Ada Masalah Finansial dan Butuh Dana Besar? Jangan Asal Jual Tanah dan Rumah!

by Sabda Awal

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah finansial yang cukup rumit, entah itu hanya beberapa ratus ribu rupiah bahkan jutaan hingga ratusan juta sampai miliaran.

Masalahnya, banyak orang yang mencari jalan cepat tanpa memperhitungkan dengan teliti tentang solusi masalah keuangan mereka.

Siapapun itu, dari seorang pegawai swasta, pegawai negeri, bahkan pengusaha yang berpendidikan tingga, mereka tidak semua sadar dan tidak selalu cerdas dalam menghitung masalah finansial mereka.

Jika mereka tidak pandai menabung, masalah dana dadakan ini bisa menjadi mimpi buruk.

Solusi umumnya adalah menjual properti terutama tanah dan rumah, apakah salah? Tidak tapi kebanyakan mereka rugi dan memperburuk neraca keuangan keluarga.

Ingat, rumah adalah barang penting yang kalau tidak hati-hati kita bisa rugi besar. Lihat saja beberapa info jual tanah cepat ini, Anda bisa saja mendapatkan keuntungan dari masalah finansial mereka.

Rumah dan tanah menjadi aset yang berharga bagi setiap orang. Setiap orang pastinya membutuhkan sebuah rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman untuk keluarga.

Namun, ada pula orang yang memiliki rumah sebagai ladang investasi untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Jika Anda membutuhkan dana dadakan, Anda bisa melakukan tips jual tanah cepat laku.

Anda tidak boleh terkesan terburu-buru dalam melakukan penjualan tanah dan rumah karena akan membuat Anda rugi besar.

Bukan merupakan hal yang mudah untuk menjual rumah dalam waktu yang cepat. Pemilik rumah perlu mempersiapkan waktu yang cukup banyak supaya hasil penjualan rumah yang didapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Proses jual beli rumah saja cukup lama, bisa mencapai seminggu bahkan dua minggu. Apa lagi jika rumah tersebut tidak kunjung laku.

Hal yang Harus Dilakukan Supaya Rumah Cepat Laku

Kebanyakan mereka yang ingin menjual rumah dengan cepat memiliki alasan yang sama. Alasan tersebut adalah karena membutuhkan dana dadakan alias butuh uang. Harapan yang diinginkan tentu aja rumah tersebut cepat laku.

Akhirnya, banyak orang yang dengan rela hati melepas rumah kesayangannya dengan harga yang murah, saking mereka butuh dana yang cepat.

Hal tersebut tidak boleh terjadi pada Anda. Meskipun menjual rumah dikatakan bukan perkara yang mudah, namun menjual rumah sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Terdapat dua hal penting yang harus Anda penuhi agar Anda bisa menjual rumah dalam waktu yang cepat.

Pertama, pastikan bahwa rumah Anda memiliki kualitas yang baik.

Kedua, pastikan pula rumah Anda terlihat luas.

Jika Anda sudah memastikan kedua hal tersebut ada pada rumah Anda, maka rumah Anda bisa terjual dalam waktu yang cepat. Setiap pembeli pasti akan senang untuk mendapatkan rumah yang luas dan berkualitas baik.

Selain itu, rumah merupakan salah satu investasi yang harus terus dirawat dengan baik. Jika Anda merawat rumah dengan baik, maka kualitasnya akan selalu terjaga. Jadi, harga rumah pun akan lebih mahal.

Pastikan kondisi rumah tertata dengan baik. Pastikan pula ruangannya memiliki penataan yang maksimal agar tidak terkesan penuh. Ketika calon pembeli melakukan survei, jangan biarkan ada barang yang menumpuk dimana-mana…

…hal tersebut akan membuat rumah terasa berantakan.

Kebutuhan setiap orang memang berubah-ubah. Jika Anda memang terdesak dan membutuhkan uang, maka Anda bisa mengambil pilihan untuk menjual investasi rumah yang Anda miliki.

Pastikan Anda telah memiliki tempat tinggal lain sebelum menjual rumah Anda tersebut.

Tips Menjual Rumah Dengan Cepat

Jaman sekarang, apa sih yang tidak bisa dilakukan dengan cepat? Anda bisa melakukan penjualan rumah dengan cepat dan bahkan bisa mendapatkan harga yang tinggi.

