5 Keuntungan Tabungan Jenius BTPN

by Sabda Awal
KEUNTUNGAN TABUNGAN JENIUS BTPN

Sebenarnya saya sudah menggunakan 5 bank yang berbeda. Ini saja jumlahnya sudah banyak. Ditambah Tabungan Jenius menjadi yang ke-6.

DEMI APA?! Semata-mata karena tergiur dengan keuntungan tabungan Jenius BTPN dan berdasarkan review teman-teman saya yang sudah menggunakan Jenius duluan.

Kehadiran Tabungan Jenius memang cukup fenomenal, yang paling terkenal karena :

  1. Bebas biaya admin
  2. Bebas biaya transfer beda bank
  3. Bebas biaya tarik tunai di ATM Prima/Bersama

Siapa yang tidak tergiur? Masih banyak kelebihan lainnya seperti membuka rekening secara online, anda cukup duduk manis dirumah, maka kartu debit akan dikirimkan ke alamat anda.

Adapula nomor rekening dapat diganti dengan $Cashtag yang memudahkan melakukan transfer.

Berbagai jenis kartu yang dapat anda buat hingga sebanyak 4 buah dan bisa diatur peruntukan dan saldonya. Belum lagi jenis-jenis tabungan yang sangat menggiurkan dari sisi return yang diberikan.

Namun, saya sendiri menggunakan Tabungan Jenius karena kartu ‘ajaib’-nya yaitu sebuah kartu debit yang dapat berfungsi layaknya kartu kredit.

Namanya e-Card yang dapat digunakan untuk pembayaran transaksi yang membutuhkan kartu kredit.

Hebat kan!

Keuntungan Tabungan Jenius Dari Sisi Fitur

Baiklah yang akan saya bahas adalah dari sisi fitur. Karena memang fitur-fitur ini memberikan keuntungan saat anda menggunakan tabungan Jenius BTPN yang mungkin tidak anda temukan di bank lain.

Adapun keuntungan yang akan anda dapatkan adalah :

  1. Jenis kartu : m-Card, e-Card, x-Card
  2. Jenis tabungan : Flexi saver, Dream saver, Maxi saver
  3. Awards : bebas biaya transfer beda bank dan gratis tarik tunai di ATM Prima/Bersama
  4. Membuka rekening secara online
  5. Bebas biaya administrasi : hal ini tidak akan saya bahas lagi, karena sudah sangat jelas, hehe. Bye biaya bulanan!

Nah, untuk poin nomor 4 sangat sederhana, apalagi bagi anda yang sudah terbiasa register di aplikasi atau sebuah website.

Caranya : silahkan download aplikasi Jenius di google atau apple play store. Lakukan pendaftaran sesuai dengan panduannya.

Jangan lupa siapkan ktp dan sampel tanda tangan diatas kertas. Yang terakhir adalah aktivasi melalui video call atau datang ke bank cabang BTPN.

Saya sendiri memilih video call yang dilakukan pada saat itu juga melalui aplikasi Jenius. Setelah selesai, tinggal duduk manis saja, dalam beberapa hari kerja kartu debit akan dikirimkan ke alamat yang anda daftarkan.

1. Jenis-Jenis Kartu Jenius BTPN : m-Card, e-Card, x-Card

Ada 3 jenis kartu dalam tabungan Jenius. Masing-masing kartu memiliki fungsi tersendiri yang akan saya jelaskan sebagai berikut ini.

kartu-kartu jenius btpn

m-Card : Rekening/Akun Utama

Di dalam aplikasi Jenius ada beberapa penyebutan yang berbeda, tapi tetap merujuk ke kartu yang sama. Anda jangan bingung ya haha. Disebut sebagai m-card, saldo aktif, saldo/rekening utama, atau active account. Semua ini sama.

Adalah sebuah kartu debit fisik yang dikirimkan pertama kali oleh Jenius.

Nah, saldo dari m-Card ini dapat anda pindahkan ke e-Card/x-Card. Atau sebaliknya mengembalikan dana dari e-Card/x-Card ke m-Card atau melakukan transfer antarbank, penarikan tunai, pembayaran merchant dan lain sebagainya layaknya sebuah kartu debit pada umumnya.

kartu jenius m-card

Kartu Jenius m-Card Saya

x-Card : Kartu Debit Tambahan

Kartu ini sama seperti m-Card, jadi bisa digunakan untuk bertransaksi atau tarik tunai. Perbedaannya adalah x-Card dapat diatur limit belanja harian atau penarikan tunai harian. Semua pengaturan dapat dilakukan dalam aplikasi Jenius.

