Pengalaman Menabung Emas Mulai Dari Rp 500 di Indogold

by Sabda Awal
menabung emas mulai dari rp 500 di indogold

Dari judul bukan mengada-ngada apalagi clickbait. Beli permen yang harga Rp 500 bisa untuk membeli dan menabung emas. Ini beneran, karena investasi sudah berinovasi mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan.

Dulu, kalau dengar saham barangkali anda berpikir investasi ini cuma untuk orang kaya. Sekarang bisa anda lihat sendiri kenyataannya dengan modal Rp 100.000 bisa beli saham. Begitu juga dengan emas.

Ngomong-ngomong soal investasi, emas masih menjadi salah satu instrumen favorit banyak orang. Ada 2 alasan yang bikin emas jadi idola.

Pertama, mudah dicairkan. Kemanapun anda membawa emas untuk dijual kembali, semua orang menerimanya. Mau itu emas mentah, emas jadi dengan atau tanpa sertifikat sekalipun tetap laku dijual.

Kedua, investasi tanpa khawatir. Jika anda investasi emas, anda tidak khawatir dengan harga emas yang jungkir balik sekalipun, hehe. Karena harganya mengikut inflasi dan suku bunga. Sedangkan investasi sektor lain kalau harganya jatuh bikin deg-deg-an. Bahkan, seandainya di masa depan uang kertas tidak bernilai lagi maka emas dan perak akan menjadi pengganti. No Worry

Investasi emas di zaman sekarang berbeda jauh dengan zaman dulu.

Investasi emas berevolusi mengikuti kebutuhan sesuai dengan keinginan banyak orang yaitu investasi anti mahal dan ribet klub. Syukurnya banyak penyedia layanan jual-beli emas yang bermunculan yang menjawab keinginan ini.

Bayangkan, dulu beli emas harus dengan berat sekian gram. Harganya pun masih susah dijangkau bagi orang kebanyakan. Belum lagi kalau sudah beli, lalu was-was menyimpannya. Bisa hilang, kecurian atau bencana alam.

Dulu jual-beli emas harus datang ke toko. Oke ke tokonya sih santuy, tapi begitu bawa pulang emas jadi was-was. Gimana kalau dijalan terjadi apa-apa?

Dunia teknologi pun menjawab, sekarang bisa beli emas secara onlne. Klik, transfer, emas dikirim. Anda tinggal duduk manis di rumah menunggu logam mulia ini sampai ke pangkuan anda.

Cara Baru Investasi Emas, Ya Menabung Emas

Pilihan investasi emas tidak hanya sebatas beli fisik lalu simpan sendiri atau sewa tempat penyimpanan. Sekarang emas bisa ditabung lho.

Konsep menabung emas itu sama seperti menabung uang. Eh, tapi jangan kira menabung emas harus menyetor emas juga. Beda.

Jadi, misal nih harga emas Rp 700ribu/gram, anda transfer Rp 700ribu kemudian uang tersebut akan dikonversi sebanyak 1 gram emas yang tersimpan dalam akun anda.

Tunggu dulu.

Karena konsep yang digunakan menabung, maka anda dapat membeli emas dengan nominal kecil, bahkan Rp 500 juga sudah dapat emas. Beli sedikit demi sedikit lama-lama 1 kilo, hehe.

Tabungan emas ini bisa anda cairkan menjadi uang atau bisa juga diubah menjadi bentuk fisik lho. Inilah kemudahan menabung emas.

Jika butuh uang mendadak, anda dapat menjual emas pada saat itu juga. Apalagi sistem yang dipakai online dan menggunakan teknologi. Cukup klik tombol jual, saldo emas anda terjual seketika.

Hati-Hati Menabung Emas!

Lah tadi disuruh menabung emas, sekarang diwanti-wanti?

Tenang dulu.

Memang menabung emas itu menggiurkan karena murah dan mudah. Beli bisa nominal kecil dan secara online.

Ada banyak platform penyedia jual-beli emas dan punya fasilitas menabung emas. Tapi anda tetap harus hati-hati, pasalnya saldo emas ini tersimpan di akun anda secara online.

