini hanyalah wawasan luas tentang dunia asuras, dan juga bisa menjual produk tentunya. Penghasilan dari usaha ini juga tergantung pada polis yang terjual. Jadi, untuk setiap jenis asuranis, maka keuntungan yang didapatkan juga berbeda.

Bagi pemula yang belum berpengalaman, maka Anda bisa mulai menawarkan polis asuransi kepada orang terdekat, keluarga dan teman misalnya. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan grup sosial media, forum diskusi online, dan juga blog gratisan untuk mempromosikan produk. Meski terlihat sulit, namun sebenarnya menyenangkan jika ditekuni.

***

Beberapa contoh bisnis tanpa modal di atas bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Khusunya bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha sampingan, namun terkendala biaya. Meskipun pada awalnya mungkin akan terasa sulit, namun seiring berjalannya waktu pasti akan meraih kesuksesan. Yang terpenting adalah terus berusaha dan pantang menyerah dalam segala kondisi.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment

58 comments

Zai July 13, 2019 - 5:48 pm

Sebenarnya masih banyak lagi sih peluang bisnis tanpa modal yang bisa dilakukan. Misalnya, seperti jadi freelance writer, virtual assistant, ikut program mitra quora, ikut program PTC, survei berbayar, dan masih banyak lagi. Intinya ya kudu nyari. Hehe.

Untuk sekarang, saya baru bisa menghasilkan uang secara online dari kegiatan freelance writer, bisnis afiliasi, blogger (adsense), dan mitra quora. Buat yang baru mau mencoba, i wish you a very Good luck 🙂

And yas, hasilnya lumayan kok.

Reply
Ridsal July 13, 2019 - 8:01 pm

Banyak juga ya, saya baru merasakan jadi freelance writer sama blogger nih. Next dicoba nih cara bang Sabda dan mas Zai..

Reply
Sabda Awal July 15, 2019 - 11:19 am

wah makasih sharingnya, kalau saya sendiri sebagai blogger pengen maksimal sebagai seorang blogger, semoga bisa dapat penghasilan gede di blog

Reply
indosurvival.com July 13, 2019 - 9:49 pm

Wah ide peluang bisnis tanpa modal yang selalu ingin saya coba adalah jadi reseller / dropshiper alat-alat petualangan, tapi masih terkendala sulitnya mencari supplier barang-barang hobi seperti itu. padahal blog saya sudah bisa jadi ‘wadah’ jualan, hehe.

Reply
Sabda Awal July 15, 2019 - 11:18 am

carinya dari merchan online aja mas, kayak topen n bl,

Reply
Bang Day July 13, 2019 - 10:52 pm

No 2. pernah bikin untuk kantor sendiri. Ternyata gak paham soal sekuriti so mudah dihack orang.
No.5 masih free ke teman2 🙂
N0.6 Blm ada hasilnya hhehe

Reply
Sabda Awal July 15, 2019 - 11:17 am

semoga segera ada hasilnya mas 🙂

Reply
Bang Day July 20, 2019 - 8:14 pm

Aamiiin

Reply
aris armunanto July 13, 2019 - 11:33 pm

Peluang bisnis tanpa modal memang banyak tapi masing2 perlu bakat juga, setelah tau mana yg paling memungkinkan baru dijalani dan butuh ketekunan biar sukses

Reply
Reyne Raea July 14, 2019 - 12:51 am

Sejak jadi IRT saya akhirnya mencoba ikutan berbisnis, karena cemen saya cari bisnis yang nggak pakai modal besar, seharusnya sih gak pakai modal sama sekali.

Tapi ternyata, yang saya alami, gak ada satu bisnispun yang nggak pakai modal duit, semua harus pakai modal, cuman memang beberapa bisnis, khususnya bisnis kecil, bisa dilakukan dengan modal yang amat sangat kecil..

Menjadi makelar misalnya, kita harus punya modal pulsa atau transportasi buat memperluas jaringan atau kenalan. Belum ketambahan modal utama punya keahlian dalam berkomunikasi.

Menjadi blogger, minimal punya kuota, dan kalau ingin berkembang menghasilkan penghasilan, harus modal laptop, dan peralatan lainnya sendiri, agar bisa menulis di manapun.

Tapi memang, semua ide bisnis di atas, bisa dilakukan dengan modal kecil 🙂

Reply
Sabda Awal July 15, 2019 - 11:16 am

bener mbak, butuh modal kecil, ya seminimalnya pulsa dan kuoata lah, katakan sebagai blogger, bahkan sebagai freelancer desain grafis juga butuh kuota untuk ngirim kerjaan

Reply
Sahabat Gratisan July 14, 2019 - 1:49 am

Mantep kaka infonya

Reply
Harmansyah July 14, 2019 - 8:44 am

Dari sepuluh bisnis tanpa modal yang disebutkan di dalam artikel, hanya dua yang pernah saya lakuin yakni makelar properti dan blogger. Untuk makelar properti hasilnya sungguh sangat mengejutkan, hanya dengan mengetahui sekitar properti saya jadi bisa mencari target kemana, sedangkan untuk blogger masih sedang diusahakan karena saya bisa dibilang masih newbie dan hanya baru mencoba menjadi publisher ads google.

