Begini Cerita Saya 4 Tahun Bekerja di Bea Cukai

by Sabda Awal
pengalaman kerja 4 tahun di bea cukai

Tulisan ini sebatas sharing kepada anda yang butuh gambaran tentang Bea Cukai berdasarkan sudut pandang individu.

Tujuan tulisan ini tidak lebih sebagai refrensi semata.

Mana tahu anda akan berhubungan Bea Cukai atau mengalami indikasi penipuan yang saat ini marak terjadi dengan mengatasnamakan Bea Cukai, anda dapat bertanya kepada saya.

Yang saya bahas, yaitu :

  1. Cara menjadi pegawai Bea Cukai
  2. Perjalanan saya di Bea Cukai
  3. Persepsi salah tentang Bea Cukai
  4. Suka Duka menjadi Bea Cukai

Cara Menjadi Pegawai Bea Cukai

Cara menjadi pegawai Bea Cukai ada dua pilihan :

Pertama, kuliah di STAN dengan memilih jurusan Kepabeanan dan Cukai, lulus, dan menunggu penempatan.

Kedua, mengikuti seleksi umum rekruitmen umum CPNS Kementerian Keuangan. Rekruitmen umum adalah penerimaan dari yang bukan lulusan STAN.

Anda harus mengikuti tes CPNS Kementerian Keuangan.

Tidak semua jurusan diterima, melainkan sesuai kebutuhan yang sudah ditetapkan. Informasinya dapat dicek pada rekrutmen.kemenkeu.go.id. Mulai dari jadwal, persyaratan, tempat tes, tesnya apa saja, dan formasi ada disitus ini.

Jadi, jangan tanya saya lebih jauh tentang rekrutmen umum ini. Karena saya pegawai Bea Cukai, dan tidak berhubungan dalam proses penerimaan umum pegawai baru.

Apakah setiap tahun dibuka penerimaan umum ini? Tergantung kebutuhan, oleh sebab itu anda harus update informasi melalui situs yang telah saya sebutkan diatas. Namun begitu, biasanya jika ada pembukaan tes CPNS pasti beritanya masif di sosial media sosial.

Perjalanan di Bea Cukai

Untuk pengetahuan umum tentang Bea Cukai selama ini masyarakat sudah mendapatkan edukasi dari channel Net TV dalam program CUSTOMS.

Sementara itu, secara khusus saya telah mendiskripsikan pekerjaan Bea Cukai pada tulisan saya pada Ingin Menjadi Pegawai Pajak atau Bea Cukai? Perhatikan 4 Hal Ini.

Baiklah, usia pekerjaan saya masih seumur jagung. Jika dihitung-hitung sudah hampir 5 tahunan.

Dulu mengapa saya memilih jurusan Bea Cukai karena saya merasa saingannya tidak terlalu banyak (Ujian Saringan Masuk STAN). Soalnya, dulu itu prodi Bea Cukai hanya untuk laki-laki saja, sedangkan sekarang laki-laki dan perempuan boleh mendaftarkan diri.

Dibandingkan dengan jurusan pajak, semua gender boleh mendaftarkan diri.

Seingat saya persyaratan memilih Jurusan Bea Cukai, untuk laki-laki tinggi minimal 165 cm, sementara perempuan 160 cm. Seingat saya lho, saya lupa soalnya saya daftar STAN tahun 2011.

Mata harus sehat, tidak boleh rabun. Sehat fisik dan rohani.

Tuh kan, saingannya jelas makin sedikit dengan persyaratan tambahan diatas.

Saat mendaftar, saya sama sekali tidak tahu Bea Cukai itu apa. Lucunya, junior-junior saya ketika saya tanya, “Sewaktu mendaftar, tahu Bea Cukai itu apa?”.

Mereka jawab, “Tidak tahu Bang”.

Jawabannya sama seperti saya dulu, hahaha 😂 .

Penempatan pertama saya pada salah satu kantor pelayanan di Sumatera Utara.

