3 Cara Saya Menghasilkan Uang Dari Blog

by Sabda Awal

Jujur, menghasilkan uang dari blog bagi saya cuma ‘rezeki tambahan’ saja. Rezeki utama blogging itu ada pada mendapatkan teman blogger, blogwalking tambah wawasan, dan berbagi pengetahuan kepada orang lain melalui tulisan.

Hingga saya sendiri dijadikan sebagai “konsultan” keuangan dadakan oleh para pembaca dan teman-teman saya juga sebuah rezeki.

Meskipun mendapatkan uang bukan tujuan utama, saya tetap bersyukur bisa gajian dari blog. Paling tidak cukup untuk membayar biaya blogging, seperti hosting, domain dan whois yang nilainya sekitar Rp 1.500.000/tahun.

Awalnya saya sudah menduga akan mendapatkan uang melalui Google Adsense dan content placement/job review. Yang tidak saya duga adalah penghasilan dari afiliasi, malah jumlahnya lebih besar dari 2 sumber tadi.

Sumber penghasilan saya dari blog, yaitu :

  1. Google adsense
  2. Content placement
  3. Afiliasi

Saya juga akan menampilkan jumlah uang yang saya dapatkan. Hitung-hitung bisa dijadikan gambaran untuk teman blogger lain atau memberi masukan ke saya agar hasilnya lebih maksimal XD.

Tentu saja, diluar sana banyak blogger yang penghasilannya lebih besar dari saya.

Cara lainnya menghasilkan uang dari blog :

  1. Membuka Jasa
  2. Menjual Produk
  3. Webinar
  4. Membership Program

1. Penghasilan Dari Google Adsense

Saya mendaftar di google adsense pada Januari 2018. Dengan jumlah artikel masih 8 (1500-an kata/artikel) dan umur blog 4 bulan. Sekali daftar langsung diterima di Google adsense.

Sebenarnya ulasan ini sudah saya bahas khusus di gajian pertama dari google adsense.

Well, sebelumnya saya menggunakan blogger/blogspot dengan trafik harian 1000 unik visitor/hari, hasil dari google adsense saya dapat perhari ga lebih dari 10.000-an. Rata-rata sih Rp 5.000-an, wahaha. Salah satu penyebabnya, saya hanya menampilkan 2 iklan dalam 1 artikel.

Setelah saya migrasi ke self-hosted (wordpress) April lalu, trafik saya berkurang. Sekarang sekitar 700-800-an / hari. Tapi, hasil pendapatan iklan di GA jadi lebih besar.

Selain jumlah klik yang makin banyak karena iklan saya letakkan secara agresif setiap 18 paragraf sekali. Mungkin sekitar 3-5 iklan yang muncul dalam 1 artikel. Ditambah nilai CPC dan CPM juga naik.

Perhari saya dapat minimal Rp 5.000/hari. Berikut ini list pendapatan selama Januari – Mei 2019.

BulanPenghasilan
TotalRp 947.272
JanRp 163.455
FebRp 162.211
MarRp 188.377
AprRp 144.969
MeiRp 288.260

Saya optimis, pendapatan dari Google Adsense akan terpenuhi sesuai resolusi awal tahun saya, yaitu mendapatkan Rp 1.500.000 selama 2019. Tentunya, peluang naiknya pendapatan terbuka lebar, seiring bertambahkan artikel yang dipublish dan optimasi yang saya lakukan.

2. Penghasilan Dari Content Placement

Saya baru menerima content placement pada tahun ini. Dapat orderan pada bulan April dan Mei 2019. Awalnya saya diminta untuk mereview, namun saya sedang malas, meskipun orderan job review lebih mahal dari pada content placement XD.

Jadi, content placement itu kita diberi artikel, lalu tinggal publish saja. Lalu, dapat bayaran.

Tentu saja saya tidak menerbitkan artikel tersebut mentah-mentah. Saya hanya menerima orderan yang berhubungan dengan tema finansial dengan maksimal 3 link didalamnya.

Selain itu, sebelum menerbitkannya saya lakukan editing sedikit agar tidak terlalu kaku.

Jika ditanya soal harga, masing-masing blogger mematokΒ rate cardΒ yang berbeda-beda. Saya sendiri saat ini, content placement seharga Rp 150.000. Jika kedepannya blog ini berkembang, tentu harganya akan saya naikkan.

Berikut ini daftar content placement yang pernah saya terima :

  1. Ada Masalah Finansial dan Butuh Dana Besar? Jangan Asal Jual Tanah
  2. Manfaat Website Untuk Bisnis di Era Digital
  3. Ingin Profit Maksimal Dalam Trading Cryptocurrency? Ini Strateginya

Total dari content placement Rp 450.000

Sayangnya, teman blogger yang sering mampir ke blog saya mengenali kalau kedua artikel tersebut bukan tulisan saya. Dari sudut pandang, pembawaan dan lain-lain berbeda dengan ciri khas saya.

