Pengalaman Investasi Syariah Bidang Pertanian di Tanijoy

by Sabda Awal
Pengalaman Investasi Syariah Bidang Pertanian di Tanijoy

Pengalaman Investasi di Tanijoy,- Saya berinvestasi di Tanijoy sejak Agustus 2019. Sudah ada 16 proyek yang saya danai, mulai dari kentang, tomat, cabai keriting, melon bahkan ada juga yang sifatnya beli-jual hasil pertanian (trading).

Ini kali pertama saya berinvestasi di bidang pertanian seperti ini. Sebelumnya saya sudah berinvestasi di Amartha hingga memperoleh pendapatan pasif Rp 1.000.000/bulan.

Pindah dari Amartha ke Tanijoy? Iya, ini saya lakukan untuk menjawab rasa penasaran.

Tapi perlu diingat, resiko tetap ada. Misal gagal panen, bencana alam, harga jatuh dan sebagainya. Yang namanya investasi pasti beresiko.

Baiklah, saya akan mencoba mengulas secara rinci tentang Tanijoy berdasarkan pengalaman dan refrensi dari website resminya.

Diakhir artikel anda dapat meninggalkan pertanyaan. Akan coba saya jawab, namun jika saya tidak dapat menjawab, silahkan beralih ke CS Tanijoy, hehe

Apa Itu Tanijoy?

Tanijoy (PT. Tanijoy Agriteknologi Nusantara) adalah platform investasi online di bidang pertanian.

Tujuan Tanijoy adalah menghubungkan petani kecil dengan akses permodalan untuk budidaya pertanian. Adapun yang menjadi fokus utama adalah produk holtikultura/sayuran.

Program baik ini untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas agar ekonomi petani semakin meningkat. Selain itu, Tanijoy juga melakukan pelatihan dan edukasi terkait pemanfaatan teknologi maupun finansial kepada petani.

Sebuah misi yang mulia, bukan?

Apakah Tanijoy Syariah?
Sumber gambar : Tanijoy

Ada 3 pihak yang berinteraksi dengan sistem investasi di Tanijoy, yaitu :

  1. Pemberi dana
  2. Mitra lahan
  3. Mitra Tani

Yang akan saya bahas adalah poin pertama saja. Karena yang mampu saya lakukan hanyalah sebagai pemberi dana saja. Saya tidak punya lahan dan tidak punya kemampuan bertani.

Jadi posisi saya adalah pemodal, sementara lahan dan pertanian di kelola oleh pihak yang berbeda dan Tanijoylah yang menghubungkan antara ke 3 pihak ini.

Bagaimana Cara Kerja Tanijoy?

Sebagai pemberi dana, anda akan memperoleh persentasi keuntungan dari hasil pertanian.

Ada 2 jenis proyek yang ada di Tanijoy, yaitu :

  1. Pertanian,- dari penyiapan lahan, perawatan, penen hingga penjualan
  2. Beli Jual,- Tanijoy bertindak sebagai pengepul

Contoh proyek.

Contoh Proyek Tanijoy
Contoh sebuah proyek di Tanijoy

Apakah Tanijoy Syariah?

Bagi hasil yang akan dilakukan adalah hasil profit bersih dari panen yang dijual dengan persentase yang disepakati lewat akad mudharabah dan tabarru.

Selain itu, pengelola, investor dan petani menanggung resiko yang sama, dengan begitu semua pihak akan menanggung resiko secara seimbang.

Setiap anda mendanai proyek, maka anda akan memperoleh surat perjanjian seperti contoh dibawah ini.

Perjanjian akad tanijoy
Akad

Apakah Tanijoy Terdaftar di OJK ?

Sampai artikel ini diterbitkan, masih belum. Tanijoy sedang masa uji kelayakan di Otoritas Jasa Keuangan.

Saya belum yakin Tanijoy termasuk p2p lending atau tidak. Karena bisa jadi masuk dalam kategori lain yaitu crowdfunding. Tapi, baik p2p lending ataupun crowdfunding regulasinya diatur oleh OJK.

Apakah Tanijoy Sudah Mendapatkan Rekomendasi Tim Ahli DSN-MUI?

Sampai artikel ini diterbitkan, masih belum.

Sebuah investasi berkategori syariah atau tidak, ditetapkan oleh DSN-MUI dengan adanya penunjukkan rekomendasi tim ahli dari DSN-MUI.

Resiko Berinvestasi di Tanijoy

Memahami resiko berinvestasi itu penting. Jangan sampai kita hanya mau untungnya saja, tapi ogah dengan rugi. Karena pada dasarnya setiap investasi itu beresiko.

Yang membedakan adalah jenis, level dan mitigasi resikonya. Begitu juga dengan berinvestasi di Tanijoy, pasti beresiko. Resiko apa yang mungkin dihadapi pemberi dana?