Contoh menarik jika anda seorang suami, daripada ATM dipegang istri seutuhnya mending dibuatkan x-Card saja, hihi.

Setelah anda membuatnya di aplikasi, Jenius akan mengirimkan kartu debit fisiknya. Lalu, serahkan deh x-Card tersebut ke istri. Anda tinggal mengatur limit dan melakukan top up x-Card tersebut.

Anda dapat membuat hingga 3 x-Card yang terdiri dari warna ungu, hijau dan biru.

e-Card : Kartu Virtual Rasa Kartu Kredit

Nah, fitur inilah yang saya suka dari Jenius! Saya pernah punya kartu kredit yang membuat tidak bisa mengontrol diri. Saya belanja semaunya dengan kartu kredit.

Setelah 2 tahun, akhirnya saya memutuskan untuk menutup kartu kredit saya. Selain itu, biaya tahunan juga cukup menguras kantong yang nilainya sebesar bunga deposito, haha. Kan sayang.

berhenti dari kartu kredit

Saya berhenti dari Kartu Kredit

Namun, tanpa kartu kredit, saya jadi kesulitan untuk melakukan transaksi internasional atau transaksi yang perlu kartu kredit, seperti membeli theme wordpress untuk membuat blog atau pembayaran tiket pesawat.

Hampir 2 tahun pula saya bolak-balik meminjam kartu kredit abang saya. Akhirnya masalah terselesaikan setelah menggunakan tabungan Jenius.

Dalam tabungan Jenius kartu ini disebut sebagai kartu e-card. Sebuah kartu virtual lengkap dengan nomor kartu, valid thru, dan kode cvv. Bahkan jelas bahwa jenis kartu ini adalah kartu debit seperti gambar dibawah ini.

Kartu Virtual e-Card Jenius

Kartu Virtual e-Card Jenius

Lalu bagaimana caranya menggunakan kartu e-card sebagai kartu kredit?

Fungsinya memang persis seperti kartu kredit. Misalnya untuk melakukan transaksi internasional. Saat anda melakukan pembayaran, tinggal masukkan data-data yang diperlukan seperti contoh transaksi bawah ini.

Contoh pembayaran internasional dengan kartu kredit

Contoh transaksi internasional dengan kartu kredit

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Anda harus tahu berapa tagihan yang akan dibayarkan, jika beda mata uang, tinggal kalikan saja dengan nilai kurs
  2. Top up e-Card melalui m-Card sejumlah yang akan dibayarkan
  3. Lakukan pembayaran transaksi anda
  4. Transaksi selesai

Pada menu e-Card terdapat menu :

  1. Top Up : menambah saldo ke e-Card
  2. Blokir : memblokir e-Card
  3. Refund : memindahkan dana dari e-Card ke m-Card

Dengan cara seperti  ini saya dapat mengontrol diri karena penggunaan “kartu kredit” ini mewajibkan untuk top up terlebih dahulu.

Berikut ini histori transaksi yang sudah saya lakukan menggunakan e-card. Anda dapat melihat catatan transaksi dan mendownload dalam bentuk pdf.

Pembelian tiket pesawat Emirates dengan mata uang dollar Singapura. Pembelian tiket Jetstar, software NCH, pembayaran Visa Azerbaijan dengan mata uang dollar USA, sukses tanpa kedala.

transaksi e-card bank btpn jenius

History transaksi e-Card

Nah, e-Card ini solusi untuk anda yang memiliki permasalahan seperti saya yang tidak bisa menahan diri berbelanja dengan kartu kredit.