Sebenarnya agak dilema juga memuat content placement, karena merusak ciri khas saya sendiri.

Alasan lainnya mengapa content placement yang saya terima,- karena instan. Publish, langsung dapat bayaran.

Berbeda dengan menulis review, saya harus mulai dari awal. Cari bahan, gambar, refrensi dan lain-lain. Terlebih lagi saya tidak bisa menulis dalam sekali duduk. Paling cepat 3 hari baru kelar. Makanya, saya rada malas kalau terima job review.

Kedepannya saya akan pertimbangkan kembali soal job review ini.

3. Menghasilkan Uang Lewat Afiliasi

Ada banyak produk keuangan yang saya bahas, diantaranya yang mengandung komisi referal adalah investasi emas dan p2p lending. Investasi emas memberikan Rp 32 saja hahaha. Tapi untuk P2P Lending ini beberapa ratus ribu setiap bulannya. Alhamdulillah.

Untuk P2P Lending saya menggunakan program Amartha. Memang saya sampaikan pada artikel saya tersebut, “jika mendaftar melalui link referal saya, maka kita akan sama-sama mendapatkan komisi Rp 100.000.” Seperti yang tertera pada website resmi Amartha.

amartha bonus

Nah, jika anda pun berminat berinvestasi di Amartha, silahkan mendaftar melalui link referral ini.

Saya pun tidak serta-merta memperoleh Rp 100.000 tersebut. Melainkan setelah referal melakukan investasi pertama. Sedangkan, referal yang melakukan pendaftaran melalui link saya akan langsung mendapatkan bonus Rp 100.000.

Contohnya seperti bulan Maret berikut ini. Anda dapat melihat pada bagian Referral.

Adapun hasil selama 5 bulan terakhir ini sebagai berikut.

Bulan (2019)Hasil
TotalRp 1.300.000
JanRp 100.000
FebRp 200.000
MarRp 400.000
AprRp 200.000
MeiRp 400.000

Sebenarnya ada banyak potensi besar mendapatkan penghasilan dari afiliasi. Asal kita pandai meramu tulisan dengan baik serta kejujuran apa adanya pada artikel tersebut. Terlebih lagi jika anda memiliki blog niche khusus. Maka, peluang mendapatkan uang dari program ini semakin besar.

Selain itu, saya pernah ditawari kerjasama program afiliasi produk personal finance web app dengan business berupa software as a service. Setelah saya membaca term dan conditionnya, cukup menjanjikan. Hanya saja saya belum menemukan potensi pasarnya.

Membuat artikel tentang aplikasi keuangan agar muncul di urutan 1 google itu berat. Saya sudah research duluan melalui tools Ubersuggest milik NeilPatel.

Ditambah lagi, persona blog saya bukanlah tipikal orang yang mau menggunakan aplikasi keuangan berbayar. Hahaha.

Oh iya satu hal lagi. Pendapatan melalui afiliasi ini akan lebih optimal jika blog memiliki banyak subscriber. Saya sendiri belum punya subscriber XD.

Total Pendapatan Blog Januari – Mei 2019

Jika saya jumlahkan seluruh pendapatan blog selama Januari s.d Mei 2019 seperti ini :

SumberPenghasilan
TotalRp 2.697.272
Goolge AdsenseRp 947.272
Content PlacementRp 450.000
AfiliasiRp 1.300.000

Saya sadar, hasilnya memang tidak seberapa dibandingkan dengan blogger lainnya yang sudah memiliki viewer ribuan/puluhan ribuan dengan hasil penghasilan yang besar pula.

Dalam hal saya menunjukkan hasil pendapatan blog ini bukan pula bermaksud pamer. Yah, kalau mau pamer pun ini jumlahnya tidak seberapa. Malah, tidak pantas untuk dipamerkan.

Saya ingin berbagi kepada blogger lainnya yang “posisi”nya dibawah saya agar terus semangat ngeblog.

Untuk pembaca yang bukan blogger, bisa mencoba kegiatan blogging ini sebagai salah satu sarana mendapatkan sampingan.

Ngeblog Tujuannya Uang, Salahkah?

Blog finansial yang selalu saya jadikan refrensi managemen keuangan pribadi Retireby40.org mengatagorikan blog income sebagai passive income. Bahkan, Joe Udo si empu blog senantiasa mengupdate informasi finansial secara berkala di blog pribadinya tersebut.