  1. Terjadi gagal panen
  2. Penurunan harga jual panen
  3. Atau lainnya

Bagaimana jika resiko terjadi akibat kelalaian, kesalahan, maupun pelenggaran kontrak yang dilakukan oleh pengelola (pengelola lahan dan penjual hasil pertanian) ?

Maka pengelola harus memberikan ganti rugi sebesar modal kepada pemberi dana.

Lengkapnya dapat dibaca melalui perjanjian untuk segala resiko dan bagi hasil.

Saya sendiri pernah mengalami resiko ini. Tanaman terkena penyakit, jadi pihak Tanijoy butuh waktu tambahan agar jumlah produksi sesuai dengan yang ditargetkan. Seperti yang dibawah ini.

Resiko di Tanijoy
Salah satu resiko yang saya hadapi sebagai investor

Cara Mendaftar Sebagai Pemberi Dana di Tanijoy

Tanijoy tersedia dalam bentuk situs dan aplikasi. Kalau saya sendiri cenderung menggunakan situs, begitu juga dengan investasi lainnya. Karena install aplikasi bikin penuh smartphone saja, hehe

Pendaftaran sangat sederhana, cukup klik tombol daftar, lalu ikuti petunjuk selanjutnya.

Adapun dokumen yang harus anda siapkan adalah KTP, NPWP dan nomor rekening bank.

Cara Melakukan Pendanaan di Tanijoy

Saya perhatikan, proyek tidak tersedia setiap saat. Mungkin sebulan hanya tersedia 10 atau belasan saja. Untuk itu, anda harus rutin mengecek situs Tanijoy, follow instagram atau jika sudah mendaftar akan mendapatkan notifikasi melalui email.

Cara investasi sangat mudah, yaitu :

  1. Buka situs Tanijoy, lalu login
  2. Pilih menu Investasi
  3. Lihat proyek yang sedang berjalan, jika status proyek dibuka berarti anda bisa melakukan pendanaan. Klik lihat investasi.
  4. Masukkan jumlah slot yang anda inginkan, lalu klik mulai investasi.
  5. Lakukan transfer ke bank yang anda pilih (tidak perlu melakukan konfirmasi)

Anda akan segera memperoleh bukti pembayaran di email.

Cara investasi di tanijoy
Cara melakukan pendanaan di Tanijoy

Ketika proyek sudah dimulai, anda akan memperoleh Dokumen Proyek yang terdiri dari Surat Perjanjian, Sertifikat dan Dokumen Proyek.

Setiap kali ada perkembangan proyek, anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email atau bisa dipantau pada akun anda di situs atau aplikasi dengan login terlebih dahulu.

informasi perkembangan proyek tanijoy
Informasi perkembangan proyek

Pengalaman Investasi di Tanijoy

Investasi pertama saya lakukan pada Agustus 2019, lalu berlanjut setiap bulan hingga 16 jumlah proyek yang telah saya danai (per Januari 2020).

Rock Melon Ponorogo III, Trading Jagung Ponorogo III, Trading Kentang Granola V, Terong Jepang Brebes, Jagung Ponorogo, Kentang Granola Siborong-borong, Kentang Granola Partibi, Kentang Granola Tele II, Trading Jagung Ponorogo II, Tumpang sari Tomat & Cabe Keriting Medan V, Rock Melon Ponorogo II, Golden Melon Ponorogo, Trading Kentang Granola Berastagai III, Trading Jagung Ponorogo, Trading Kentang Granola II, Tumpang Sari Tomat & Cabe Keriting Medan V.

Saya tidak berani mengambil banyak slot dalam sebuah proyek, paling banyak 3 slot saja. Hal ini untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi. Ditambah lagi, nilai 1 slot yang selama ini saya temukan diatas Rp 2.000.000.

Misalkan proyek trading Jagung Ponorogo III saya hanya mengambil 2 slot saja.

Per Januari 2020, nilai total investasi saya di Tanijoy Rp 55.546.500.

nilai investasi saya di tanijoy
Nilai investasi saya di Tanijoy

Rekapitulasi hasil investasi

Profit saya terima setelah tenor proyek berakhir yaitu modal awal + keuntungan tetap berada di akun, sampai saya melakukan penarikan dana seperti gambar dibawah ini.

Saldo di Tanijoy

Untuk melakukan penarikan, tinggal lakukan pada menu saldo saja. Diproses maksimal 7 hari kerja.

