Perbandingan Deposito 4 Bank Syariah, Mana yang Terbaik?

by Sabda Awal
deposito bank syariah terbaik

Saya sudah tau, anda ke artikel ini pasti mencari deposito bank syariah terbaik. Pertanyannya, apakah terbaik cuma dari sisi bunga atau bagi hasil tertinggi saja?

Tentu saja tidak.

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk mengklaim bank syariah terbaik dibandingkan yang lain. Semata-mata saya ingin meluruskan pandangan kita.

Sampai artikel ini terbit, saya sudah pernah deposito di 4 bank syariah yang berbeda. Deposito Syariah Mandiri, BNI Syariah, BRI Syariah dan CIMB Niaga Syariah.

Artikel ini hanya membandingkan ke 4 bank syariah diatas.

Ya iyalah, secara baru itu yang pernah saya coba. Jadi, testimoninya pun bukan abal-abal.

Tentu saja tidak sampai disitu, seiring berjalannya waktu saya akan coba deposito bank lainnya agar refrensi ini semakin lengkap dan anda puas. Hahaha.

Ada 4 hal yang saya bandingkan, yaitu :

  1. Bagi hasil atau bunga deposito syariah tertinggi
  2. Dapatkah dicairkan sebelum jatuh tempo? Adakah pinalti?
  3. Perbandingkan layanan dan pembukaan deposito
  4. Nominal deposito

Nah, dari ke 4 perbandingan diatas. Anda sendirilah yang menentukan mana yang terbaik. Bisa saja anda mementingkan bagi hasil atau bunga tinggi, lalu menganggap bank syariah tersebut terbaik.

Sementara orang lain, lebih mengutamakan deposito yang dapat dicairkan kapan saja tanpa ada pinalti adalah yang terbaik.

Dengan begini, ulasan artikel ini sangat adil, bukan?

Tapi sebelum saya bandingkan ke 4 hal diatas, mari lihat review sekilas tentang masing-masing deposito setiap bank syariah ini.

Seluruh deposito dibawah ini dengan nominal Rp 10.000.000 dan menerapkan ARO (Automatic Roll Over)

Deposito Bank Syariah Mandiri

Ini adalah deposito syariah pertama yang saya coba. Saya mengambil tenor selama 3 bulan dan membiarkan hingga 1 tahun.

Periode deposito sejak Juni 2019 s.d. Mei 2020.

Pengajuan deposito dengan datang ke kantor. Saya diberikan biliyet deposito sebagai bukti kepemilikan. Terakhir kali saya pakai aplikasi mobile, tidak ada pengajuan deposito lewat aplikasi.

Selama setahun saya memperoleh Rp 443.260. Potong pajak 20%, bersihnya saya dapat Rp 354.608 atau 3,54%.

Anda bisa baca ulasan khususnya di Pengalaman Deposito Mandiri Syariah Rp 10 Juta dan Bagi Hasilnya.

BNI Syariah

Deposito di BNI Syariah sudah berjalan sejak Desember 2019. Ada 1 alasan saya suka dengan deposito disini yaitu customer service-nya tidak ada pinalti pencairan sebelum jangka waktu berakhir.

Boleh dicairkan kapan saja.

Sama seperti Mandiri Syariah, saya juga diberikan biliyet deposito dan membuatnya harus ke kantor cabang.

Kira-kira jika saya hitung sejak Januari-Mei 2020 sudah dapat bagi hasil yang kalau ditotalkan Rp 175.244. Potong pajak 20%, bersihnya 145.204 atau 1,45% untuk 5 bulan.

Atau kalau di setahunkan sebesar 3,48% per tahun.

Anda bisa baca ulasan khususnya di Pengalaman Deposito BNI Syariah Rp 10 Juta dan Bagi Hasilnya.

BRI Syariah

Beruntungnya pengajuan deposito BRI Syariah bisa lewat aplikasi mobile-nya yaitu BRIS Online. Ini salah satu nilai plus untuk saya.

Tapi, kelemahannya adalah pengajuan deposito melalui BRIS online maksimal Rp 5 juta. Beruntungnya, kita dapat membuat deposito sebanyak apapun dalam satu hari.

Akhirnya, saya bikin 2 deposito dengan nominal @ Rp 5.000.000 dengan tenor 1 dan 3 bulan. Berharap bagi hasilnya berbeda. Ternyata sama saja. Haha.

Saya baru mulai deposito BRI Syariah bulan Mei 2020, jadi bagi hasilnya baru ada 1 bulan di Juni.

Hasilnya untuk 1 bulan Rp 23.567 sudah dipotong pajak. Jika dipersentasekan 0,23%, proyeksi setahun sekitar 2,8%.

Anda bisa baca ulasan khususnya di Pengalaman Deposito BRI Syariah Rp 10 Juta dan Bagi Hasilnya.

CIMB Niaga Syariah

Saya mulai deposito April 2020. Jadi, bagi hasilnya baru saya terima untuk bulan Mei saja.

Sejauh ini saya paling suka CIMB Niaga Syariah karena sangat praktis dibandingkan dengan yang lain. Pembukaan rekening dan pengajuan deposito bisa pakai aplikasi Octo Mobile,- aplikasi mobile CIMB Niaga Syariah.

Bahkan opsi lainnya, kita dapat mengajukan deposito lewat internet banking.

Untuk bunga atau bagi hasil deposito CIMB Niaga syariah bulan Mei 2020 saya dapat Rp 31.299 sudah dipotong pajak.