Anda dapat melihat pada halaman Blog Income yang dibuat khusus untuk artikel penghasilan blog yang diperolehnya. Contohnya seperti ini yang saya kutip dari blog Retireby40 berikut ini.

mendapatkan passive income dari blog

source : retireby40.org

Ngeblog tujuan dapat uang bukanlah sebuah dosa. Namun, harus memahami prosesnya karena untuk mendapatkan uang di blog tidak mudah. Anda butuh blog powerful, artikel berkualitas, dan viewer yang banyak.

Bahkan, selain anda mengorbankan waktu, anda akan mengeluarkann uang juga untuk ngeblog, seperti hosting, domain, plugin, theme dan lain-lain.

Saran saya sendiri : janganlah menjadikan uang sebagai tujuan utama ngeblog karena prosesnya tidak instan. Sangking lamanya untuk mencapai posisi puncak kesuksesan, anda mungkin akan bosan dan putus asa diawal.

Tapi, jadikan blogging sebagai kegiatan yang menyenangkan dan hobi. Maka, uang akan datang dengan sendirinya.

Hello Finance, Make It Fun!

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment

85 comments

Heniajaa June 10, 2019 - 8:02 am

Saya suka dengan kalimat terakhirnya.. Jadikan ngeblog itu sebagai kegiatan yg menyenangkan dan hobi.. Dan uang akan datang dng sendirinya… Selain mmg ttp hrs konsisten…

Reply
Syafiq Salman June 10, 2019 - 8:05 am

Tidak ada yang salah kok mas kalau ngeblog tujuannya uang, ASAL diimbangi dengan konten yang berkualitas kayak konten blog ini. Saya sendiri seneng baca artikel2 di sini dan kalaupun ada review juga isinya bagus karena memang dicoba sendiri gak cuma ‘ngecap’ doang.

Kalau melihat blog mas Sabda kyknya potensi pemasukannya bisa lumayan besar, terutama dari Adsense. Belum lagi nichenya finance/bisnis yang katanya sih ‘gurih’ banget.

Untuk pemasukan Adsense bisa coba diutak-atik sendiri mas, baik penempatan maupun jumlah dan jenis iklannya. Untuk artikel sepanjang 1000+ kata sih kyknya kalau dua kurang mas. Mungkin bisa ditambah lagi jumlahnya, yang penting kalau pengunjung scroll ke bawah gak ketemu dua iklan sekaligus. Ad Balancenya juga bisa diatur mas buat memfilter iklan-iklan yang bayarannya rendah.

Buat content placement saya setuju sama mas Sabda, terutama masalah gaya penulisan yang kadang jauh berbeda. Kalau saya biasanya sampai harus diedit dulu artikelnya soalnya kadang bahasanya mirip robot.

Anyway, sukses terus mas sama blognya. Mudah-mudahan cepat tercapai yah targetnya πŸ™‚

Reply
Sabda Awal June 10, 2019 - 2:49 pm

makasih mas udah suka sama tulisan saya. Saya tau sekarang yang tema finansial CTR nya cukup tinggi, ini terbukti kok .

kalau ads balance saya akan coba, soalnya saya pakai amp ads, bisa atau ga saya tidak tau.

makanya saya ga pernah langsung publish content placement, harus saya edit dulu biar ga terlalu kaku.

Amiin, semoga sukses untuk kita berdua

Reply
Aris Armunanto June 10, 2019 - 9:11 am

Sangat menarik artikel ini mas,..saya ngeblog utk melatih menulis dan menambah teman kalau dpt uang itu adalah bonus jadi saya tidak terbeban

Reply
Nugraha Fauzi June 10, 2019 - 9:31 am

Nah itu, malesnya content placement, walaupun ya kadang ada adv yang ngasih kelonggaran buat edit konten gaya kita sendiri, tp jarang. Dan kalaupun ada, fee nya dikit banget.

Review emg lebih joss, saya juga lebih prefer pake paid review ketimbang content placement, tp ya itu butuh perjuangan extra buat bikin review yg “jujur” …

For me, blogger dgn making money oriented ga salah sih. Iya ada sih nya, karena itu balik ke masing2 personal.

Yg disayangkan justru akibat dari making money oriented nya yang kadang “menghalalkan segala cara” supaya dapet trafik, salah satu which I hate the most is konten hoax!

Itu tuh kek “menampar”, menciderai blogger lain. Ibarat nila setitik rusak susu sebelanga.