Anda tidak mau tabungan emas raib karena menabung emas di perusahaan bodong, bukan? Alangkah lebih bijak kalau anda pilih yang punya legalitas.

Apapun ceritanya yang terdaftar pada lembaga pengawas atau yang konsen ke perusahaan sejenis ini pasti membuat kita sebagai konsumen merasa aman.

Saya sempat browsing di Otoritas Jasa Keuangan tentang ’emas’ dan yang saya temukan hanya satu perusahaan yaitu Indogold.

Anda dapat mengeceknya langsung disini (situs OJK). Per 13 Januari 2020, Indogold (PT Indogold Solusi Gadai) satu-satunya perusahaan Inovasi Keuangan Digital (IKD) sebagai gold online depository yang tercatat.

Indogold tercatat di OJK

Saya sendiri masih belum menemukan maksud dari gold online depository ini, mungkin pembaca ada yang tahu? Mohon bantu jawab di kolom komentar.

Memang Iya Bisa Beli Emas Cuma Rp 500?

Berbekal dari pengecekan dari situs OJK diatas, akhirnya saya pun mengunjungi situs Indogold. Di halaman awal langsung disambut beranda dengan tulisan investasi emas mulai dari Rp 500.

menabung emas di indogold
Halaman awal Indogold

Ssttt.. saya pun coba untuk beli Rp 500, ini benar atau tidak. Setelah berhasil mendaftar, lalu langsung uji coba beli emas.

  1. Saya masukkan jumlah emas seberat 0,0007 gram dengan harga Rp 545.
  2. Pilih metode pembayaran dengan GoPay
  3. Transaksi saya lanjutkan hingga proses pembayaran dengan QRIS
  4. Saya cek saldo sudah bertambah 0,0007 gram!
menabung emas di indogold
Beli emas sejumlah 0,0007 gram dengan pembayaran pakai GoPay
menabung emas di indogold
Bayar pakai GoPay, simple dan cepat
menabung emas di indogold
Saldo Emas Bertambah!!!

Dari pengalaman ini akhirnya saya mengangkatnya jadi tulisan. Ternyata benar beli emas bisa dengan Rp 500 saja. Semua orang bisa punya emas dengan menabung emas di Indogold. Murah dan mudah.

Bayangkan dengan pembelian nominal yang kecil dan anda konsisten selama beberapa tahun. Maka, dimasa depan anda sudah punya investasi pegangan yang bisa diandalkan.

Anda juga bisa mencoba menabung emas di Indogold seperti yang saya lakukan.

Oh iya, saya paling suka dengan metode pembayaran yang beragam di Indogold dengan pilihan transfer berbagai bank, GoPay dan Ovo.

Baca juga : Menabung, cicil, jual, beli emas secara online di Indogold

Kesimpulan

Investasi emas sekarang murah dan mudah dengan konsep menabung emas. Kini semua orang bisa menabung emas, tapi ingat pilihlah platform/perusahaan yang terpercaya.

Apakah menabung emas di Indogold terpercaya? Berdasarkan pengecekan di situs Otoritas Jasa Keuangan, Indogold merupakan satu-satunya Inovasi Keuangan Digital yang tercatat sebagai gold online inventory per 13 Januari 2020.

Menabung emas di Indogold sangat murah, mulai dari Rp 500 saja.

Selamat menabung emas, selamat berinvestasi!

Related Posts

Leave a Comment

37 comments

Pengalaman Saya Membeli Emas Secara Online di IndoGold - BlogSabda.com March 5, 2020 - 12:12 pm

[…] Update Maret 2020 : Pengalaman Menabung Emas Mulai Dari Rp 500 di Indogold […]

Reply
Benarkah Investasi Tabungan Emas Pegadaian Rugi ? - BlogSabda.com March 5, 2020 - 12:13 pm

[…] Baca Juga : Pengalaman Menabung Emas Mulai Dari Rp 500 di IndoGold […]

Reply
Satria Mwb March 5, 2020 - 8:59 pm

Waah sepertinya cukup menarik nih mas nabung ala IndoGold meski ada syarat prosedurnya tetapi tidak kwhatir.