Reply
Sabda Awal July 15, 2019 - 11:14 am

kapan-kapan boleh dong dishare jadi makelar properti mas

Reply
Arif Rudiantoro July 15, 2019 - 2:46 pm

Yg masih n dlam proses adalah blogger tapi modal utamanya kyaknya harus banyak bersabar ya kwkekek

Untung masih ada bisnis cadangan ☆

Reply
thya July 15, 2019 - 3:28 pm

nomer 2 dan 6 yang lagi ku jalani mas..
tapi hasilnya belum seberapa.. hehehe..

Reply
Sahabat Gratisan July 15, 2019 - 7:09 pm

Tambah lagi bang menjadi youtuber juga tidak perlu modal, hanya perlu kemauan karna pake hp juga bisa.

Reply
Sabda Awal July 16, 2019 - 11:33 am

harus mau mulai iya kan, meskipun alat tempur seadanya, haha

Reply
Hastira July 16, 2019 - 2:52 am

peluang bagus untuk dapat penghasilan ya

Reply
Rini Novitasari July 16, 2019 - 8:28 am

Blogger lagi jalan. Proses pengembangan. Trus pengen deh mulai tutor online itumya cuma pede di matematika sama akuntansi sih. Tapi kayaknya lumayan karna udah biasa kasih les private .

Tapi cara mulainya gimana masih bingung untuk tutor online nya. Hihi

Reply
Sabda Awal July 16, 2019 - 11:37 am

sama-an mbak, saya blogger juga lagi jalan,

wah, itu kan udah bisa ngajar private, tutor online bisa mulai apply jd pengajar di bimbingan online, atau bunga sendiri di youtube mba

Reply
Utari ninghadiyati July 17, 2019 - 12:41 pm

Ah saya belum.bisa mewujudkan peluang sebagai blogger. Harus banyak belajar lagi dam ngisi blog nih.

Reply
Djangkaru Bumi July 17, 2019 - 7:45 pm

Pilihanku menjadi blogger, walau tidak mempunya kemampuan menulis yang andal. Gaya bahasaku kacau balau, hanya modal nekat.

Reply
Sabda Awal July 18, 2019 - 9:57 am

tulisan mas enak dibaca lho, memang semuanya diawali dengan nekad

Reply
Riza Firli July 19, 2019 - 9:39 am

yang paling gede sebenernya itu properti sih..tp ya gk semua orang bs jalaninnya
klo yg gampang dijalanin semua orang bisnis reseller atau yaa itu menjadi blogger.. 😀

Reply
Farida Pane July 19, 2019 - 9:59 am

beberapa masih butuh modal juga sih, sebenarnya. misalnya butuh komputer. hehehe …

Reply
Sabda Awal July 22, 2019 - 8:29 pm

komputer atau data, iya kan, haha

Reply
siyoo July 19, 2019 - 6:35 pm

makasih infonya mass, lagi coba serius ngeblog ini wkwk

Reply
Septian Dwi Cahyo July 19, 2019 - 8:52 pm

Wih banyak juga peluangnya nih.

Sekarang yang lagi banyak digunakan yaitu influencer mas, seperti selebram, selebtwib, blogger dan youtuber, haha.

Reply
Sabda Awal July 22, 2019 - 1:48 pm

iya bener, saya juga pengen nyobain jadi youtuber nih

Reply
andrie kristianto July 21, 2019 - 1:51 pm

Wahhh bisa dicoba nih salah satunyaa

Reply
webillian July 22, 2019 - 1:10 am

pengen sih ikut affiliasi tapi bermodal blog yang masih kecil kayaknya agak sulit ya bang??

Reply
Sabda Awal July 22, 2019 - 9:28 am

kalau kecil agak susah mas, butuh blog niche khusus biar hasilnya maksimal

Reply
Aul Howler July 22, 2019 - 12:28 pm

Favoritku nomor 6
yuhu!
wkwkwkw

Pernah juga sih nyobain affiliasi dan reseller
sayang hasilnya nggak begitu ngefek di aku huhu

Reply
Sabda Awal July 22, 2019 - 8:29 pm

kalau di saya lumayan sih buat beli kuoata untuk afiliasi nih mas

Reply
adi pradana July 22, 2019 - 2:38 pm

Nomer 6 kayaknya seru tuh, menjadi blogger.

Reply
Sabda Awal July 22, 2019 - 8:27 pm

seru mas, ini nih yang harus kita lakukan

Reply
Anggun Josie Pasemawati July 23, 2019 - 1:53 pm

Walaupun tanpa modal masing2 peluangnya butuh skill jg ya mas kayaknya. Bener banget sih kalau semuanya butuh kerja keras dan pantang menyerah. Harus telaten dan sabar.