Jika dipersentasekan 0,31% untuk 1 bulan. Persentase proyeksi untuk setahun menjadi 3,75%.

Anda bisa baca ulasan khususnya di Pengalaman Deposito CIMB Niaga Syariah Rp 10 Juta dan Bagi Hasilnya.

Memilih Deposito Bank Syariah Terbaik

Bagian diatas sudah ada gambaran masing-masing deposito perbankan. Baru keliatan dari bagi hasilnya saja.

Tabel dibawah ini saya rangkum ke 4 perbandingannya.

Tapi untuk bunga atau bagi hasil, rasanya masih kurang adil jika saya masukkan ke tabel ini. Karena masih ada deposito yang berjalan. Selain itu, waktu pembukaan deposito mungkin berpengaruh.

Jadi, untuk persentase bagi hasil jangan dianggap final, Oke? Belum lagi, nisbah berubah-ubah serta performa pendapatan bank turut mempengaruhi besaran bagi hasil.

Bagi hasil dibawah ini sudah dipotong pajak 20% dengan proyeksi untuk tenor 12 bulan.

No.BankMin. DepositoBagi Hasil (%)PengajuanPencairan sebelum jatuh tempo
1.Syariah MandiriRp 2.000.0003,54Kantor CabangBisa, pinalti Rp 50.000
2.BNI SyariahRp 1.000.0003,48Kantor CabangBisa, tanpa pinalti
3.BRI SyariahRp 2.500.0002,8Kantor Cabang, OnlineBisa, pinalti Rp 100.000
4.CIMB Niaga SyariahRp 8.000.0003,75Kantor Cabang, Online, TeleponBisa, pinalti (saya belum tahu)

Anda tinggal memilih, mana yang anda anggap terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Masing-masing deposito bank syariah sudah saya bahas secara khusus.

Kesimpulan

Menentukan deposito bank syariah terbaik tidak hanya menggunakan indikator bunga tinggi saja. Melainkan ada faktor lainnya yang dijadikan pertimbangan.

Setiap orang berbeda-beda, tergantung kebutuhan masing-masing.

Kalau saya sendiri jika memilih dari deposito syariah diatas maka pilihan saya jatuh kepada CIMB Niaga Syariah.

Alasannya, pembukaan mudah dan praktis, bunga besar, soal pinalti yang masing belum tau. Tapi bisa diakali dengan mengambil tenor 1 bulan dengan fasilitas ARO.

Pilihan Deposito syariah terbaik ada di tangan anda. Silahkan putuskan sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi refrensi. Selamat berdeposito.

Hello Finance, Make It Fun!

Related Posts

Leave a Comment

14 comments

Bang Ancis July 4, 2020 - 4:51 pm

Wah wah terima kasih informasinya.. saya tidak bisa diskusi banyak, soal beginian masih belajar soalnya, hehee..

Reply
Mang Lembu July 14, 2020 - 6:48 pm

BOSEN, APAPUN YANG DISUGUHKAN KE ABANG YANG SATU INI MAH SElalu saja nggak bisa diskusi banyak…..padahal emang males nulis panjang kalau komentar dia mah….huh

Reply
Sabda Awal July 14, 2020 - 7:17 pm

Haha ga apa2 mas, mungkin tulisannya udah cukup jelas

Reply
Bang Ancis July 21, 2020 - 9:16 am

Hahahahaa Mang Lembu juragan Ubi Cilembu ini memang ngotot di mana-mana, hahahahaa…

Reply
Agus warteg July 4, 2020 - 11:29 pm

CIMB niaga Syariah memang gede ya keuntungan deposito nya, cuma di sini tidak ada kantornya, harus ke kota dan lumayan jauh.

Kalo mandiri syariah ada, BNI Syariah juga ada, BRI Syariah juga ada. sepertinya milih mandiri syariah saja yang dekat dan keuntungan juga lumayan.

Reply
Sabda Awal July 14, 2020 - 7:17 pm

Cimb niaga bisa bikin rekening secara onlone mas

Reply
Hastira July 7, 2020 - 2:30 am

makasih infonya, sangat lengkap

Reply
Navia Yu July 7, 2020 - 12:44 pm

Makasih mas sabda. Beneran membantu ini, lagi pertimbangin buka depo syariah.

Reply
MainBareng.net July 8, 2020 - 2:31 pm

Thank you infonya. Bisa jadi pertimbangan untuk tempat menaruh dana tabungan.

Reply
Bang Day July 12, 2020 - 8:14 am

Kayaknya pencairan sblm jatuh tempo tanpa pinalti layak dicoba nih.
Trims ulasannya mas Sabda

Reply
Justcherry July 12, 2020 - 12:21 pm

Memang mungkin lebih bagus deposito di bank syaruah dengan siatem bagi hasil.
Makasih info nya mas Sabda

Reply
ainun July 15, 2020 - 11:24 pm

bener banget, termasuk aku juga nih kalau nyari deposito kalau bisa yang bebas pinalti jika sewaktu waktu ingin mencairkan dananya

Reply
Jati Susilowati July 17, 2020 - 10:42 pm

Berarti yang tertinggi bagi hasilnya adalah CIMB Niaga Syariah. Pantas Anda memilih itu.

Reply
Riza Alhusna July 29, 2020 - 11:08 am

Gua bangettt

Paling demen buka deposito di CIMB Niaga, wkwkwkwk

Bener-bener praktis dan memudahkan nasabah.

Reply