2. Jenis-Jenis Tabungan Jenius BTPN : Flexi saver, Dream saver, Maxi saver

Ada 3 jenis tabungan yang dimiliki oleh Jenius dengan masing-masing tujuan dan return yang diberikan, yaitu :

  1. Flexi Saver
  2. Dream saver
  3. Maxi Saver
Jenis Simpanan Tabungan Jenius BTPN Flexy saver, dream saver, maxi saver
Jenis Simpanan Tabungan Jenius BTPN : Flexy saver, Dream saver, Maxi saver

Flexi Saver

Anda dapat mengisi atau menarik dana dari flexi saver kapanpun tanpa dikenakan biaya sama sekali. Selain itu, anda akan memperoleh bunga 5% per tahun.

Flexi saver tidak ada minimal deposit dan batasan waktu. Bunga akan dihitung secara harian dan akan dibayarkan per bulan.

Dream Saver

Dream Saver mirip dengan flexi saver. Yang membedakannya yaitu di dream saver anda dapat ‘menamai’ tujuan tabungan, misal dana travelling ke Korea, beli gadget baru, DP rumah, dan lain sebagainya.

Anda bisa membuat 10 goals di dream saver ini dengan target waktu tercapainya. Bahkan anda dapat mengatur waktu menabung, misal harian, mingguan atau bulanan.

Tenang saja, dana di dream saver dapat diambil kapan saja jika anda butuh mendadak. Tidak ada pinalti yang dikenakan.

Terlebih anda dapat me-stop sementara program tabungan ini. Hebatnya, meskipun dalam status ‘stop’, anda masih mendapatkan bunga lho!

Maxi Saver

Maxi Saver sama seperti deposito bank pada umumnya. Yang membuatnya berbeda adalah tidak perlu pergi ke bank dan bunganya yang tinggi hahaha.

Bunga mulai dari 6,5% s.d 7% pertahun. Terus terang saya belum pernah menemukan bunga deposito setinggi ini di bank lain. Kalau ada kabari ya 😀

Minimal deposit mulai dari Rp 10.000.0000. Anda dapat memilih tenor waktu maxi saver antara 1 s.d 12 bulan.  Andai saja ada yang versi syariah, saya pasti akan mengalihkan deposito saya kemari, hihihi.

Baca juga : Pengalaman saya deposito Rp 10.000.000 di Bank Syariah Mandiri

3. Awards : Bebas Biaya Transfer dan Tarik Tunai

Untuk mendapatkan awards berupa bebas biaya transfer beda bank dan bebas biaya tarik tunai di ATM Prima/Bersama memiliki syarat yaitu berhubungan dengan jumlah saldo rata-rata bulan sebelumnya. Saya rangkum pada tabel dibawah ini.

No.LevelSaldo Rata-RataGratis Transfer
Antarbank per bulan
Gratis Tarik
Tunai per bulan
1.Basic< Rp 1.000.00000
2.Smartmin. Rp 1.000.00015 kali5 kali
3.Jeniusmin. Rp 10.000.00025 kali25 kali

Penutup

Tabungan Jenius BTPN ini memberikan banyak keuntungan untuk nasabahnya.

Di saat bank lain menerapkan bunga yang rendah dan mengenakan biaya admin, sebaliknya Tabungan Jenius memberikan tawaran bunga yang tinggi dan tanpa biaya admin.

Ada 5 fitur yang saya ulas yang memberikan keuntungan tabungan Jenius BTPN, yaitu :

  1. Jenis kartu : m-Card, e-Card, x-Card
  2. Jenis tabungan : Flexi saver, Dream saver, Maxi saver
  3. Awards : bebas biaya transfer beda bank dan gratis tarik tunai di ATM Prima/Bersama
  4. Membuka rekening secara online
  5. Bebas biaya administrasi

Terakhir saya berharap ke depannya ada Jenius versi syariah. Terus terang saya sangat menginginkan menyimpan uang di Maxi savernya, hehehe. Semoga ulasannya ini membantu.

Hello Finance, Make it Fun

Informasi lengkap : Jenius.com

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment

56 comments

Riza Firli September 9, 2019 - 9:02 am

enaknya lagi kalo kartunya ilang tinggal req. by apps..trus dikirim deh

Reply
Jiah September 20, 2019 - 9:49 am

Enak banget kalau punya Jenius ini. Pertama karena gak ada biaya adminnya. Terus bisa kaya CC. Jadi enggak butuh credit card lagi

Reply
Sabda Awal September 20, 2019 - 8:32 pm

benar sekali, rasa kartu kredit jadinya mbak

Reply
Andrie Kristianto September 21, 2019 - 10:02 pm

Wahhh jadi lebih mudah dan praktik yaa.. Keren banget

Reply
Diani Sekaring Sejati September 9, 2019 - 10:00 pm

Jadi makin pengen bikin Jenius.. thanks fot sharing!