Reply
Sabda Awal March 9, 2020 - 9:41 am

Syarat-syaratnya mudah Mas, apalagi sudah tercatat di OJK kan

Reply
arenapublik March 5, 2020 - 10:45 pm

kalau saya langsung beli emasnya di antam atau pegadaian mas 😀 hehe tapi ini bisa juga dan menggiurkan

Reply
Sabda Awal March 9, 2020 - 9:42 am

Beli emas batangan juga bisa di Indogold lho, garansi pengiriman

Reply
Traveler Koding March 6, 2020 - 8:02 am

Investasi sekarang jadi lebih mudah ya, tidak perlu modal yang besar untuk bisa investasi.. Kecil kecil tapi lama lama jadi bukit 😀

Reply
Sabda Awal March 9, 2020 - 9:42 am

Benar sekali

Reply
Greatnesia March 6, 2020 - 2:21 pm

Asik nih kalau bisa menerima gopay dan ovo, jadi tidak ribet dan makin mudah.

Reply
Riza Alhusna March 6, 2020 - 5:24 pm

Alhamdulillah, sebrang kantor gw gedungnya Antam. Tinggal nyebrang ajah…

Tapi buat yang suka onlen-onlen, silakan di coba beli di Indogold.

Reply
Liswanti March 7, 2020 - 11:52 pm

Jadi pengen nambah tabungan emas juga. Mau cek juga indogold ini ah. Soalnya sekarang lagi suka banget nabung emas.

Reply
Hastira March 8, 2020 - 3:00 am

makasih infonya

Reply
Roem Widianto March 8, 2020 - 6:37 am

Nabung emas memang terobosan yang cemerlang menurutku. Ketika beli emas batangan entah mengapa aku merasa was-was. Was-was saat bawa emasnya pulang, was-was kalau nanti rusak saat aku simpan sendiri, was-was dicuri maling atau diambil tuyul. Hehehe.

Karena dengan menabung emas kita tidak memegang emasnya secara fisik, jadi was-was yang disebutkan tadi tidak akan terjadi. Hanya saja jadi berganti was-was nabung di perusahaan investasi bodong. Tapi hal itu tentu tidak terjadi jika perusahaan sudah terdaftar di OJK seperti Indofood ini. Apalagi dengan iming-iming bisa nabung emas dengan uang 500perak. Jatah uang saku anak TK aja sudah 10.000 rupiah lho. 😀

Reply
Sabda Awal March 9, 2020 - 9:39 am

Nah itu mbak, karena udah tercatat di OJK, jadi merasa nyaman meskipun nabung emas dan emasnya dipegang orang lain

Reply
Roem Widianto March 8, 2020 - 6:39 am

Eh, maaf, indogold maksudku. Typo. Hehehe.:-D

Reply
herva yulyanti March 9, 2020 - 11:22 am

wah baru tahu aku loh tentng indogold, aku juga nih lagi pengen nabung emas sudah bisan nabung uang karena cepet ketarik dan abis seketika wkwk

Reply
Nita Lana Faera March 11, 2020 - 8:18 am

Seiring perkembangan zaman, emas pun bisa dibeli secara online ya. Iya, yang terpenting mesti hati2, jangan sampe itu malah toko online fiktif. Asyik ini, menabung di Indogold pun bisa dimulai dari Rp. 500. Namanya tabungan, lama2 pun bisa jadi banyak deh emasnya. Dan asyiknya lagi, uangnya pun bisa diambil dalam bentuk uang juga.

Reply
Sabda Awal March 12, 2020 - 2:47 pm

Enaknya Indogold udah terdaftar sebagai online gold depository mbak, jd aman

Reply
Bang Day March 11, 2020 - 10:18 am

Saya juga ikutan emas mas sabda tapi di pegadaian digital. Cukup baik untuk investasi tapi saya kemarin agak salah karena emas ini saya hubungan dengan rekening bank. Jadinya mudah tergoda untuk mencairkan emasnya hehehe

Reply
Sabda Awal March 12, 2020 - 2:46 pm

wah wah ini mass, harus kontrol diri

Reply
Dani April 19, 2020 - 5:08 pm

Pegadaian cetak emasnya lebih mahal daripada indogold mas untuk jenis antam

Reply
Muyassaroh March 11, 2020 - 10:59 am

Punya tabungan emas tapi nggak seberapa banyak. Next harus coba juga beli di indogold 🙂

