Pengalaman Investasi Peer to Peer Lending Syariah di Qazwa Mulai Dari Rp 5.000

by Sabda Awal
Pengalaman Investasi di Qazwa

[Update Juni 2020] Untuk saat ini saya tidak menyarankan investasi di Qazwa, karena banyak cicilan pendanaan terpending akibat efek berantai pandemi Covid-19.

Mulai tanggal 24 Februari 2020 saya mencoba investasi di Qazwa, sebuah platform peer to peer lending syariah. Sudah lama saya tahu platform ini dari daftar yang dipublikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

dan baru kesampaian nyoba sekarang.. hehe

Saat itu saya memang mengumpulkan daftar investasi peer to peer lending syariah. Saya dapat 8 perusahaan saat itu.

8 Daftar Peer to Peer Lending Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Bagi anda yang baru kenal investasi ini, saya sarankan baca tulisan ini dulu : Mengenal investasi peer to peer lending, legalitas, resiko dan cara kerja.

Biar tidak tersesat πŸ™‚

Yang paling menarik dari Qazwa karena bisa investasi mulai dari Rp 5.000 saja. Selain itu nilai TKB90 nya 100%. Bagi saya ini investasi yang cukup aman dan berkah.

Saya akan review perusahaan ini, termasuk fitur, pengalaman dan keuntungan yang saya peroleh.

Qazwa Penyelenggara Fintech Syariah

PT Qazwa Mitra Hasanah adalah media investasi berbasis syariah yang bertujuan untuk memudahkan UMKM memperoleh akses permodalan untuk mengembangkan usaha.

Jika anda mengunjungi situs resminya di Qazwa.id, maka anda akan disambut dengan β€œsyariah” di halaman awal. Paling menonjol adanya logo Otoritas Jasa Keuangan dan DSN-MUI.

Ada 2 akad syariah yang digunakan yaitu mudharabah dan murabah.

Qazwa memfasilitasi 2 pihak : orang yang mengajukan pembiayaan dan orang yang memberikan dana.

Yang akan saya bahas sebagai orang pemberi dana (investor) seperti posisi saya saat ini.

p2p lending syariah qazwa

Legalitas Qazwa

Apakah Qazwa terpercaya ?

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa Qazwa merupakan salah satu peer to peer lending. Nah, jenis investasi pendanaan ini diatur regulasinya oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Jika anda mengunjungi situs OJK, maka Qazwa sudah terdaftar. Yang artinya Qazwa merupakan peer to peer lending legal.

Anda dapat langsung mengeceknya disini. Legalitas ini saya ambil pada 4 Maret 2020 yang dipublikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Qazwa terdaftar sebagai peer to peer lending legal

Melakukan Pendanaan

Seluruh Peminjam yang ada di Qazwa dari UMKM (Usaha Kecil dan Menengah). Jadi bisa dipastikan bahwa semua proyek pembiayaan ini di bidang produktif.

Karena ada juga lho platform yang membiayai non produktif, misal untuk pembelian barang. Contohnya platform Asetku.

Untuk melihat proyek pembiayaan dapat dilihat langsung pada halaman awal situs Qazwa (tanpa login), namun saya akan perlihatkan dari sisi yang sudah punya akun (sudah login).

daftar proyek pembiyaan di qazwa
Proyek Pembiayaan

Kalau saya perhatikan proyek pembiayaan selalu diperbaharui setiap hari Senin s.d. Sabtu.

Ada 5 poin penting yang diperhatikan pada Proyek Pembiayaan.

  1. Jumlah pinjaman
  2. Tingkat resiko
  3. Tenor
  4. Deskripsi proyek pembiayaan
  5. Resiko dan mitigasinya

1. Jumlah Pinjaman

Nominal pinjaman beragam. Kalau saya perhatikan paling besar nilainya Rp 6.000.000. Anda bisa melakukan pendanaan kelipatan Rp 5.000.

