Mudahnya Beli Kripto di Indonesia, Sudah Diawasi Bappebti

by Sabda Awal
beli kripto di indonesia

Apakah kamu masih mencari cara beli kripto di Indonesia? Bagaimana cara, apakah legal, apakah aman dan pertanyaan lanjutannya.

Iya, beli kripto di Indonesia mudah kok. Tinggal lakukan saja pembelian di perusahaan Pedagang Aset Fisik Kripto,- begitulah nama yang disematkan oleh Bappebti.

Hanya saja, cryptocurrency bukan merupakan alat tukar yang sah di Indonesia. Namun, kamu boleh melakukan jual-beli kripto lewat aplikasi, bahkan dapat digunakan di e-commerce, transaksi hingga pembayaran jasa dan barang di luar negeri.

Beli Kripto di Indonesia? Legal kah?

Transaksi jual-beli kripto di Indonesia bukan tindakan kriminal. Terbukti dengan diterbitkannya izin beroperasi Pedagang Aset Fisik Kripto oleh Bappebti, seperti Pintu, Indodax, TokoCrypto, Nanovest dan masih banyak lagi.

Kamu bisa lihat daftarnya di situs Bappepti ini atau ringkasan profil tiap-tiap perusahaan di artikel 14 Aplikasi Kripto yang Terdaftar di Bappebti tahun 2022.

Bahkan pemerintah sendiri juga menerbitkan peraturan khusus 68/PMK.03/2022 untuk mengenakan PPN dan PPh terhadap transaksi perdagangan aset kripto. Jadi, bisa dipastikan jual-beli koin digital ini legal.

peraturan tentang ppn dan pph kripto
Peraturan pajak aset kripto

Namun, itu tadi.. kamu tidak dapat menggunakannya sebagai alat tukar (uang) yang sah di Indonesia. Beda halnya jika kamu menggunakannya di luar negeri yang mau menerima kripto sebagai alat pembayaran. Itu sah-sah saja.

Bagaimana Cara Beli Kripto di Indonesia?

Caranya sederhana, kamu tinggal mendaftarkan diri di aplikasi yang memfasilitasi transaksi kripto. Kamu bisa menggunakan aplikasi lokal yang sudah terdaftar di Bappebti ataupun aplikasi internasional yang sudah digunakan banyak orang.

Aplikasi kripto di Bappebti seperti Indodax, Pintu, Tokocrypto. Sementara, aplikasi internasional seperti Bybit dan Binance.

Sebelum saya menuliskan step by step beli crypto lewat aplikasi, kamu sebaiknya membaca dahulu cara mendapatkan keuntungan dari kripto.

5 Cara Cuan Dari Kripto

Jika kamu berpikir bahwa melakukan jual-beli kripto adalah satu-satunya cara mendulang profit, maka kamu salah. Beli di harga rendah, lalu jual di harga tinggi sehingga kamu akan memperoleh capital gain (keuntungan).

Ada 5 cara dapat cuan dari kripot, yaitu :

1. Jual-beli Kripto

Sekarang ini, kegiatan jual-beli kriptolah yang paling umum dikenal orang-orang terutama kalangan pemula. Iya, cryptocurrency adalah aset spekulatif yang harganya naik dan turun.

Fluktuasi harga ini dimanfaatkan orang untuk memperoleh keuntungan dengan cara beli di harga murah, lalu jual di harga tinggi.

Pada cara ini, seorang trader crypto haruslah mampu menguasai kondisi pasar dan analisis chart pattern untuk membaca arah pergerakan harga sebuah kripto.

2. Mining / Menambang Kripto

Berikutnya dengan cara menambang kripto. Sebenarnya, jika kita melihat lebih dalam, bukan secara harfiah menambang koin-koin ini di dalam sistem.

Melainkan, mining kripto adalah kegiatan untuk melakukan proses memvalidasi dan memverifikasi transaksi pada blockchain. Jika proses berhasil dilakukan, maka si penambang akan mendapatkan upah berupa kripto.

Tidak semua jenis cryptocurrency bisa ditambang, beberapa diantaranya yang umum dimining adalah Bitcoin, Dogecoin, Ethereum, Dash, RavenCoin dan lain-lain.

3. Yield Farming

Yield Farming adalah kegiatan di mana pengguna bisa menabung aset kripto dan meminjamkannya ke pengguna lain untuk mendapatkan imbal hasil dalam bentuk aset kripto.

Terkesan familiar, bukan? Iya sama seperti proses pinjam-meminjam menggunakan uang, dimana si pemberi pinjaman akan mendapatkan bunga dari uang yang dipinjamkan.

Cara kerja sistem ini dengan cara penambangan likuiditas atau liquidity mining, yaitu sebuah cara untuk mendapatkan rewards dengan menyimpan aset crypto.

Ada banyak platform Yield Farming yang populer, seperti :

  1. Uniswap
  2. Aave
  3. Maker
  4. Compound Finance
  5. Yearn Finance

4. Staking

Jika deposito adalah menyimpan uang sampai jangka waktu tertentu dan memperoleh imbal hasil dari bank, maka staking seperti itu juga. Hanya saja, di Staking kamu akan menyimpan dan mengunci aset kripto sehingga memperoleh keuntungan berupa kripto.

Bagimana staking memberikan profit? Aset kripto yang dikunci ini nantinya ikut berpartisipasi aktif dalam melakukan validasi transaksi dalam blockchain konsensus alogoritma Proof oF Stake (PoS).

Contoh platform yang menyediakan fitur staking adalah Zipmex dan Pintu.

5. Earn Compound Interest

Caranya kerjanya mirip dengan staking, hanya saja imbal hasil diberikan oleh platform aplikasi kripto yang digunakan.

Contoh Cara Beli Kripto di Pintu

Berikut ini adalah contoh beli kripto menggunakan aplikasi Pintu yang sudah diawasi oleh Bappebti. Secara umum, langkahnya hanya ada 3, yaitu :

  1. Melakukan registrasi di platform aplikasi
  2. Melakukan deposit
  3. Lakukan pembelian kripto

Saya menganggap, langkah pertama sudah kamu jalankan. Kita akan masuk ke langkah kedua dan ketiga yaitu proses deposit dan pembelian koin digitalnya.

Pertama, Pilih menu wallet dibawah lalu klik Rupiah (gambar kiri). Klik deposit (gambar tengah). Pilih metode deposit yang kamu inginkan (gambar kanan).

Saya lakukan deposit lewat virtual account Bank Mandiri dan tidak ada potongan biaya.

Lakukan Deposit

Kedua, Pilih menu market dan klik tombol pencarian (gambar kanan). Pada kolom pencarian cari kripto yang ingin dibeli. Saya memilih Terra Luna, lalu klik (gambar tengah). Terakhir, pilih buy (gambar kanan)

cara beli koin kripto luna di aplikasi pintu
Cari koin kripto Terra Luna

Ketiga, Masukkan nominal uang yang kamu ingin beli. Saya langsung memilih 100% karena pengen beli Rp 100.000 (gambar kiri). Pilih Buy Now (gambar tengah). Transaksi selesai (gambar kanan).

proses beli kripto terra luna
Transaksi pembelian berhasil

Keempat, Terra Luna berhasil dibeli. Saya dapat 3,960657 koin. Kamu bisa cek di menu Wallet (gambar kiri), lalu cari asset Luna di kolom pencarian (gambar kanan).

Terra Luna berhasil dibeli

Demikianlah ulasan beli kripto di Indonesia, semoga artikel ini dapat membantu.

Related Posts

Leave a Comment