Dan satu lagi … Karena making money oriented, kebanyakan blogger justru jadi banting2an harga buat job2 kayak paid review dan sejenisnya. Akibatnya apa, harga pasar turun cuy, sedihkan huhu

Kesannya jadi murahan blogger itu, dibayar berapapun mau, hmmmm

Reply
Sabda Awal June 10, 2019 - 2:46 pm

kalo udah money oriented udah payah, tapi keliahatan kok bedanya yang ga sama yang iya. kalau saya ga akan mau menurunkan rate card. malah kalau trafiknya naik, harganya pun ikutan naik.

Reply
Daruma June 10, 2019 - 9:43 am

terorganisir sekali. lumayan juga ya..
kalau saya sekedar hobi doang nulis belum coba daftar adsense dari google. mudah-mudahan setiap bulannya penghasilannya meningkat ya.

Reply
Sabda Awal June 10, 2019 - 2:45 pm

amiin semoga terus meningkat mas, kalau berdasarkan tren naik terus

Reply
iKurniawan June 10, 2019 - 10:20 am

Saya setuju dengan “jadikan blogging sebagai kegiatan yang menyenangkan dan hobi. Maka, uang akan datang dengan sendirinya.”

karena kalau tujuannya murni uang, mending arahkan jadi publisher / IM aja.
πŸ˜€

Reply
Sabda Awal June 10, 2019 - 2:44 pm

benar mas, setuju deh

Reply
Ridsal June 10, 2019 - 10:21 am

Bikin motivasi jadi bertambah nih. Apalagi sudah ketemu hobi, ngeblog pun semakin menyenangkan..

Reply
Danang June 10, 2019 - 11:13 am

Tulisannya sangat menginspirasi,,, saat ini masih nulis seadanya saja,, blum kepikiran buat yg lain,,

Reply
Fakhrezy June 10, 2019 - 1:01 pm

kalo aku skg manfaatin content placement dlu deh krn GA lagi di banned hmm

Reply
Sabda Awal June 10, 2019 - 2:49 pm

wah kok bisa kena banned? kan sayang banget

Reply
Lala June 10, 2019 - 1:05 pm

yang terakhir setuju banget. Kalau dari awal bikin sudah mengharapkan uang, ujung-ujungnya jadi menyerah di awal awal karena uangnya belum muncul juga πŸ˜€

Reply
Bang Day June 11, 2019 - 7:36 am

Luar biasa mas Sabda. Blognya informatif penghasilannya motivatif.
Barakallah mas

Reply
kuanyu June 11, 2019 - 9:32 am

Saya sepertinya harus banyak belajar nih dari agan sabda awal biar bisa sukses juga dari ngeblog,..he-he,..mrngubah hobi jadi pundi-pundi kekayaan

Reply
jalan dan makan June 11, 2019 - 9:54 am

salut bang blog bagus ini wajarlah bisa menghasilkan bahkan pasti lebih besar dari itu , aku saja yang blog gratisan bisa menghasikan bisa ke luar negeri karena blog juga Alhamdulillah

Reply
Sabda Awal June 11, 2019 - 3:25 pm

wah luar biasa udah bisa pergi keluar negeri karena blog

Reply
Surya Rianto June 11, 2019 - 8:28 pm

Keren gan… Adsense ane masih puluhan ribu wkwk…. Doakan semoga ane bisa ngikut jejak agan yakkk….

Kalau afiliasi itu potensi kliknya seberapa besar ya? Dalam logika ane soalnya peluangnya kecil, tapi kalau liat pendapatan agan dari afiliasi lumayan uga…

Reply
Sabda Awal June 12, 2019 - 9:29 pm

1 afiliasi saya dibonusin 100k mas, karena produk yang saya tawarkan banyak peminat jadi hasilnya cukup lumayan

Reply
surya June 22, 2019 - 5:39 pm

hehe ane tertarik pisan yang content placement tuh, cuma kinerja domainnya masih cups… hehe

Reply
Yeni Sovia June 16, 2019 - 3:23 pm

Mas Sabda apakah traffic blognya sudah mulai membaik belum sejak migrasi? Aku kepikiran migrasi juga. Cuma males belajar teknologinya lagi. Soalnya aku lbh suka belajar nulis dripda bagian teknologinya gitu. Oh ya apa Mas Sabda dpt emaik dri google adsense soal pemindahan platform mereka? Aku kurang paham. Jdi msh didiemin smp sekarang

Reply
Sabda Awal June 16, 2019 - 7:02 pm

sudah membaik mbak, butuh waktu paling ga 2 mingguan.

kalao mengenai google adsense, jawabnya ga. kan yang didaftarin ke GA domainnya. kalau migrasi, domain kan ga ganti