Reply
Sabda Awal July 23, 2019 - 5:57 pm

benar mbak, memang segala sesuatunya butuh skill sih

Reply
Dyah July 25, 2019 - 8:07 pm

Memang kalau ingin penghasilan lebih, kemampuan menjual itu penting. Mau jadi blogger, penerjemah, kalau nggak bisa “jual diri” ya nggak bakalan dapat pendapatan lebih. Mayoritas peluang bisnis yang ditulis di atas juga pada intinya jualan.

Reply
Sabda Awal July 26, 2019 - 9:51 am

marketing itu memang penting mas

Reply
Astriatrianjani July 26, 2019 - 11:29 am

Cuma pengen jadi blogger, soalnya nggal bakat untuk yang lain. Dan emang cuma nulis yang nggak bikin bosen….
Segala sesuatu harus ditekuni dan dicintai supaya menghasilkan

Reply
asmurcom August 6, 2019 - 8:08 pm

wah bener banget nih, apalagi yang soal agen asuransi. Komisinya bejibun!
Ane udah ngerasain gan

Reply
Sabda Awal August 11, 2019 - 2:04 pm

benar mas, ciee yang udah pernah rasain manisnya jadi agen

Reply
Hendra Suhendra August 7, 2019 - 8:46 am

Kalo kita mau gali lebih dalam, ternyata banyak juga ya bisnis tanpa modal. Dan bisnis sampingan yang masih saya jalani adalah menjadi bloger. Sempat ditawarin afiliasi, tapi saya belum mau jalanin,

Reply
Sabda Awal August 11, 2019 - 2:04 pm

yang saya jalani sekarang juga blogger saja mas, hasilnya lumayan

Reply
evrinasp August 12, 2019 - 10:09 am

Blognya Ada dua berarti ya, ini mulai tahun depan saya udah kepikiran mau mulai usaha. Jadi blogger Kan udah, produknya digital ya, Pingin usaha yg keliatan bentuknya

Reply
Sabda Awal August 13, 2019 - 11:55 pm

Semoga sukses ya mbak untuk kedepannya

Reply
bella agmia August 14, 2019 - 7:47 pm

boleh boleh boleh infonya,,, seller udah pernah, makelar hampir pernah wkwkw, sekarang di blogger… cuma aku tertarik nih sama web developer sayang gak ada skil

Reply
Sabda Awal August 15, 2019 - 11:38 am

tertariknya udah, tinggal belajarnya yang belum mbak, ahha

Reply
Reno Arifigar August 19, 2019 - 7:40 pm

Ane cukup tertarik dengan affiliasi sih. Tapi rasanya perlu membangun kepercayaan ke orang lain agar mau diajak ikutan

Reply
Sabda Awal August 19, 2019 - 10:02 pm

benar ma, untuk membangun kepercayaan bisa dimulai dengan membagikan pengalaman pribadi terlebih dahulu

Reply
Syafiq Salman August 25, 2019 - 10:18 am

Hmm, mumpung ibukota ada rencana mau pindah mungkin saya harus beralih jadi makelar tanah/properti aja kali yah? kekeke. Sayangnya saya kayaknya gak punya skill buat cuap-cuap ngejual barang ke orang, jadi konsen jadi blogger + affiliate marketer dulu aja yang ketauan sama-sama menghasilkan 🙂

Reply
Sabda Awal August 25, 2019 - 8:35 pm

hahah cocok itu mas, pindah ke kalimantan jadi makelar tanah, wheheh

Reply
Amir August 27, 2019 - 7:46 pm

Jadi blogger dong. Tapi tentu saja beda pendapatan karena keilmuan masing-masing. Ada yang sudah pro, ada juga yang sudah lama tapi belum juga sesuai impian. Kuncinya ialah tekun dan fokus. Btw terimakasih sudah berbagi

Reply
Rohyati Sofjan September 4, 2019 - 7:11 pm

Saya memilih menulis lepas ke media massa cetak dan daring selain menjadi narablog. Ada lagi peluang lain, mempromosikan produk, jasa, acara, sampai hal lainnya di Instagram.
Sekarang Instagram jadi media sosial alternatif yang paling banyak peminatnya. Leluasa menjangkau dunia dengan tagar yang dituliskan di dalam teks utama dari foto (caption).
Maaf, sudah lama saya tidak singgah ke siini, sibuk sebagai admin follow loop di Instagram, semacam acara untuk beroleh follower dengan cara saling follow dan diatur oleh suatu akun khusus untuk itu . Saya mendirikan Indonesia Saling Follow bersama Ida Raihan.

Reply
Sabda Awal September 5, 2019 - 5:47 pm

iya mbak, makasih udah disempetin mampir kemarin, makin sukses ya untuk ke depannya, terutama dari ig

Reply
Cut Inana October 6, 2019 - 12:25 am

Jasa Desain Grafis bisa menjadi bisnis tanpa modal, hanya modal kreatifitas dari orangnya, artikel ini sangat bermanfaat. Terima kasih min.

Reply