Hanya saja, pastikanlah bahwa Anda tidak terkesan terburu-buru menjual rumah karena terdesak kebutuhan uang meskipun kenyataannya demikian.

Menariknya lagi, menjual rumah di masa sekarang bisa dilakukan secara gratis. Anda tidak perlu menyewa agen properti bahkan pasang spanduk di depan rumah.

Hal ini tentu saja akan merepotkan. Biaya untuk menjual rumah melalui agen pun cukup besar. Begitu pula jika Anda ingin mengiklankan rumah Anda melalui media iklan, Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Jangan khawatir, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjual rumah dengan gratis dean cepat. Tidak perlu sewa agen, cara berikut dinilai sangat efektif untuk menjual rumah dengan cepat.

Jual secara konvensional atau dari mulut ke mulut

Menjual rumah secara konvensional atau dari mulut ke mulut memang terdengar klasik. Namun, cara ini merupakan cara terbaik untuk menjual rumah yang sudah dilakukan sejak dulu.

Meskipun terdengar kurang modern, cara ini sangat efektif untuk menjual rumah dalam waktu yang cepat.

Anda bisa menyampaikan niat Anda untuk menjual rumah kepada kerabat dan sahabat Anda. Nantinya, mereka pun akan menyampaikan kepada kerabat dan teman yang lebih luas lagi.

Tidak perlu pasang iklan atau pun spanduk, informasi tersebut otomatis akan meluas dengan sendirinya.

Media sosial

Media sosial memang memiliki manfaat yang sangat beragam. Tidak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi tanpa batas, media sosial bisa digunakan sebagai sarana untuk melakukan jual beli dengan jangkauan yang sangat luas.

Masyarakat modern pastinya sudah terbiasa untuk menggunakan media sosial setiap harinya.

Jutaan orang telah menggunakan media sosial. Maka, Anda bisa menawarkan penjualan rumah Anda melalui media sosial. Terdapat banyak media sosial yang bisa Anda pilih seperti instagram, twitter, facebook, ataupun Pinterest.

Anda bisa menggunakan seluruh media sosial yang Anda punya untuk menawarkan rumah yang ingin dijual.

Jangan lupa, Anda bisa menambahkan hashtg untuk membuat pencarian menjadi lebih cepat.

Contoh hashtag yang bisa Anda gunakan adalah #jualrumah #jualmurahcepat #rumahdijual #rumahdijualdiDKIJakarta dan hashtag lain sesuai dengan lokasi rumah yang akan dijual.

Atau bergabung di grup-gup jual-beli propert di facebook.

Cara ini terbukti sangat efektif untuk menjual rumah dalam waktu yang cepat.

Gunakan situs jual beli properti

Cara lain yang bisa digunakan untuk menjual rumah dengan cepat adalah melalui situs jual beli properti. Kini, sudah tersedia banyak sekali situs jual beli properti online.

Situs-situs tersebut akan mengiklankan jual beli properti seperti tanah, rumah, bahkan apartemen.

Anda bisa memanfaatkan situs tersebut dengan mendaftar dan mengiklankan rumah Anda dengan gratis. Untuk membuat rumah Anda menjadi lebih menarik, persiapkanlah terlebih dahulu gambar rumah dari berbagai sisi.

Anda juga bisa mengambil foto pada bagian dalam rumah untuk mempermudah orang mendapatkan informasi tentang rumah Anda.

Jangan lupa, berikan informasi penting mengenai harga, fasilitas, maupun lokasi dari rumah Anda. Dengan demikian, pembeli akan lebih mudah untuk menentukan pilihannya. Semakin lengkap informasi yang Anda tuliskan, pembeli akan menjadi semakin tertarik.

Penutup

Menjual rumah secara online menggunakan media internet nyatanya memang lebih irit, lebih mudah, dan lebih cepat jika dibandingkan dengan menjual rumah menggunakan media massa dan jasa agen.

Segala fasilitas yang ada di internet akan membantu Anda untuk menemukan pembeli yang butuh rumah dalam waktu yang cepat

Maksimalkan penjualan rumah Anda dengan menggunakan internet sekarang. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tampilkanlah informasi sedetail mungkin. Sertakan foto rumah yang memiliki kualitas baik.