Belum Jadi PNS

Saat penempatan pertama, kami tidak semata-mata langsung menjadi PNS, bahkan bukan pula CPNS, melainkan CCPNS (Calon CPNS) alias OJT (On Job Training).

Dalam masa OJT ini terdapat penilaian khusus apakah akan diangkat menjadi CPNS atau tidak. Jadi, pastikan bekerja dengan baik dan mengikuti seluruh peraturan yang berlaku pada kantor.

Pada setiap kantor terdiri dari bidang/divisi, dalam Bea Cukai disebut sebagai seksi. Nah, saya ditempatkan di Kaur (semacam subseksi) Tata Usaha dan Kepegawaian.

OJT itu menggunakan baju hitam putih. Persis seperti pakaian pegawai magang di tempat umum. Disini saya belajar banyak, mengenai tata usaha dan kepegawaian.

Mulai dari hal-hal kecil, seperti pendistribusian surat, penomoran surat, penggandaan surat bahkan hal terkecil cara stempel yang benar pun diajarkan. Jadi saya merasa bersyukur ditempatkan dibagian tata usaha ini.

Saya juga sempat diperbantukan sebagai staf kepala kantor 😀

Dari pekerjaan-pekerjaan kecil itu saya mulai belajar tentang kepegawaian, mulai dari cuti, absensi, kontrak kinerja, pembuatan surat Tugas, surat perjalanan dinas, tata cara menjawab surat sampai pendosiran file-file pegawai.

Sedikit banyak saya juga mengetahui peraturan terkait tata usaha dan kepegawaian.

Saat SKEP CPNS saya terbit, maka secara resmi saya diangkat menjadi CPNS. Saat itu, saya sudah kebagian bakal baju untuk dibuat seragam. Adapun pengangkatan menjadi PNS tepat di 1 Oktober 2013.

Makanya, 1 Oktober 2017 lalu golongan saya naik, dari II.a menjadi II.b. Sebelumnya menggunakan pangkat garis satu putih, sekarang sudah garis dua putih.

Secara struktural dan memenuhi ketentuan, setiap 4 tahun sekali golongan akan naik.

Oh ya, soal golongan, tamatan D1 golongan II.a, tamatan D3 golongan II.c, penerimaan umum S1 golongan III.a.

Baca Selengkapnya : 5 Saran Finansial Untuk Anda yang Baru Bekerja

Mutasi

Pada Direktorat Bea dan Cukai, mutasi itu pasti bagi semua orang.

Di awal lulus STAN maupun lulus rekruitmen umum CPNS pasti ada surat pernyataan yang harus ditandatangi, yang isinya bersedia ditempatkan dimana saja, dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia, hihi…

Tetapi jangan khawatir, kemanapun pindah tugasnya, diakhir masa bhakti biasanya pegawai akan dikembalikan ke daerah homebase sesuai dengan data yang diisi oleh pegawai yang bersangkutan.

Tidak jarang juga ada yang cukup kesulitan saat mutasi, terlebih lagi yang sudah menikah dan memiliki anak. Kebayangkan bagaimana repotnya pindahan ? Jika masih single  tidak masalah, tinggal bawa badan dan perlengkapan saja.

Beda cerita yang sudah  berkeluarga dan memiliki anak. Banyak pertimbangan yang harus dibuat, apakah tempat tugas baru kondusif (cocok) untuk keluarga, apakah kita siap jauh dari suami/istri/anak, bagaimana repotnya urus pindah sekolah anak, dan lain sebagainya.

Yang Sering Orang Salah Persepsi Tentang Bea Cukai

Karena dulu saya bekerja di area pelabuhan banyak teman yang tanya “Eh, ada barang black market ga? Aku beli dong.”