Reply
Ahmad Ganteng June 11, 2019 - 8:58 pm

Memberi edukasi tentang telah munculnya industri 4.0 to everyone sebenarnya penting banget bagi psikologis para pelaku bisnis yg ada di dunia digital termasuk mereka para blogger, pengusaha online, dll. karena tidak sedikit yang despret gara2 orang (keluarga, camer, pacar) gagal paham dalam memahami profesi mereka, banyak dari mereka yg dianggap atau dicap pengagguran, termasuk gw yg komen ini :D, padahal tiap detik ada jutaan org di internet

Tapi memang percuma aja sih kita menjelaskan mimpi2 kita sama orang lain, sama kaya nanem pohon bambu di cina, tiap hari orang lain tertawkan kita karena menyiram bambu, setelah bambunya tumbuh tinggi orang baru berkata “Oh ternyata kamu bisa juga yah”, dan memilih hidup didunia digital memang akan sedikit lebih banyak drama, tapi saya yakin setelah generasi micin, orang2 akan semakin melek tentang internet ataupun industri 4.0

Reply
Dika Puji Hartati June 11, 2019 - 11:06 pm

Hmm.. bagi saya dunia blogging bisa mengahasilkan uang itu masih belum kebayang. Masih bener2 pemula banget. Belum paham. Baru coba baca-baca sedikit, dan ternyata banyak sekali yang tidak saya tahu tentang dunia blogger ini. Ingin request cara daftar di Google adsense kalau boleh, πŸ˜€

Reply
Sabda Awal June 12, 2019 - 9:28 pm

caranya mudah, daftar langsung aja di google adsense, daftarin alamat blognya dan tunggu πŸ™‚

Reply
Ran June 12, 2019 - 10:38 am

Wow… aku terkesima *_*
Kalo aku nulis sbagai pembebas stress aja.
Tapi menggiurkan juga nih.. hahehe

Reply
Ajeng June 12, 2019 - 9:25 pm

Selalu menikmati saat membaca artikelmu mas. Sambil belajar dan terinspirasi. Kata-katanya pun mudah dimengerti. Keren banget visitor per harinya sudah sampai segitu…

Reply
ainun June 12, 2019 - 10:13 pm

pernah nyoba daftar GA, tapi ditolak, mungkin blom rejeki waktu itu
setuju dengan “jadikan blog sebagai hobi, maka uang akan datang dengan sendirinya”. Alhamduliah pernah terima orderan nulis juga, nggak nyangka aja aku dlu

Reply
Harmansyah June 13, 2019 - 8:27 am

Wah saya harus banyak belajar ke mas Sabda, tentang bagaimana memaksimalkan pendapatan di blog terima kasih sob happy blogging

Reply
Priant Taruh June 13, 2019 - 9:46 am

Makasih mas informasinya, jadi semakin semangat buat nyobain nomor 2 & 3.

Reply
Sopyan nc June 13, 2019 - 1:42 pm

Ua ngeblog itu hobi sob sebagai kegiatan di dunia maya
Tapi tidak salah sekalian mendapatkan uang
Karena saya pribadi juga menginginkan hal yang sama
Ya selain adsense dulu juga sempet membuat artikel untuk mendongkrak web bisnis orang lain lumayan jg
Cm skrng lebih fokus ke menulis artikel saja karena waktu yang sedikit

Reply
Fajarwalker.com June 13, 2019 - 7:15 pm

Aku sudah 1 tahun ngeblog, masih belom ada juga nih tanda2 bakal dapet uang. Bahkan niatannya pun ga ada πŸ™
Tapi bener kata om, namanya ngeblog itu urusan receh, yang penting kita jadi bisa berbagi ilmu dan cerita.

Reply
Sabda Awal June 14, 2019 - 4:32 pm

benar sekali, tujuannya sebaiknya diperbaiki, jangan ngebet pengen dapat uang

Reply
Djangkaru Bumi June 13, 2019 - 7:29 pm

Afiliasi, sebenarnya saya ingin mencobanya. Tapi ya itu, loading blog sudah terlalu berat. sehingga iklan gambar belum bisa terwujud. Ada seh yang mengajak kerjasama, masih dalam tahap pertimbangan. untuk sementar ya artikel placement.

Reply
Sabda Awal June 14, 2019 - 4:31 pm

berarti tinggal loading aja di percepat mas, setelah itu bisa coba ke afiliasi

Reply
Nurul Sufitri June 13, 2019 - 9:53 pm

Keren banget, mas bisa dapetin pemasukan dari berbagai sumber hehehe. Kalau aku sih ga ngoyo tapi mau juga lah kalau kayak mas Sabda ini. Yang penting bahagia menyalurkan hobi menulis, berbagi dengan pembaca. Rezeki akan menghampiri in sya allah.

