Manfaat Website Untuk Bisnis di Era Digital

by Sabda Awal
Manfaat Website Untuk Bisnis di Era Digital

Di era serba digital seperti saat ini, inovasi dalam kegiatan bisnis untuk perusahaan anda juga sangat penting dan dibutuhkan. Tanpa melakukan inovasi berarti, aktivitas bisnis anda dijamin akan ketinggalan jaman dan mungkin kalah dengan pesaing yang lebih inovatif sehingga mengakibatkan bisnis anda menjadi tutup.

Salah satu pintu paling depan untuk masuk menuju ke dunia digital ini adalah melalui website. Ya, hampir semua perusahaan atau kegiatan bisnis jaman sekarang membuat website yang dapat berguna sebagai pintu menuju inovasi mereka ke dunia yang lebih digital.

Hal ini tentu saja bukan tanpa sebab, karena faktanya website memiliki banyak manfaat untuk kegiatan bisnis.

Apa saja hal tersebut? Manfaat website untuk bisnis ini akan saya jelaskan di artikel ini, namun sebelum menuju kesana akan lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu tentang apa itu website.

Manfaat Website Untuk Bisnis di Era Digital

Apa Itu Website?

Ada sebagian orang yang bilang website atau web merupakan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama memiliki koneksi jaringan internet. Ada pula Website lain menuliskan web merupakan alat komunikasi online yang menggunakan internet untuk penyebarannya.

Apapun bahasanya, yang pasti kita semua setuju bahwa website merupakan kumpulan halaman yang menampilkan berbagai informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video atau gabungan dari semuanya, baik itu bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing – masing dihubungkan dengan jaringan – jaringan halaman (hyperlink).

Secara terminologi website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya ada di dalam World Wide Web atau sering kita sebut WWW di Internet. WWW terdiri dari semua situs yang tersedia untuk publik.

Halaman sebuah situs web (web page) diakses dari URL yang menjadi β€œakar” ( root ), yang selanjutnya disebut homepage (beranda). URL ini berfungsi untuk mengatur halaman web menjadi sebuah hirarki.

Fungsinya adalah untuk mengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Sebuah Web page merupakan dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), dan hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan ke para pemakai lewat web browser. Seluruh publikasi dari website tersebut membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Manfaat Website Untuk Bisnis di Era Digital

Web page layaknya sebagai sebuah buku yang bisa menampung berbagai informasi banyak hal baik bersifat komersil maupun non komersil. Melalui media web inilah seseorang bisa memberikan informasi tertentu kepada orang lain yang berada di seluruh dunia.

Website sendiri mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1998, dimana saat itu hanya perusahaan besar saja yang mampu memilikinya. Pada masa itu, website merupakan sebuah teknologi yang mahal. Sehingga banyak pengusaha maupun produsen mengurungkan niat mereka untuk dapat memiliki media promosi ini.

Langkanya penyedia jasa pembuatan web yang menawarkan harga murah membuat keinginan perusahaan-perusahaan tersebut untuk memiliki sebuah website murah hanya menjadi sebuah mimpi.

Namun itu tahun 1998, kini di tahun 2018 semakin banyak jasa pembuatan website yang memiliki harga murah. Dan seperti yang kami bahas diatas, semakin murah harga pembuatan website anda harus semakin waspada dan teliti.

Berikut ini hal yang perlu diperhatikan saat anda membeli website murah untuk tujuan bisnis. Nah setelah mengerti definisi tentang website lebih baik, berikut ini merupakan beberapa manfaat memiliki website untuk bisnis anda.

Ini Dia Manfaat Website Untuk Bisnis anda!

1. Menjadi Nomor Satu di Google

Apa yang dilakukan anda sebagai konsumen ketika ingin membeli suatu barang secara online? Dari mana mereka mendapatkan informasi tentang produk yang akan dibeli? Jawabannya adalah Google. Yup bisa dengan Googling tentang perusahaan tersebut.