Setelah terdaftar, anda akan mendapatkan nomor rekening virtual BNI Syariah. Anda diminta mentransfer ke rekening ini untuk berinvestasi.

Oh, anda tidak bisa mentransfer begitu saja, melainkan setelah proyek terdanai secara utuh. Anda akan terima notifikasi di email untuk lakukan transfer dana atau cek di menu status transaksi.

Tidak semua orang punya rekening BNI/BNI Syariah, termasuk saya. Sayangkan kalau transfer beda bank kena biaya Rp 6.500.

Saya selalu akali pakai Aplikasi FLIP atau Jenius BTPN biar gratis biaya transfer πŸ™‚

2. Tingkat Resiko

Sayangnya saya belum menemukan informasi soal tingkat resiko. Namun, saya pastikan anda bisa lihat di setiap proyek. Kebanyakan tingkat resiko : A2.

Saya sendiri belum paham dengan tingkat resiko ini.

Kalau di perusahaan lain, tingkat resiko ini dijelaskan. Misal di platform Akseleran disebutkan bahwa tingkat resiko A, suku bunga 12,75%, dan menggunakan agunan. Tiap tingkat resiko punya penjelasan tersendiri.

3. Tenor

Tenor adalah jangka waktu proyek berjalan dalam satuan minggu. Lagi-lagi berdasarkan pengamatan saya, rentang tenor beragam antara 1 s.d 20 minggu.

4. Deskripsi Proyek Pembiayaan

Dari deskripsi anda dapat mendapatkan informasi perusahaan yang mengajukan pembiayaan, termasuk bidang usaha, lokasi, proses usaha dan lain-lain.

Informasi ini menjadi dasar bagi investor untuk memperkuat keyakinan untuk berinvestasi.

5. Resiko dan Mitigasinya

Resiko dan mitigasi tergantung jenis proyek itu sendiri. Masing-masing resiko dan mitigasi unik. Makanya anda perlu baca dengan baik.

Salah satu resiko yang sudah saya alami adalah keterlambatan bayar karena wabah Covid-19. Qazwa menjanjikan penerima dana akan membayar dengan cara dicicil.

resiko terlambat bayar di p2p lending qazwa
Resiko terlambat bayar di Qazwa

Tata Cara Bagi Hasil

Besaran bagi hasil

Gambar diatas contoh besaran bagi hasil yang akan anda dapatkan sebagai investor. Nah, tinggal dihitung saja kira-kira berapa bagi hasil yang anda dapat,-persentase keuntungan X total pendanaan.

Setiap proyek yang selesai langsung dikirim ke rekening anda. Contohnya seperti ini, Qazwa menggunakan aplikasi FLIP.

Bagi Hasil Dari Qazwa

Komentar Saya tentang Qazwa

Saya yakin berinvestasi di Qazwa karena merasa aman dan nyaman, serta ada nilai berkahnya disebabkan pakai prinsip syariah.

Sejak pertama kali investasi hingga artikel ini diterbitkan, sudah banyak pembiyaan yang saya lakukan. Kalau dihitung-hitung, akumulasinya terlihat di dashboard.

Dashboard Qazwa

Nah, dengan begini saya bisa rutin dapat passive income. Semakin banyak yang dibiayai, semakin besar bagi hasil yang diperoleh.

Kekurangan

Bagi saya, cuma 1 kekurangan Qazwa yaitu bagi hasil langsung ditransfer ke rekening. Jadi, kalau mau investasi kembali, harus transfer ke rekening akun virtual di Qazwa.

Alangkah baiknya jika uang kita dapat disimpan di akun saja. Jadi bisa langsung melakukan investasi tanpa harus ribet melakukan transfer.

Begitu juga ketika butuh uang, tinggal ditarik (withdraw) saja.

Penutup

Qazwa meupakan salah satu platform peer to peer lending dengan prinsip syariah. Bagi saya ini merupakan salah satu inovasi kekinian yang berkah.