Reply
Sabda Awal June 14, 2019 - 4:31 pm

InsyaAllah, semoga bisa juga ikutan dapat uang dari blog

Reply
ekopriantoblog.id June 14, 2019 - 3:41 pm

Wah keren nih udah dapat penghasilan aja dari blog…jadi makin semangat saya juga dalam mengelola blog…owh iya pertanyaan nih…dari ketiga cara diatas yang paling seret uangnya dari mana nih?

Reply
Sabda Awal June 14, 2019 - 4:30 pm

yang paling seret? maksudnya yang paling sedikit? Kalau dari track record, content placement yang paling sedikit

Reply
Michael David June 14, 2019 - 11:39 pm

Enak ya kalo Adsense diterima huhuhuhuhuh :’)

Reply
Reyne Raea June 15, 2019 - 3:28 am

Kereeennn bangetttt.
Pemilihan niche nya tepat banget, financial emang menghasilkan cpc yang gede πŸ˜€
Pas juga dengan hobinya πŸ™‚

Saya kagum banget ama teman blogger laki, rata-rata fokus di GA ya.
Saya berkali-kali pengen ikutan juga rasanya, tapi masih berat menduakan personal blog saya πŸ™‚

Reply
rezkypratama June 15, 2019 - 11:06 am

wew mantap google adsensenya masih jalan
tetap semangat
karena paketan internet untuk ngeblog sekarang harganya gak murah
heeh
maklum saya blogger mata duitan
hehe

Reply
agi tiara June 15, 2019 - 12:06 pm

hai bang sabda, ketemu lagi kita heuheuheu

aku pun kadang heran dengan orang yang nggak suka nulis, nggak suka bikin konten, tapi pengen dapet duit dari blog bermodalkan copas dan bot-bot lainnya yang konon bisa mendongkrak adsense
padahal ya bener, kualitas itu menentukan prestasi.
mau blognya rame kalo artikelnya b aja dan penempatan iklan gak menarik ya nggak akan ada yang klik iklan.

Reply
Sabda Awal June 15, 2019 - 7:52 pm

bener, mereka pengen yang instan, tapi ya no pain no gain

Reply
Bang Doel June 15, 2019 - 12:30 pm

Wah iya mesti dicatat ya biar tahu seberapa rupiahkah pemasukan dari blog sendiri. Btw, pada platform blogger juga untuk tahun ini nilai CPC lumayan meningkat, mas.

Reply
Sabda Awal June 15, 2019 - 7:51 pm

saya ga catat mas, bagian reprotnya ada kok, jadi simple

Reply
Himawan Sant June 15, 2019 - 2:05 pm

Sangat sependapat apa yang dikatakan uda Sabda …. Jika blog bisa menghasilkan uang itu .., prosesnya tidaklah instan.

Perlu banyak perjuangan dibaliknya.
Ya bikin artikel berbobot, rajin menyebarkan artikel ke sosmed, kunbal bewe, de el el

Reply
Dyah June 15, 2019 - 6:48 pm

Pengin juga punya penghasilan dari blog. Tapi, semuanya dijalani pelan-pelan dulu deh …

Reply
Arif Rudiantoro June 16, 2019 - 7:48 pm

Termotifasi gan ane baca artikel nie, semoga suatu saat nanti blog ane menghasikan, tapi uda beberapa kali daftar GA masih di tolak mulu, jadi agak males, untung ngeblog karena hobi hehe

Semoga lebih Sukses ye gan blognya πŸ™‚

Reply
Sabda Awal June 16, 2019 - 8:10 pm

amiin terimakasih doanya mas

Reply
ursula meta rosarini June 17, 2019 - 10:42 am

Wah AdSense & Afliasinya mantul ya mas, punyaku? Entahlah, seret soalnya hahaha, aku ga berharap banyak dari AdSense & Afliasi walaupun aku juga pakai. Aku udah bbrp kali dpt tawaran content placement, tp belu berani terima job itu, aku udah komit untuk publish hasil karyaku sendiri hahaha. Sejauh ini dapet penghasilan dari review makeup & skincare aja, itu aja udah seneng banget.

Reply
Sabda Awal June 17, 2019 - 9:54 pm

content placementnya bisa ditolak, coba ajukan job review aja mbak, jadikan hasilnya tetap karya sendiri

Reply
Vicky Cahyagi June 17, 2019 - 3:57 pm

Inspiratif tipsnya, intinya jika blog berkualitas dan ramai pengunjung, maka peluang untuk bekerja sama dengan pihak ke-3 (kerja sama bisnis) semakin besar, tidak melulu ngandelin iklan. Semoga blognya mas semakin berkembang & sukses, begitupun blog saya. Aamiin.