Ingat, masalah finansial dan kebutuhan dana dadakan ini bisa berakibat fatal terhadap kondisi keuangan kelaurga, jadi berhati-hatilah dan tetaplah pintar dalam menghitung untung rugi dalam hal apapun terutama yang berhubungan dengan aset Anda.

Semoga berhasil.

Penulis: Rinawati Wahyuningrum

Image source : Canva.com, pexels.com

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment

31 comments

PIPIT April 1, 2019 - 7:08 am

ini penting banget sih, menjual aset berharga tuh g bisa main-main, asal cepet laku aja, g mikirin harga.

walaupun belum punya tanah dan rumah, tips ini harus disimpen dan diingat baik-baik buat entah kapan, hahaha

Reply
AuL Howler April 2, 2019 - 10:04 am

temenku pun skrg pekerjaannya jadi agen penjualan rumah dan properti
untung gede sih emang.
terlebih kalo udah terpercaya. aduh

Sekali jual untungnya bisa 10 juta

Reply
Bang Day April 3, 2019 - 4:18 am

Berlaku hukum bahwa harga ditentukan oleh kondisi :
Barang cari uang
Atau uang cari barang

Reply
Himawan Sant April 3, 2019 - 4:18 am

Menurutku memang betul untuk tidak terburu-buru menjual suatu aset rumah .. harus cari informasi lebih dulu berapa kisaran harga tanah yang tepat.
Lagipula jual rumah itu seperti pulung (orang Jawa menyebutnya begitu) .. kalai bukan 'milik' ya rumah itu ngga bakalan bisa kebeli oleh orang yang memang 'jodohnya'.

Reply
Ridsal April 3, 2019 - 4:18 am

Mau tips menjualnya dengan cara konvensional atau cara sekarang (media sosial), kedua-duanya perlu penyampaian yang baik agar pembeli mudah mengerti dan mau mengunjungi rumah tersebut. Nah biar penyampaiannya semakin baik ke pembeli, bisa sering-sering lihat situs jual beli properti yang memberitahu cara penyampaiannya, foto yang diperlukan pembeli hingga hal-hal terkait yang dibutuhkan pembeli. Jadinya jual rumah pun cepat deh..

Reply
Reyne Raea (Rey) April 3, 2019 - 3:02 pm

Makanya agak beda gaya penulisannya, ternyata bukan ditulis ama Sabda ya hehehe

Sebenarnya menjual properti itu susah-susah gampang ya.
Kadang juga dimanfaatin ama pihak2 nakal yang menjual propertinya.

Kayak di samping tempat tinggal kami, ada rumah yang dibiarkan kosong bertahun-tahun sampai ditumbuhin semak belukar, terus tiba2 suatu hari dia minta orang bersihin, di cat trus dijual dengan harga tinggi.

Padahal, atapnya aja udah rapuh tuh, serem aja kalau ada yang beli dan ga ngerti periksa kualitasnya, keliatan bagus karena di cat, ternyata kayunya udah rusak semua.

Mungkin karena itu, sampai sekarang gak laku2 😀

Reply
Dyah April 3, 2019 - 3:54 pm

Jual beli rumah itu seperti jodoh. Kalau dirasa nggak cocok, ya nggak usah dipaksakan. Tapi memang jual rumah itu harus hati-hati, karena kalau harga terlalu murah, sayang uang kita yang sudah dipakai buat beli.

Reply
Bocah Udik April 4, 2019 - 2:30 am

Kemarin hampir saja kejadian sama aku. Mau jual rumah dan sudah ada yang beli. Bahkan sudah diberi DP. Itu terjadi dua minggu lalu.

Mau jual 200 juta. Akhirnya aku mikir, kog murah kali ya? Kemudian aku dimarahi oleh bapak dan langsung sadar untuk mengembalikan DP nya. Beruntung si calon pembeli mau.

Bapak juga memberi informasi kalau jual rumah bisa dari situs jual beli. Aku baru tau kalau ada yang beginian. Tapi keburu sudah tidak mau jual rumah. Sayang rasanya kalau aset dijual.