Sudah menjadi salah satu kebiasaan dari para calon konsumen untuk mencari informasi produk yang akan dibeli melalui mesin pencari Google. Menurut penelitian yang dilakukan oleh AdWeek, sebanyak 81 persen konsumen mencari informasi produk terlebih dahulu di Google, baru selanjutnya memutuskan pembelian.

Apa yang terjadi jika produk Anda tidak muncul di hasil pencarian Google? Tentu calon konsumen dengan mudah beralih ke produk lain atau saingan anda yang sebelumnya telah mereka lihat di hasil pencarian Google. Tidak mau kan hal tersebut kejadian?

Manfaat Website Untuk Bisnis di Era Digital

2. Menambah Kepercayaan Konsumen

Manfaat website yang selanjutnya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada perusahaan atau bisnis yang Anda sedang jalankan. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya bahwa 81 persen konsumen mencari informasi produk di Google dulu baru kemudian melakukan pembelian.

Dengan munculnya website Anda di hasil pencarian Google, tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda pastinya akan meningkat. Berdasarkan survey dari Verisign, 65 persen pemilik bisnis mengatakan bahwa website akan membuat bisnis mereka menjadi lebih kredibel atau terpercaya.

Bahkan 60 persen pemilik bisnis mengungkapkan, website adalah salah satu kunci sukses dari sebuah bisnis di masa kini.

3. Sebagai Toko Pusat

Mungkin Anda sudah berjualan online di marketplace atau media sosial. Akan tetapi, Tentu saja Anda akan kesulitan untuk membangun merek jika hanya menggunakan kedua platform tersebut. Karena media sosial bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu kanal marketing untuk mendorong calon konsumen di media sosial supaya mengunjungi website toko online.

Di sisi lain untuk marketplace, Anda bisa memanfaatkannya cukup sebagai cabang dari website toko online Anda. Sebab, di marketplace Anda hanya menumpang atau menyewa lapak dari pemilik marketplace. Jika ada masalah dan perubahan kebijakan di marketplace, tentu Anda harus mengikuti peraturan dari pemilik marketplace tersebut.

Berbeda jika membangun website toko online mandiri karena Anda adalah pemilik toko, bukan hanya sekadar penyewa lapak. Semua pengelolaan ada di tangan Anda sehingga tidak perlu khawatir tentang kebijakan atau peraturan dari orang lain tersebut.

4. Punya Email Dengan Domain Sendiri

Dengan memiliki sebuah website Anda juga bisa memiliki email dengan domain website. Jadi alamat email Anda tidak lagi menggunakan nama domain gratis seperti Google, Yahoo, dll. Selain akan membuat bisnis anda terlihat profesional, dengan menggunakan email domain perusahaan, kredibilitas dari usaha Anda juga akan meningkat di mata pelanggan.

Manfaat Website Untuk Bisnis di Era Digital

Nah berikut tadi merupakan beberapa manfaat dari website untuk kegiatan bisnis anda! dan yang perlu diperhatikan, website ini tidak hanya bermanfaat untuk kegiatan bisnis di kota tapi juga di desa atau yang lebih dikenal dengan web desa. Setiap desa yang ingin mempromosikan potensi daerahnya bisa menggunakan website sebagai media informasi digital yang dapat menjangkau kalangan yang lebih luas.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment

39 comments

the kamasutress May 11, 2019 - 2:02 am

ogut gak butuh jadi nomor satu di google..
ogut maunya jadi nomor satu di hatinya dia

#eeaaaaaaaa

Reply
asnaji May 14, 2019 - 6:53 am

preeeet……

Reply
$cocoper6 May 15, 2019 - 10:08 pm

#crottt

Becanda hehehe bisa aja ngegembel hehehe ups, ngegombal

Reply
Bang Day May 11, 2019 - 3:19 am

Sekarang mencari informasi atmpun ngandelin website. Apalagi jika ingin bisnisnya dikenal yah