Reply
tity dwi June 17, 2019 - 7:26 pm

Kalau saya dulu gak terlalu ngerti tentang dunia blogger, alhamdulilah suami kakak

perempuanku mahu mengajari saya jadi ngerti deh tentang dunia blogger, bagai mana

cara membuat konten berkualitas, dll

Reply
Enny Ratnawati June 18, 2019 - 12:02 am

wah buat saya yang blm apa2 ini, apa yang mas sabda dapat dr blog udah kereeen loh, apalagi hanya sampingan hehehe
banyak temen yang sdh banyak penghasilan dr blog.alhamdulillah
saya blm sampai ke step itu, masih yang kecil2an hehehe
terimakasih inpohnya yaa

Reply
thya June 18, 2019 - 8:46 am

ini nih, aku bercita-cita bisa dapat penghasilan dari adsense.. tapi pengunjung blog ku masih sedikit, artikel ku juga sedikit.. jadi agak susah ya mas kalo begitu?

kalo aku, paling dapet penghasilannya dari lomba blog (itu pun jarang-jarang, karena lebih sering kalah.. hehe), content placement/sponsorpost juga pernah, itupun baru dua kali.. hehe..

terkadang kepingin juga ikut event2.. tapi belum kesempetan..

Reply
Zai Z June 19, 2019 - 12:56 am

Wah, ternyata semakin gurih juga ya penghasilannya mas Sabda dari Blog.

Btw, untuk rate harga yang dipatok untuk content placement di blog ini, rasanya murah banget mas. Kalau menurut penilaian saya, blog ini minimal harus dapat Rp500K per satu content placement dan cukup utk satu link dofollow permanent.

Hal ini karena saya merasa bahwa value dari sebuah link dofollow itu sangat tinggi, terutama jika blognya mas Sabda akan terus eksis dalam waktu yang cukup lama. Bayangkan, brand membeli link Rp150K untuk ditempatkan di blognya mas dengan prediksi nilai blog saat ini. Padahal link tersebut akan tertanam terus di blog ini selama-lamanya (kecuali dicabut atau dibikin jadi nofollow) dan menjadi lebih berkualitas seiring dengan meningkatnya kualitas dari blogSabda. CMIIW

Pusing? iya, saya juga. Lol

Reply
Sabda Awal June 19, 2019 - 7:38 am

wah 500k, nanti akan coba saya pertimbangkan, palingan nanti jumlah link dofollow akan saya kurangi menjadi 2. Rencana saya biaya content placement itu jumlah visitor/hari kali Rp 200. Kayak sekarang, jumlahnya udah 1000/hari, berarti 200k/content placement

Reply
yudisitra June 19, 2019 - 9:57 am

saya mau share, blog saya umur 2 minggu lebih, hampir 3 minggu udah keterima google adsense dan udah bisa menampilkan iklan 1 hari setelah diterima adsense, dan itupun saya menggunakan domain bawaan dari blog yaitu .blogspot.com ini blog saya: calonsarjana.kom.blogspot.com , menurut saya sebelum blog di daftar ke adsense usahakan template kalian udah rapih, trus usahakan jumlah keseluruhan visitor kalian udah nyampe 1000 lebih, rajin – rajin share ke sosmed juga

Reply
Nurul Mutiara R.A June 19, 2019 - 1:34 pm

Ngomongin pendapatan dari blog, aku baru dapatin dari job menulis, dan lomba sih bang. Aku malah belum pasang adsense karena blm bisa dan blm sempat mengurusnya. Apalagi blogku akgir2 ini jarang updet.

Tapi kalau blog kita udah dioptimalkan emang bisa menghasilkan rezeki yang gak terduga. Berkah ngeblog, rang orang biasa menyebutnya

Reply
Brian Prasetyawan June 23, 2019 - 7:46 pm

Penghasilan yang saya dapat hanya dari adsense dan content placement. Namun adsense belum payout. Sudah berjalan 17 bulan. Entah berapa tahun buat bisa payout haha.

Namun saya ya tetap ngeblog karena bisa ngupdate postingan dan ada yang komentar saja sudah senang hehe

Reply
Sabda Awal June 23, 2019 - 7:53 pm

yup benar, yang penting tetap bisa sharing ke banyak orang, bermanfaat mas.

Reply
Astriatrianjani June 26, 2019 - 9:04 am

Wah…keren banget mas, pasti seneng ya bisa dapat penghasilan dari blog, apalagi tujuan awalnya bukan karena uang.
Gimana caranya bisa dapat viewer sebanyak itu? Saya juga mau….