Reply
irfn September 10, 2019 - 5:14 am

Waaaaa… Kerenn. Pengen banget punya tabungan jenius juga, tapi registrasi gagal terus, cabang gak bisa bantu juga

Reply
Sabda Awal September 10, 2019 - 7:41 am

gagalnya dimana fan? bukannya isa verifikasi sendiri pakai video call ya?

Reply
Heniajaa September 10, 2019 - 9:25 am

Wah mas Sabda keren nih BTPN… Bs jg nih buka rek di sini… Kdg suka pusing swtiap transfer beda bank kwpotong biayanya lmyn gitu apalg biaya bulanannya weleh” sayang bgt… Tp uraian diatas ngebuka mata saya… Ternyata ada juga yg bank yg msh kwnyamanan buat nasabahnya… Minimal tarik tunai via atm… Tranafer beda bank dan no biaya bulanan… Itu aja udh lymyn ngebantu.. Blom lg kartu saktinya… Wk wk… Kirain suka ngirit gitu.. Ternyata doyan jg belanja pk kartu kredit… Ini itu

Reply
Sabda Awal September 10, 2019 - 10:45 am

kalau mbak pengen yang free transfer beda bank bisa menggunakan flip, sangat membantu sekali.

Sebenarnya nih kalau bank-bank luar negeri udah bebas biaya admin, kalau transfer beda bank memang masih harus bayat, tapi jenius berani ngasih fitur ini.

HAhaha, saya ga suka ngirit mbak, kalau belanja ya belanja aja

Reply
Ridsal September 10, 2019 - 10:12 am

Eh, boleh juga nih fiturnya. Soalnya cukup mudah dan terbilang mendekati OVO, padahal inikan tabungan dari bank..

Iya bang, semoga saja ada versi syariah. Thanks ulasannya bang..

Reply
Sabda Awal September 10, 2019 - 10:46 am

kalau ovo kan dompet digital, nah jenius lebih ke bank mobile

Reply
Ridsal September 11, 2019 - 9:09 am

Oiya bang. Gara2 fiturnya membantu, jadi sempat kepikiran mirip OVO, hehehe..

Reply
Djangkaru Bumi September 10, 2019 - 9:18 pm

Mantap betul ini bank BTPN
Keuntungan yang didapatkan sangat menarik ,salah satunya adalah bebas administrasi dan bebas biaya transfer.

Reply
Rini Novitasari September 11, 2019 - 8:00 am

Aku udah pakai jenius lumayan lama nih. So far masih kepake krna better than else sih. Praktis juga pengoperasiannya aku sukak.

Masih punya cc krna free biaya admin. Tapi pengen lepas biar dikit2 ga belanja dan tergoda. Hehe

Reply
Indriany September 11, 2019 - 10:32 am

Otw download jenius kaka buat nyoba

Reply
jalan dan makan September 11, 2019 - 10:46 am

wah banyak sekali keuntungannya apa ada bank syariahnya

Reply
Ginting Praba Waluyo September 11, 2019 - 4:37 pm

Kalau aku memanfaatkan jenius untuk sekedar transfer sih bang. Karena nggak kena biaya apapun

Reply
Sabda Awal September 12, 2019 - 9:12 pm

kalau mau bebas transfer bisa pakai flip

Reply
SUFYAN September 12, 2019 - 4:55 pm

Kartu ATM nya mirip kartu kredit bank mandiri.
Yang jelas di segi fiturnya memang tampak lengkap dan terkesan profesional

Reply
Asep Rohimat September 12, 2019 - 8:41 pm

Susah daftarnya mesti ada NPWP segala

Reply
Syarifani Mulyana September 13, 2019 - 12:56 pm

Berhubung udah ngga punya kartu kredit jadi pengen punya e card. Dan lebih aman soalnya harus Top Up dulu. Maksimal limit transaksi per bulannya ngga ada ya ?