Reply
kuanyu May 11, 2019 - 6:38 pm

Bermanfaat infonya gan, terutama untuk para penjual barang-barang online, yang mana jaman sekarang ini banyak sekali penipuan yang menyebsbkan konsumen lebih berhati-hati ketika ingin berbenja di toko online, disinilah letak keunggulan bagi mereka yang mempunyai website ataupun toko online

pembeli akan mudah percaya apalagi sudah menggunakan domain berbayar dengan begitu website atau toko online akan lebih terlihat elegan dibandingkan yang hanya mengandalkan instagram ataupun medua sosial untuk berjualan

Reply
Sabda Awal May 12, 2019 - 9:04 am

toko online bisa memberikan kepercayaan lebih kepada konsumen

Reply
kuanyu May 14, 2019 - 7:07 pm

iya gan,..konsumen jadi lebih percaya

Reply
Andi Nugraha May 12, 2019 - 1:17 am

Setuju manfaat banget memang. Terlebih bagi mereka yang kepo lebih akan perusahaan atau informasi terkait yang dicari. Dengan mengunjungi website semuanya tersedia sampai ke medsos-medsosnya.

Reply
Sabda Awal May 12, 2019 - 9:03 am

dengan website lebih mudah mencari informasi tentang perusahaan

Reply
rezkypratama May 12, 2019 - 9:13 am

nomor 1 di google biar visitornya banyak
ehe

Reply
Webillian May 12, 2019 - 11:13 am

Memang sampai sekarang website masih menjadi media informasi yang ampuh dibandingkan dengan hanya sekedar medsos

Reply
Dudukpalingdepan May 12, 2019 - 11:55 am

Saya dulu juga pernah nyoba merintis bisnis pakaian, dan memang adanya website sangat membantu penjualan atau brand awarness. Sampai pernah mau diajak collab market place nasional. Sayangnya karena problem internal bisnisnya nggak lanjut :’)

Reply
Kehidupan Yang Lurus May 12, 2019 - 3:43 pm

di malaysia bang web malah lebih populer di baca di banding magazine

Reply
Reyne Raea May 12, 2019 - 6:37 pm

Paling setuju dalam hal menambah kepercayaan konsumen.

Zaman sekarang, kalau ada website resmi, orang jadi lebih merasa aman dan familer dalam bertransaksi dengan produk yang dijual.

Terlebih kalau websitenya selalu update.

Dan iyess, setuju banget kalau website amat sangat bermanfaat bagi bisnis di era digital ini, justru aneh banget kalau ada bisnis yang masih anti website hahaha

Reply
Sri sekartadji May 12, 2019 - 11:38 pm

Setuju mas, asyik juga mungkin ya, punya email dengan nama domain sendiri.

Reply
herva yulyanti May 13, 2019 - 10:15 am

Setuju menambah kepercayaan customer kang soalnya lebih detail kalau ada websitenya dan bisa dianggap meyakinkan bisnisnya

Reply
zunif May 13, 2019 - 10:20 pm

jaman sekarang memang bisnis sudah mulai hijrah ke dunia digital ya gan, agar tidak semakin tertinggal, mungkin untuk marketing dan pengenalan produk dan apalagi penjualan sudah banyak sekali website yang perlu punya website sendiri, untuk menambah omzet kalau seandainya sudah ada lapak di dunia nyata,, karena potensi pasar internet sangat terbuka lebar ya, itu sih kalau menurut saya gan,, mohon maaf kalau ada yang salah hehee πŸ˜€

Reply
Sabda Awal May 15, 2019 - 6:19 pm

bener sekali, website mampu mendongkrak pendapatan

Reply
zunif May 23, 2019 - 9:34 pm

kata teman ane sekarang yang lagi ngetrend di indonesia youtuber dan IG gan, kebetulan ane nggak aktif di kedua situs tersebut, apa kedua situs tersebut juga potensial untuk bisnis usaha ya gan?

Reply
Sabda Awal May 24, 2019 - 8:05 am

ig iya sih, tapi kalau youtube ga tau dah, hahaha

Reply
asnaji May 14, 2019 - 6:57 am

website merupakan media satu satunya untuk pengembang bisnis, apa lagi saat sekarang ini dunia sosial media makin berkembang. dengan berpromosi lewat website maka peluang berkembangnya bisnis semakin pesat

Reply
Defi Purnama May 14, 2019 - 7:26 am

Manfaat website untuk bisnis di era digital memang banyak sekali ya mas, terutama untuk membangun kepercayaan pelanggan/konsumen.