Reply
Tira Soekardi April 5, 2019 - 4:59 am

menjual tanah juga susah2 gampang sih pengalaman aku, jd kalau untuk keperluan mendadak sulit juga

Reply
BroHabir April 5, 2019 - 4:59 am

Bener tuh Brosabda.. Tetapi masih banyak warga-warga di area yang belum terjangkau dengan teknologi dan ilmu yang memadai untuk mengetahui ttg ini… Saya rasa Sosialisasi dari kampung ke kampung perlu dilakukan.

Reply
Vicky Cahyagi April 5, 2019 - 4:59 am

Bagus artikelnya, bisa saja pasang iklan di koran tentu saja nambah biaya lg. Dan yg paling efektif memang lewat medsos. Rumah yg akn dijual hrs selalu dipantau (takut dipakai tempat nongkrong) & dibersihkan sktr sebulan sekali agar terlihat terawat. Dan tidak kalah penting juga harus sering didoakan (misal pengajian) utk mengusir aura negatif yg bikin rumah susah dijual hehe.. Ok, thx infonya bermanfaat

Reply
kotanopan.com April 7, 2019 - 2:25 am

saya lihat artikel ini judulnya
"Ada Masalah Finansial dan Butuh Dana Besar? Awas Jangan Asal Jual Tanah dan Rumah!"

tapi kenapa Linknya 2019/04/cara-jual-tanah-propert-agar-untung.html

sepertinya bertolak belakang ya gan?

Reply
Septian Dwi Cahyo April 8, 2019 - 10:58 am

Bermanfaat nih, banyak orang yang tidak paham tentang jual aset tetap seperti rumah dan tahan. Karena kebutuhan, mereka dengan tergesa menjualnya dengan harga murah.

Emang perlu hati-hati sih hal yang menyangkut kayak gini, karena rawan dengan penipuan.

Tapi iya sekarang kalaupun ingin menjualnya sudah lebih gampang salah satunya melalui media sosial,situs jual beli maupun pelantara orang, tapi kita harus hati-hati juga. Dan juga penjual harus rajin mengurus rumah dan tanahnya biar harganya semakin tinggi bila di jual.

Reply
kecul April 9, 2019 - 7:16 am

Makasih inponya kalau bisa jangan lah jual rumah..

Reply
Joe Candra April 9, 2019 - 7:16 am

Iyasih hal pertama emang harus memiliki kualitas baik supaya harganya juga baik yess

Reply
aldhi Fajar April 9, 2019 - 7:16 am

enaknya jadi makelar klo jual properti,, cuma gda pengalaman klo aku jd susah deh hehe

Reply
Ahmad Zaelani April 9, 2019 - 3:27 pm

Rumah dan tanah itu aset penting untuk membangun keluarga sakinah mawadah warhmah, eh… 😀
Kalau gak terlalu penting2 amat dan gak ada planing buat investasi pengganti aset yang sudah dijual itu sebaiknya kalau mau dijual yah pikir lagi, oh yah wal,saya juga mau jual tanah di kampung hahah, barang kali minat,, hahah

Reply
t h y a April 10, 2019 - 9:30 am

kalau aku sih sayang banget rasanya kalo harus jual rumah/tanah untuk keperluan. secara harga rumah dan tanah bakalan naik terus dan melambung tinggi ya. sedih kalo harus dijual..

Reply
Miko April 10, 2019 - 9:30 am

Lagi-lagi dan lagi saya mendapat pencerahan melalui tulisan Mas Sabda ini. Kebetulan banget nih ada yang mau saya tanyakan adalah bagaimana kita bisa mengetahui standar harga jual suatu properti agar nantinya kita bisa menyimpulkan apakah kita rugi atau untung.
Sebab banyak variabel bukan yang mempengaruhi harga jual properti ? jujur saya belum begitu mengerti tentang ini. Berharap Mas Sabda bisa menjelaskan hehe

Reply
fanny_dcatqueen April 16, 2019 - 6:11 am

untuk masalah yg sngt emergency, jujurnya aku menyediakan budget khusus yg memang hanya dipakai kalo ada kebutuhan sangat mendesak. jd sebisa mungkin ga sampe hrs jual rumah. lagian jaga2 kalo sampe rumahnya baru kejual lama. mau sebagus apapun, kalo memang blm laku, ga bisa dipaksakan juga. sementara dananya butuh cepet dan mendesak.

itu makanya, jual rumah sbnrnya solusiku yg paling terakhir dilakuin. syukur2 bisa cepet terjual dgn hrg bgs yaa 🙂

Reply
Mur April 16, 2019 - 6:11 am

Sampai sekarang, saya masih agak 'maju-mundur' untuk jual rumah peninggalan orang tua saya.