Reply
Sabda Awal September 13, 2019 - 8:17 pm

limitnya 100 juta pertransaksi mbak

Reply
niklosebelas September 13, 2019 - 1:52 pm

Menarik banget nih apalagi yang Dream dan Maxi server, bikin kebiasaan nabung jadi lebih terarah ya

Reply
Dwi Wahyudi September 14, 2019 - 8:01 am

Mantap nih Bang fasilitas Kartu Debit Jenius BTPN, saye dah biase pakai sejak beberapa tahun lalu. Benar-benar membantu fitur yang dimiliki.

Reply
Rudi Chandra September 15, 2019 - 12:10 pm

Keren juga ya mas.
Banyak keuntungannya lagi.

Reply
Irsyad September 15, 2019 - 7:30 pm

Boljug nih fitur-fiturnya. Kedepan semoga ada fitur syariahnya ya. Yg terpenting sih, tidak banyak kena biaya potongan admnistrasi dan embel-embel lainnya. Hehe

Reply
Sabda Awal September 18, 2019 - 10:07 pm

nah ini yang penting, free biaya admin

Reply
Yuni September 16, 2019 - 12:31 pm

Waaah Terimakasih banyak mas, informasinya sangat lengkap. Saya jadi tahu ternyata membuka tabungan jenius itu gak ribet ya, bahkan untuk bertransaksi pun mudah, tak ada biaya tambahan. Jadi pengen punya tabungan jenius, syukur-syukur ada tabungan jenius syariah…..pastinya bakal diburu para penggunanya yg mayoritas beragama muslim.

Reply
Aorlin September 17, 2019 - 3:06 am

terima kasih ulsannya mas! bermanfaat

Reply
thya September 17, 2019 - 2:05 pm

waw, sama dong mas sabda..
Aku juga pakai tabungan jenius. Enak, banyak keuntungannya. yang paling asik sih bebas biaya transfer beda bank. terus nabung di jenius juga bunga nya lumayan besar. hihi..

Aku juga sama kayak mas sabda, punya beberapa rekening bank. tapi semenjak pakai jenius kok kayaknya pingin tutup aja rekening yang lain. Soalnya semua udah bisa dipisah2in di jenius. Bisa di flexi saver, dream saver atau maxi saver. satu rekening, banyak kegunaan 😀

Reply
Sabda Awal September 17, 2019 - 7:36 pm

memang jenius ini memudahkan sekali. saya pengen seutuhnya pindah ke jenius

Reply
aan widi September 18, 2019 - 9:30 am

Mantap, tabungan dengan fitur yang banyak bebasnya, apalagi kartu debitnya multifungsi, bolehlah jd pertimbangan

Reply
Sabda Awal September 18, 2019 - 10:06 pm

kartu debitnya memang memanjakan banget

Reply
Djangkaru Bumi September 18, 2019 - 7:29 pm

Sudah beberapa balik kemari, eh ternyata belum ada yang baru.
Jangan lama-lama hiatusnya.

Reply
Sabda Awal September 18, 2019 - 10:05 pm

haha, artikel update 2 minggu sekali mas. udah jadwal saya

Reply
Riza Alhusna September 19, 2019 - 11:31 am

Buset lengakp banget lu jelasinnya. Kaya CS Jenius aja, wkwkwk

Reply
Sabda Awal September 19, 2019 - 8:15 pm

hahaha, iya nih berasa CS

Reply
dzikrul September 19, 2019 - 1:28 pm

wah ternyata banyak juga keuntungan yang bisa diperoleh dari Bank BTPN ya..

Reply
Mugniar September 21, 2019 - 8:04 am

Sekarang simple ya, rekening bisa dibuka secara online. Di BTPN pun demikian

Reply
agi tiara September 21, 2019 - 3:41 pm

suka banget sih pake jenius ini karena akhirnya ada juga debit card yang bisa dipake berbelanja online nggak pake ribet. biasa aku pake untuk belanja di appstore dan etsy hehehe tapi kerasa juga jadi boros (iya ada fitur nabungnya tapi gimana sih rasanya keluar negeri juga jadi gampang banget pake debit semenjak pake jenius ini hmm)

Reply
Sabda Awal September 21, 2019 - 5:49 pm

bener mbak, di beberapa pengakuan, bisa dipakai buat mrt singapura langsung lho

Reply
Hendra Suhendra September 21, 2019 - 4:58 pm

Ada sedikit koreksi, di situ tertulis maxi server, mungkin seharusnya maxi saver. Banyak ya benefitnya. Saya baru tau detail produk Jenius di artikel sekarang ini. Apalagi kartu debit serasa kartu kredit.