Reply
Sabda Awal June 26, 2019 - 1:34 pm

caranya research keyword yang pesaingnya dikit di google dan menulislah senatural mungkin

Reply
Gerai Toyota June 27, 2019 - 12:15 pm

Wah bagus bgett mass sangatt Ter motifasi sekali buatt saya , Terimakasih Sharing dan infonya

Reply
Toni Al-Munawwar June 28, 2019 - 8:52 pm

Wah, penghasilannya lumayan. Mantap Mas

Reply
ekopriantoblog.id June 29, 2019 - 11:29 am

Alhamdulilah saya dapat penghasilan paling banyak dari content placement dan jual backlink,,,google adsense yang dulu saya prediksi bakal jadi penghasilan terbesar sangat jauh dari kenyataan wkwkwk…

Reply
Sabda Awal June 29, 2019 - 5:35 pm

alhamdulillah, kadang GA ini ga sesuai ekspektasi mas, haha

Reply
Ali .k July 1, 2019 - 5:50 pm

Keren gan.. mantap saya juga ingin sukses seperti agan, tapi kayaknya itu tidak mungkin karena saya kurang pinter nulis hehehe,, wawasan juga tidak luas,, terus semangat gan

Reply
Agustina Purwantini July 1, 2019 - 9:02 pm

Wow udah banyak tuh dapet duitnya dibandingkan sayaaa…

Reply
Erdjon July 4, 2019 - 4:30 pm

Thanks sharingnya, betul blog memang sarana untuk sharing hobby, ilmu dan info. Itu yang penting. Kalau memang bisa menghasilkan, itu nilai tambahannya; intinya membuat blogger dan pembaca happy!

Reply
Adi Pradana July 6, 2019 - 7:21 pm

Alhamdulillah mas dari blog sudah bisa menghasilkan, bisa buat inspirasi para blogger muda seperti saya. :p

Reply
Riza Alhusna July 7, 2019 - 3:20 pm

Ya bagus lah kalo dapet duit dari blog. Mana seneng ngerjainnya, dapet duit lagi. Jangn lupa sedekah mas. Biar makin banyak penghasilan sampingannya.

Reply
Sabda Awal July 8, 2019 - 11:33 am

siaap, pasti sedekah udah masuk dalam list budgeting kok

Reply
Reisha August 13, 2019 - 8:28 am

Wah terima kasih artikelnya mas. Jarang-jarang nemu blogger yang buka-bukaan soal berapa pendapatannya, jadi saya dapat gambaran lengkap juga dari sini.

Reply
Sabda Awal August 13, 2019 - 11:50 pm

Iya sama–sama mbak, tulisan ini hanya bersifat sharing aja

Reply
Aorlin August 31, 2019 - 9:32 pm

walaupun belum dapat apa2 dari blog! tapi tetap semangat ngeblognya, toh sambil jalankan hobi juga! hehehe

Reply
Renaldy Bima A. October 15, 2019 - 1:48 pm

Adminnya mudah dibaca dan mudah di mengerti, enggak ngjelibet
Btw, saya baru log in amartha dari blog ini
πŸ˜€

Reply
Sabda Awal October 15, 2019 - 9:49 pm

Syukurlah kalau mudah dipahami mas

Reply
Nita Lana Faera October 31, 2019 - 8:14 am

Ngeblog untuk mendapatkan uang memangnya kenapa. Toh yang penting kita gak narikin duit ke pembaca ya, haha… Wah keren ini, Mas. Saya adsense-nya belum luber2, haha… Iya walau udah punya penghasilan tetap, asyik juga kan nambah2 penghasilan dari blog, entah itu tabungan adsense atau bayaran nulis dari brands dan agencies.

Moga rezekinya saling menular ya πŸ˜€ Eh iya btw saya kalau klik langsung http:blogsabda.com dari profil kok gak bisa direct ya. Jadi mesti saya ketik ulang, https://www.blogsabda.com

Reply
Sabda Awal October 31, 2019 - 10:52 pm

amiiin mbak, semoga segera menyusul bisa dapt dari adsense, begitu juga agency, lumayan buat biaya domain dan hosting, heheheh…

ga bisa di klik mbak, soalnya aitu profil blogger, sementara blog saya pakai WP, jadi itu sebatas nama untuk ninggalin jejak agar bisa bw

Reply
kariningtyas November 12, 2019 - 11:07 am

Masih banyak yang harus dikembangkan dari segala istilah yang ditulis, namun semangat membara yang jarang terjadi membuat google adsense saya bertambahnya amat dikit ;(
Terima kasih sharingnya

Reply
Sabda Awal November 12, 2019 - 4:51 pm

sama-sama mbak, semoga bisa terus konsisten hingga mneghasilkan dari google adsense

^tks

Reply