Sedangkan untuk proyek yang sudah selesai laporannya akan dikirimkan melalui email. Begini salah satu bentuk laporan yang saya terima atas proyek trading kentang granola II.

laporan proyek yang selesai
Laporan proyek selesai

Laporannya dalam bentuk pdf dan sangat lengkap, mulai dari kalender proyek (timeline), deskripsi proyek (pengadaan barang, quality control, pengiriman, pengecekan barang oleh pembeli, pembayaran), hitung-hitungan soal bagi hasil, lampiran foto kegiatan. Berikut ini saya screenshoot bagian hitung-hitungannya.

Perhitungan bagi hasil untuk pendana Tanijoy
Perhitungan bagi hasil untuk pendana

Untuk proyek ini saya mengambil 3 slot dengan total keuntungan sebesar Rp 328.185 dalam waktu 6 bulan, jika dipersentasekan sebesar 5,05%.

Tips Berinvestasi di Tanijoy

Saya selalu wanti-wanti, kalau investasi ditempat seperti ini jangan pernah mendanai 1 proyek saja dengan nominal besar. Tapi, bagilah uang tersebut ke beberapa proyek yang berbeda.

Sekali lagi, ini untuk meminimilkan resiko. Kalau seandainya 1 proyek gagal, proyek lainnya masih bisa ngasih untung.

Saling back up.

Makanya maksimal saya ambil cuma 3 slot saja untuk 1 proyek. Saya bisa nyisihkan dana ke proyek lainnya dung.

Kekurangan Tanijoy

Belum terdaftar pada lembaga legal seperti Otoritas Jasa Keuangan dan DSN-MUI. Harapan saya ke depannya semoga secepatnya terdaftar.

Penutup

Tanijoy adalah platform investasi yang mempertemukan antara mitra tani dengan pemberi dana (investor). Perjanjian yang digunakan akad syariah,- Mudharabah dan Tabarru.

Sistem bagi hasil dan resiko ditanggung bersama oleh Pemberi Dana dan Pengelola.

Sampai artikel ini diterbitkan, Tanijoy belum terdafar di OJK dan DSN-MUI.

Demikian sharing pengalaman investasi di Tanijoy. Selamat berinvestasi!!!

Related Posts

Leave a Comment

12 comments

Josephh March 31, 2020 - 8:39 am

Terima kasih atas informasinya mas, kebetulan saya juga punya akun tanijoy, taifund, dan igrow tapi pilihan jatuh ke tanifund karena sudah terdaftar OJK dan banak tenor pendeknya. Untuk tingkat syariah tanijoy sudah cukup tergambar sih, cuma penasaran dengar dengar di tanifund apakah tidak syariah? punya pengalaman investasi disana kah mas?

Oh iya saya juga sudah mulai coba investasi di p2p lending syariah berkat motivasi tulisannya mas sabda di Danasyariah.id tapi entah kenapa minim banget ulasan pengalaman investasi disana. Sedikit was was, tapi semoga berkah.

Reply
Sabda Awal March 31, 2020 - 9:25 am

Kalau ditanifund belum pernah mas, kebetulan saya memang udah pernah dengar platform ini.
semoga nanti saya bisa nyobain danasyariah juga ya

Reply
Pengertian, Cara Kerja, Resiko, dan Legalitas Investasi Peer to Peer Lending Indonesia - BlogSabda.com March 31, 2020 - 10:13 am

[…] Investasi Syariah Bidang Pertanian di Tanijoy […]

Reply
Bang Day April 13, 2020 - 3:30 pm

Mas Sabda, jgn disebar no hapenya.. banyak2 mak2 yang nyari mo dijadiin mantu coz investasinya di mana2

Reply
Haw May 1, 2020 - 1:26 am

saya benar-benar buta masalah investasi, sejak mas sabda fokus ke topik ini, saya sedikit demis edikit mulai mengerti dunia tersebut. walo sampai saat ini maish belum mencoba investasi tanijoy, setidak saya sudah lebih yakin untuk memulai investasinya. terima kasih.

Reply
Sabda Awal May 2, 2020 - 5:55 am

Sama-sama Mas, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan refrensi

Reply
M. Mifta May 7, 2020 - 10:18 am

Bs minta via Email Mas: contoh laporan biar jadi bahan belajar

Reply
Sabda Awal May 26, 2020 - 10:58 am

Sudah saya kirimkan

Reply
Mano May 17, 2020 - 7:01 pm

Verifikasi oleh pihak Tanijoy butuh waktu berapa lama ya mas?

Reply
Sabda Awal May 19, 2020 - 8:42 am

sekitar 3 hari kerja

Reply
Dyah May 20, 2020 - 10:13 am

Adakah tips-tips memilih proyek yang akan didanai mas? Saya baru sampai di verifikasi data saja. Belum mendanai sama sekali.

Reply
Sabda Awal May 20, 2020 - 6:29 pm

tidak ada, yang pasti disverifikasi, jangan mengambil banyak slot di 1 proyek untuk meminimalisir resiko

Reply