Reply
Bocah Udik May 14, 2019 - 8:42 am

Email sendiri itu cuma terlihat professional aja. Tapi menurutku tak ada pengaruhnya ke bisnis.

Untuk jadi halaman 1 google, kita juga harus tau pangsa pasar kan ya…

Reply
tia May 14, 2019 - 10:23 am

bener banget mas sabda..
di era digital ini kalau mau menjalani bisnis, terutama bisnis online harus banget punya website supaya lebih terpercaya yaa dan lebih profesional..

Reply
Aul Howler May 14, 2019 - 5:28 pm

So trueee

Bahkan yang mau branding pribadi juga mesti punya
Wong orang biasa aja pada punya website personal gitu kan kebanyakan hihi

Reply
Uyo Yahya May 15, 2019 - 8:44 pm

untuk menandakan profesionalisme! dan keren juga saat ada orang nanya banyak tentang satu hal tinggal bilang aja: visit blablabla.com aja ya semua informasi ada di sana.

Reply
Djangkaru Bumi May 15, 2019 - 11:14 pm

Menambah kepercayaan konsumen, sehingga tidak heran jika sekarang banyak website bermunculan.
Semakin sadar betapa pentingnya website bagi bisnis atau usahanya.

Reply
Sopyan nc May 16, 2019 - 1:19 pm

Website merupakan produsen bagi search engine mau pun visitor
Mempunyai web banyak sih bisa faktor bisnis atau sekedar eksist
Tp yg jelas mempunyai website pribadi menambah kepercayaan diri dan kepercayaan konsumen apabila berbisnis

Reply
Sabda Awal May 16, 2019 - 7:20 pm

benar sekali

Reply
Satria Mwb May 16, 2019 - 7:38 pm

Era teknologi sekarang memang perlu menggunakan website demi menunjang aktivitas bisnis mau pun usaha…Agar punya perfoma menarik..

Reply
Einid Shandy May 16, 2019 - 8:09 pm

Hai Kak…
Aku suka manfaatnya website untuk bisnis, memang. Aku sendiri yang suka cari sesuatu juga masih browsing di internet dan pasti menemukan beberap situs dan bisa cari tahu lebih lanjut lewat situsnya.
Kalau situsnya menarik, biasanya jadi tertarik dan lebih percaya saja.

Reply
Maschun Sofwan May 17, 2019 - 8:15 am

betul banget, banyak dari brand dan perusahaan terkenal dan sukses menggunakan website dan mengelolahnya dengan baik untuk produk dan jasa mereka.

Reply
Man May 17, 2019 - 7:21 pm

Kalo mau laku jualan barang yang maenstream gitu kayaknya butuh banget website ya, kadang orang memakai website buat memperluas lagi daya cakup penjualan produknya. Pokoknya berguna banget dah. Apalagi makhluk tukang curhat kayak aku gini bikin ya sejenis blog personal lah bisa aja kok ngasilin uang. Mudyahh

Reply
Sabda Awal May 17, 2019 - 7:52 pm

blog personal aja bisa menghasilan uang apalagi situs ya, cakep deh

Reply
jalan dan makan May 18, 2019 - 2:39 am

hari gini gak punya website aku banget tuh , punya cuma blog gratisan di blogspot

Reply
Akhmad Muhaimin Azzet May 19, 2019 - 1:19 pm

Bisnis jadi lancar dan sukses ya, Kang…

Reply
Dyah May 23, 2019 - 8:19 pm

Sekarang, promosi paling afdol memang lewat internet ya. Apalagi konsumen semakin lama semakin melek internet. Apa-apa cek ke Google.

Reply
Riza Alhusna June 7, 2019 - 4:05 pm

Cieh yang udah punya domain sendiri…

Wkwkwkwk

Reply
Siyoo.id June 29, 2019 - 10:46 am

Saya punya email dengan nama website saya juga rasanya bangga banget

Reply