Ibu udah menyarankan untuk jual sih, tapi saya lihat potensi harganya akan melonjak beberapa tahun ke depan.

Membaca artikel ini, jadi saya makin mantap untuk menunda sementara dulu 😀

Reply
Anisa April 16, 2019 - 6:11 am

Wah bener banget nih ya. Untuk menjual tanah juga harus memikirkannya dengan serius, jangan hanya cepat laku

Reply
vanisa April 19, 2019 - 6:54 pm

mudah2an di jauhkan dari hal2 tak diinginkan..

Reply
Riza Alhusna April 20, 2019 - 1:41 am

Jual rumah mah gak bisa secepat jual baju. Orang itu aset. Mahal kan harganya. Kalo bisa sih kalo kepepet jangan jual aset macem tanah atau rumah. Kecuali emang niat mau jula dan pindah. Lain cerita itu. Belilah emas, reksadana, atau saham. Itu bisa dijual lebih mudah dan bisa dijual ‘eceran’ sesuai dengan kebutuhan,

Reply
Rohyati Sofjan April 22, 2019 - 8:16 pm

Duh, tampilannya beda, cuma kolom komennya juga beda. Pakai URL, he he. Pengaruh ganti template bikin kolom komen bawaan jadi diganti?
Saya punya ibu yang hobi banget jual rumah dan tanah demi ambisi pribadinya yang tak terpuaskan, berujung kebangkrutan karena memang tak bisa berniaga. Demi niaga rela menular aset tanah dan rumah dengan yang lebih buruk. Kasihan bapak karena harus ngalah.
Nah, pemikiran soal rumah dan tanah tempat tinggal rumah membuat saya sadar banget apa arti tanah dan rumah. Soalnya seumur hidup merasakan ibu sendiri sudah jual 6 kali jual tanah dan rumahnya. Dari yang bagus ke yang paling buruk dan parah.
Bahkan tanah bagian saya pun turut dijualnya kartena terlalu tamak.
Setiap orang punya alasan untuk jual aset tanah dan rumah, sebaiknya berhati-hati dan dengan pertimbangan matang bukan karena masalah kejiwaan yang berakibat fatal. Memberatkan anggota keluarganya.
Semoga suatu saat kelak allah mengganti dengan yang lebih baik bagi saya dan keluarga kecil. Hidup kerap membawa kita pada titik terendah bukan karena kesalahan diri sendiri melainkan pihak lain yang terlalu egois dan kehilangan hati nurani.

Reply
Sabda Awal April 22, 2019 - 8:23 pm

saya udah ga pakai blogger lagi mbak, sudah pindah ke hosting, jadi komentar pun berantakan, nanti kedepannya saya coba setting ulang. Baru pindahan, jadi berantakan.

Semoga diganti ke sesuatu yang lebih baik mbak, amin

Reply
Enny Ratnawati April 30, 2019 - 11:31 pm

baru buka lagi blog ini,keren tampilan barunya
makasih sudah mencerahkan tulisannya.saya soalnya kepikiran jual rumah hahaha..tp takut gak kebei lagi hahaha.kecuali rmh dah 2 bisa dijual 1 deh

Reply
Sabda Awal May 1, 2019 - 10:34 am

Makasih mbak, semoga bermanfaat

Reply
lasercutting_murah May 11, 2019 - 3:39 pm

Terima kasih share-nya.. God bless u.

Reply
asmurcom May 15, 2019 - 8:57 pm

Wah bener banget ini. Kadang orang BU jual properti dengan harga anjlok. Salah juga sih menjadikan properti sebagai dana darurat 🙁

Reply
Agus Pranata December 10, 2019 - 2:14 pm

Kenapa susah kali ya gan dapat penghasilan lewat blog dibanding lewat youtube

Reply