Barang black market dari mana?!!! Barang black market itu kan barang penyeludupan yang intinya mengelabui petugas Bea Cukai untuk menghindari pajak dan bea masuk. Masak tanya barang BM ke petugas Bea Cukainya yang tidak tahu-menahu. Hehe

Para penyeludup biasanya memasukkan barang tersebut lewat pelabuhan tikus (tidak resmi). Coba cek garis pantai Indonesia? Berapa panjangnya? 99.093 km! Nomor 2 terpanjang di dunia!

Bagimana cara menjaga pantai sepanjang itu dari penyeludup barang sementara jumlah pegawai tidak imbang? Maka dari itu penyeludupan masih mungkin terjadi.

Bukan karena Bea Cukai tidak melaksanakan tugasnya, melainkan pegawai tidak cukup dan kewalahan sangking panjangnya pantai yang harus dijaga.

Teman-teman jika ingin mengetahui informasi Kepabeanan dan Cukai atau yang memiliki permasalahan terkait hal tersebut bisa langsung hubungi call center Bravo Bea Cukai 1500225.

Di Bea Cukai bisa jadi apa saja…

Diantara yang bisa saya sebutkan,

  • IT : programmer, networking, security
  • Auditor
  • Juru Sita
  • Penyidik
  • Penindakan
  • Patroli
  • Pemeriksa Barang
  • Pemeriksa Dokumen
  •  K-9 (dog handler)
  • Unit Narkotik
  • Ahli Lab
  • Call Center
  • Atase
  • Hingga kehumasan yang jago menggunakan kamera (fotografi dan videografi)

Dan lain sebagainya…

Suka Duka Menjadi Bekerja Di Bea Cukai

Dulu sempat mengalami duka, saat jumlah pegawai tidak sebanyak saat ini, karena tiap tahun sekarang selalu ada penerimaan pegawai baru.

Saya sempat menjadi tulang punggung di divisi saya 😂 . Kebayangkan bagaimana repotnya sendirian, hahaha… Saya mengerjakan semuanya sendirian.

Tapi sisi positifnya tetap ada. Saya jadi paham pekerjaan A-Z yang ada pada divisi tersebut. Dibalik duka ini ada hikmah yang sangat besar.

Selain itu saya tidak punya cerita duka. Semua saya jalani dengan semangat dan menikmati.

Tips yang ingin menjadi pegawai Bea Cukai

Jika Anda masih SMA, maka niatkan didalam hati untuk kuliah di PKN STAN. Anda dapat belajar lebih giat pasca lulus SMA. Belajar soal-soal Ujian Saringan Masuk PKN-STAN, dan bila dibutuhkan silahkan mendaftarkan diri di tempat bimbel (Bimbingan Belajar).

Informasi PKN STAN dapat diperoleh di pknstan.ac.id.

Namun, jika Anda sudah terlanjur kuliah ditempat lain, atau malah sudah wisuda. Senantiasa update informasi rekurtmen umum CPNS Kementerian Keuangan.

Biasanya beritanya masif dan pengumuman lengkap selalu tersedia di website rekrutmen.kemenkeu.go.id.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apa tiap tahun ada penerimaan CPNS?
Pantau saja di rekrutmen.kemenkeu.go.id

Kuliah selain STAN, jurusan apa saja yang diterima di Bea Cukai?
Tiap tahun berbeda, jadi baca saja di rekrutmen.kemenkeu.go.id

Dapatkah saya memilih penempatan di kantor sesuai pilihan saya?
Tidak

Dapatkah saya memilih divisi mana yang saya inginkan?
Tidak

***
Nah, sekian sharing saya tentang pekerjaan Bea Cukai yang saya jalani. Jika ada pertanyaan lebih dalam, silahkan tinggalkan dikolom komentar.

Image Source :
1. http://www.bcpriok.beacukai.go.id (header image)

Related Posts

Leave a Comment

1 comment

Ingin Menjadi Pegawai Pajak Atau Bea Cukai? Perhatikan 4 Hal Ini! - BlogSabda.com June 15, 2020 - 8:49 pm

[…] Baca juga : Pengalaman Saya Kerja 4 Tahun di Bea Cukai […]

Reply