Investasi pun dapat dilakukan dengan nominal Rp 5.000 saja dan kelipatannya. Ini sangat memudahkan bagi orang yang ingin berinvestasi.

Selamat berinvestasi!

Related Posts

Leave a Comment

22 comments

Pengertian, Cara Kerja, Resiko, dan Legalitas Investasi Peer to Peer Lending Indonesia - BlogSabda.com April 10, 2020 - 1:47 pm

[…] Pengalaman Investasi Peer to Peer Lending Syariah di Qazwa Mulai Dari Rp 5.000 […]

Reply
Riza Alhusna May 18, 2020 - 10:23 am

Mayan gak sih bagi hasilnya? Jadi pengen nyoba gw. Mayan kan buat nambah-nambah cuan. Selama ini kan cuan gw dari hasil perngepetan kayaknya kurang. Makasih sharingnya….

Reply
Sabda Awal May 19, 2020 - 8:42 am

Hasilnya lumayan bang, bisa nambah2 jajan, haa

Reply
8 Daftar P2P Lending Syariah yang Terdaftar di OJK - BlogSabda.com June 16, 2020 - 4:51 pm

[…] Anda dapat membaca pengalaman saya berinvestasi disini Investasi di Qazwa mulai dari Rp 5.000. […]

Reply
Angga Purnama June 24, 2020 - 12:18 pm

Hai sabda, thank you sudah review tentang qazwa.
Pengalaman saya, sebaliknya. Qazwa ini sangat tidak profesional. Alasan saya sebagai berikut :
1. Update tidak realtime. Sering sekali pendanaan selesai, dan bagi hasil sudah ditransfer, tapi status pendanaan tidak berpindah ke “selesai” tapi masih di “pendanaan berjalan”.
2. Pemberitahuan keterlambatan bayar tidak ada, kecuali kita langsung tanya ke CS investreenya, itupun via whatsapp.
3. Saat ini ada 5 project saya yang keterlambatan bayar sejak bulan maret (lebih dari 90 hari) dan tidak ada pemberitahuan rutin dari qazwa, kecuali kita aktif nagih ke CS nya.
4. Risk Score A2 itu hanya bulshit, karena itu hanya trik psikologis untuk calon pendana agar merasa aman karena credit scoringnya tinggi. Saya mengira A itu debitornya punya agunan, ternyata tidak. Dan saampai saat ini saya masih belum jelas definisi dari masing-masing credit scoringnya seperti apa.
5. Sekarang fitur comment dari instagram qazwa sudah dikunci, karena sudah banyak yang complain keterlambatan bayar. Jika tidak percaya, silahkan cek sendiri ke IG official qazwa nya.

Kesimpulannya, saya sangat tidak merekomendasikan kawan2 untuk invest di platform ini, kecuali jika siap uang anda hilang.

Reply
Sabda Awal June 24, 2020 - 5:10 pm

Makasih sharingnya Mas, nanti artikel ini akan saya update.

saya baru sadar, komentar di ig di non aktifkan ya.

Saya sendirj banyak yang nyangkut memang, awalnya saya kira karena pandemi, tp memang ga ada kejelasan lebih lanjut soal ini.

Reply
Al Ka June 27, 2020 - 9:20 pm

Menurut saya not Recomended untuk Qazwa.id, langsung angkat kaki aja kalau sudah dibayar,
sebelum Covid saya juga invest di Qazwa, responnya ya tidak sesuai harapan, rata2 pasti meleset dari tanggal jatuh tempo sampai ditulis pengembalian 7 hari dari jatuh tempo(ada juga yang sebelum covid sampai 14 hari)
Menurut saya lebih baik cari investasi yang jangka panjang seperti crowdfunding properti atau ukm yang jelas laporan keuangannya dan bukan akad pinjaman jangka pendek, kalaupun syariah menurut saya hanya labelnya saja DSN-MUI tapi prakteknya riba juga
Terimakasih