Reply
Sabda Awal March 12, 2020 - 2:46 pm

Harus dicoba mbak

Reply
3 Jenis Investasi yang Cocok Untuk Milenial Sebagai Investor Pemula - BlogSabda.com March 12, 2020 - 3:45 pm

[…] Tenang saja, beli emas di Indogold aman kok, karena sudah tercatat di OJK sebagai online gold depository. Ulasan lengkap sudah saya bahas terpisah pada artikel pengalaman menabung emas di Indogold mulai dari Rp 500. […]

Reply
Angelina March 14, 2020 - 10:32 pm

Halo.. mau tanya kalo di App indogold apa nantinya harus ada saldo mengendap / deposit / emas mengendap di akun kita? atau semuanya bisa ditarik sampai nol?

Dan kalau tarik barang / cetak emas bisa dikirim langsung ke alamat kita ya? itu boleh tau gak pakai ekspedisi apa di App indogold? Karena aku coba2 tapi ga muncul metode pengiriman. pilihan yang ada hanya bisa ambil di spot tertentu, padahal aku maunya dikirim sampai ke rumah.

Terima kasih sebelumnya nih mas Sabda, sangat berguna blognya untuk pencerahan 😀
Soalnya pas banget lagi mau beli nih di indogold, tapi CSnya lagi tutup kalo Sabtu Minggu jadi ga bisa ditanya :p

Reply
Sabda Awal March 15, 2020 - 7:06 pm

Bisa ditarik sampai 0,

Pertama-tama lakukan update profil untuk alamat Mbak, lalu pilih kirimnya ke alamat tujuan. Pengiriman melalui SAP

Reply
Angelina March 16, 2020 - 3:39 pm

Halo.. Makasih mas Sabda sudah di reply 🙂 untuk pengirimannya mas Sabda sudah pernah coba sendiri dan aman ya? hehe

Reply
Sabda Awal March 16, 2020 - 6:44 pm

Belum pernah mbak, saya pernahnya menjual kembali emas dalam bentuk saldo. minimal penjualan senilai Rp 10.000

Reply
Jual, Beli, Nabung dan Cicil Emas Secara Online di IndoGold - BlogSabda.com March 17, 2020 - 9:10 am

[…] artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang Indogold yang bisa menggunakan skema menabung emas mulai dari Rp 500. Nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi lebih jauh tentang situs […]

Reply
alennia March 27, 2020 - 11:09 pm

udah coba jual emasnya gak kk. takutnya bisa beli gak bisa dijual

Reply
Sabda Awal March 30, 2020 - 2:11 pm

bisa, saya pernah coba jual

Reply
Razali April 11, 2020 - 6:31 pm

Menurut abang mana rekomen nabung emas di indogold atau pegadaian, apa kelebihan dan kekurangan masing2

Reply
Sabda Awal April 12, 2020 - 10:51 am

Indogold.

Spread (selisih harga jual n harga beli ) : Indogold lebih baik.

Minimal pembelian :Indogold Rp 500, Pegadaian 0,01 gram.

Pembukaan rekening : Indogold (full online), Pegadaian (online, setelah itu jemput buku tabungan ke cabang pegadaian yg diinginkan)

Reply
Ricky Supriatna June 9, 2020 - 11:05 am

Bos, bagaimana jika NPWP di akun Indogold tidak diisi, apakah masih bisa melakukan jual beli emas, cetak emas secara fisik, atau mentransfer kembali uang ke rekening kita (jika emas itu sudah dijual) ?

Reply
Sabda Awal June 9, 2020 - 12:44 pm

Tetap bisa Pak. Data NPWP hanya berpengaruh kepada harga beli emas, sesuai dengan PPH 22 0,9 persen tanpa NPWP.

Tapi kalau pakai NPWP pajak yang dikenakan 0,45%.

Reply
isidompet.online June 23, 2020 - 7:36 pm

ini sama seperti yang di tokopedia itu ya gan? ada biaya simpan gak?

Reply
Sabda Awal June 23, 2020 - 8:22 pm

Tidak ada biaya simpan

Reply