Reply
Sabda Awal September 21, 2019 - 5:48 pm

terimakasih mas udah dikoreksi. ga ada ruginya juga sih bikin rekening jenius. karena bebas biaya admin

Reply
evrinasp September 21, 2019 - 5:38 pm

Kalau bebas biaya, bank dapat untungnya dari mana ya? Saya juga udah kebanyakan akun bank, soalnya keperluannya beda2, baru tau kalau tabungan jenius ini serba online, ternyata bisa jadi CC juga

Reply
Sabda Awal September 21, 2019 - 5:47 pm

sebenarnya mbak kalau perbankan luar negeri itu ga mengenakan biaya admin, karena mereka gunain duit kita buat usaha. di indo aja yang masih kena biaya admin

Reply
Rohyati Sofjan September 25, 2019 - 2:45 pm

Sudah 2 kali saya terima pembayaran dari job content placement pakai Jenius. Keren banget da cepat dan tidak ada potongan. Saya senang jadinya. Coba kalau media massa yang biasa bayar honor saya juga pakai Jenius, paling cuna untuk PPH saja potongannya.
Yang e-card benar-benar bermanfaat bagi penggunanya. Untuk istri yang tidak pintar atur keuangan plus anak mereka yang sesekali butuh untuk keperluan sekolah dan jajan di toserba atau apalah.
Bagi saya BTPN inovatif. Produk yang ditawarkannya cocok banget bagi dunia digital yang terus berkembang.

Reply
Sabda Awal September 26, 2019 - 7:37 am

memang Jenius ini bisa diandalikan sekali karena kemudahan dan inovasinya. e-card ini benar-benar membantu orang seperti saya untuk pembayaran transaksi yang membutuhkan kartu kredit

Reply
Nurul Sufitri September 26, 2019 - 3:03 pm

Enak banget bisa bebas biaya transfer antar bank. Bunga depositonya bisa sampai 7% ya heheh mantap deh Tabungan Jenius BTPN.

Reply
Diki September 26, 2019 - 8:30 pm

Sayangnya msh pake sistem ribawi..

Reply
Ekopriantoblog.id September 27, 2019 - 5:07 pm

Saya juga pakai ini nih,,,,gratisnya beneran,,,,daftar gratis, gak ada minimal saldo, transfer antar bank gratis, dan pas daftar atm diantar ke rumah,,,,semuanya serba dirumah deh,,,,tanpa harua sibuk antri di kantor cabang hhhe

Reply
Sabda Awal September 28, 2019 - 10:30 am

benar sekali mas

Reply
dita September 28, 2019 - 11:00 am

iiih sama banget ini kek saya. udah punya tabungan di beberapa bank tapi tetep aja tergiur sama jenius.
sejauh ini alhamdulillah memang bermanfaat, terutama buat beli tiket, pesen hotel, bayar apply visa, bayar transportasi di LN, dan transaksi internasional lainnya. soalnya saya nggak punya kartu kredit.

Reply
Sabda Awal September 29, 2019 - 6:33 pm

fitur-fiturnya memang bagus banget mbak, saya pribadi suka sama e-card nya

Reply
Lusi September 29, 2019 - 3:08 pm

Jenius lagi hype banget ya. Baru sekarang baca review yang benar2 lengkap. Asik banget itu buka bisa video call. Males banget ke bank konvensional harus antri & ngisi banyak form.

Reply
Reza Andrian October 5, 2019 - 8:06 pm

Udah pakai Jenius dari setahun yang lalu dan suka banget karena bebas dari biaya admin. e-Cardnya juga membantu banget karena bisa dipake buat transaksi secara online di situs besar (meski enggak semuanya).
Tapi kembali lagi, sih, gue daftar Jenius ini sebenarnya buat nabung, bukan buat belanja. 😀

Reply
Sabda Awal October 7, 2019 - 7:25 am

nabung di savernya memang menggiurkan, kalo saya memang pakai e-card nya

Reply