Reply
Sabda Awal June 28, 2020 - 10:54 pm

Baik mas, terimakasih atas masukkannya

Reply
Wahyu August 19, 2020 - 2:10 pm

qazwa saat ini seolah2 menghindar dari tanggung jawab, sama sekali ngga ada kabar.
Dana saya juga ada yang tertahan dari bulan Maret.
Apakah harus kita buat petisi di change.org agar Qazwa mau merespon keluhan kita ?
Jika memang konsepnya bagi hasil, kalaupun rugi harusnya ada yang dikembalikan ke kita meskipun kurang dari modal awal, tapi ini bener2 ngga ada update apapun, not reponding, dan sudah ada itikad buruk dengan menonaktifkan fitur comment di instagram.

Reply
Sabda Awal August 19, 2020 - 10:54 pm

Iya benar sekali mas, ini jadi buruk untuk mereka.

Reply
Deni Sutandi July 9, 2020 - 8:15 am

Wah, tadinya say baru mau invest nih tapi dari beberapa comment di jadi ragu, saya mengenal qazwa sejak awal tahun sebelum pandemi covid, tapi sampai sekarang belum eksekusi karena masih nyari beberapa info yang valid.
Ada rekomendasi lain gak aplikasi investasi syariah yang aman dan barokah selain Qazwa?. Kalau “Dana Syariah” aman nggak ya untuk situasi saat ini?, mohon infonya untuk aplikasi lainnya ya yang aman dan sesuai syariah.

Reply
Sabda Awal July 9, 2020 - 9:09 am

Kalau Dana Syariah saya belum pernah coba jadi belum bisa komen mas. Ada opsi lain seperti Mina, Amartha, Ammana, dan Investree. Silahkan pilih pryek yang syariah

Reply
Muhammad Raihan July 26, 2020 - 7:55 pm

bang mau tanya, keuntungan qazwa didapat dari mana ya? maaf saya masih awam πŸ™‚

Reply
Sabda Awal July 29, 2020 - 11:09 am

Bagi hasil Mas

Reply
Al Ka September 2, 2020 - 7:42 am

Apakah sudah ada pengembalian mas Sabda?
Kalau saya sampai saat ini masih tersangkut dan sampai dengan hari ini saya post sudah terlambat 150 hari, saya hubungi via WA hanya ceklist 1 dan online jam 8 malam itupun tidak ada respon

Reply
Sabda Awal September 2, 2020 - 10:16 am

Belum ada pengembalian mas, terkahir kali saya langsung menghubungi CEO-nya langsung. Saya dapatkan informasi bahwa Oktober mereka mulai beroperasi kembali karena dapat mitra baru.

Selama ini karena pandemi yang memiliki efek berantai.

Reply
Al Ka September 7, 2020 - 5:39 pm

Mitra baru pembiayaan baru tapi yang nyangkut dari 6 bulan yant lalu semakin tidak jelas nasibnya

Reply
Sabda Awal September 8, 2020 - 7:12 am

Terkena imbas covid mas, mereka sudah melakukan restrukturisasi dan menambah tenor 12 bulan

Reply
Al Ka September 9, 2020 - 6:53 am

Tenor mitra yang lama jadi 12 bulan tapi pengembalian ke pemberi pinjaman tetep sesuai perjanjian di awal, walaupun pakai uang dingin ya tetap kasihan mereka yang mau pakai mutarkan uang, judulnya bukan investasi lagi, tapi nolong ukm bebas dari covid, hahaha

Cerita 2 Tahun Untung Rugi Investasi P2P Lending - BlogSabda.com November 2, 2020 - 9:58 pm

[…] Review lengkapnya Pengalaman Investasi Peer to Peer Lending Syariah di Qazwa Mulai Dari Rp 5.000. […]

Reply
Zaki November 28, 2020 - 2:17 pm

Bang gw juga nyangkut dana di qazwa ,udah pernah hubungin pihak CSnya belum bang ?

Reply
Sabda Awal December 3, 2020 - 5:03 pm

Sudah

Reply