Pengalaman Deposito Rp 10 Juta di BNI Syariah

by Sabda Awal
pengalaman deposito di bni syariah

Tanggal 6 Desember 2019 lalu saya membuat rekening deposito BNI Syariah. Ini memang menjadi target saya untuk menuliskannya di blog setelah sebelumnya saya menuliskan deposito di Bank Syariah Mandiri.

Awalnya saya tidak menduga akan mendepositokan uang saya di BNI Syariah, sampai akhirnya BNI Syariah mengunjungi kantor saya dalam rangka promosi berhubung baru buka kantor cabang di kota tempat saya kerja.

Promonya waktu itu, buka tabungan berjenis Mudharabah senilai Rp 5.000.000 akan mendapatkan undian produk rumah tangga. Walapun pada akhirnya saya cuma dapat notebook dan pulpen saja, hehehe.

Kesempatan kunjungan itu saya gunakan untuk bertanya tentang deposito BNI Syariah. Beberapa hal yang membuat saya tertarik yaitu :

  1. Tidak ada biaya pencairan bilyet
  2. Dapat dicairkan kapan saja meskipun belum jatuh tempo
  3. Tidak ada pinalti mencairkan deposito sebelum jatuh tempo dan tetap dapat bagi hasil

Pengalaman Saya Deposito BNI Syariah Senilai Rp 10.000.000

Saya bersyukur karena didampingi oleh pegawai BNI Syariah yang datang ke kantor saya. Proses pembukaan deposito harus datang ke kantor cabang terlebih dahulu.

Baik nasabah ataupun bukan nasabah BNI Syariah, tetap bisa membuat deposito lho! Jadi tidak harus buka tabungan dulu.

Akhirnya, saya mendepositokan sejumlah Rp 10.000.000 di BNI Syariah. Bilyet Deposito Hasanah seperti gambar di bawah ini. Bagian yang saya sensor adalah identitas yang saya anggap penting.

Pengalaman deposito BNI Syariah
Bilyet Depostio BNI Syariah milik saya

1. Syarat deposito BNI Syariah

Hanya bermodalkan KTP sebenarnya sudah cukup. Namun, lengkapnya persyaratannya yaitu :

  1. KTP / Paspor
  2. Setoran awal Rp 1.000.000
  3. Matrai 2 buah

Ada beberapa dokumen dari pihak bank yang akan ditandatangi, saya tidak memperhatikan dokumen apa saja. Yang pasti dokumen tersebut untuk kepentingan pembukaan deposito.

2. Bagi hasil deposito BNI Syariah

Persentase bagi hasil tergantung dari tenor yang anda pilih. Makin lama jangka waktu, makin besar persentasi bagi hasil yang akan anda peroleh.

Sementara itu, nilai bagi hasil dapat berbeda setiap bulannya tergantung pendapatan BNI Syariah itu sendiri.

Persentase bagi hasil antara Nasabah dan BNI Syariah

Perlu diketahui bahwa pencairan deposito dapat dilakukan kapan saja, tanpa pinalti dan tetap mendapatkan bagi hasil. Inilah keunggulan deposito milik BNI Syariah.

Selain itu, bagi hasil dapat ditransfer ke rekening tabungan atau dimasukkan ke deposito. Pada saat pembuatan deposito, anda sebaiknya menyampaikan perihal ini sesuai keinginan.

Adapun hasil bagi hasil deposito Rp 10.000.000 yang saya peroleh akan diupdate melalui tabel dibawah ini.

BulanBagi Hasil
JanuariRp 29.093
FebruariRp 28.447
MaretRp 30.308

Pajak. Dikenakan potongan pajak sebesar 20%. Jadi bagi hasil pada tabel diatas sudah dipotong pajak.

3. Ketentuan lainnya

Ketentuan ini saya ambil dari halaman belakang biliyet deposito. Ada 13 poin yang tertulis, namun saya pilihkan yang saya anggap penting saja :

  1. Bilyet deposito Hasanah ini dibuka berdasarkan prinsip Mudharabah.
  2. Bagi hasil Bilyet Deposito Hasanah dapat dibayarkan setiap bulan atau pada saat tanggal jatuh tempo.
  3. Hari bagi hasil dihitung mulai dari hari pembukaan Bilyet Deposito Hasanah sampai tanggal jatuh tempo dengan hari bagi hasil sesuai ketentuan yang berlaku.
  4. Bilyet Deposito Hasanah tidak dapat dipindahtangankan.
  5. Apabila Bilyet Deposito hilang, Deposan wajib memberitahukan kepada Bank dengan menyerahkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.
  6. Apabila Deposan meninggal dunia, uang simapanannya akan dibayarkan kepada ahli warisnya yang sah.
  7. Bilyet Deposan Hasanah dapat diperpanjang secara otomatis sesuai permintaan Deposan dengan nisbah bagi hasil yang berlaku saat perpanjangan.

Pertanyaan Umum tentang Deposito BNI Syariah

Informasi lengkap dapat mengunjungi situs resmi BNI Deposito IB Hasanah. Namun, beberapa pertanyaan umum yang mungkin ditanyakan saya rangkum dibawah ini.

Jika anda punya pertanyaan lainnya silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Syaratnya apa saja? KTP/Paspor

Berapa setoran minimal? Rp 1.000.000

Biaya yang dikeluarkan? Matrai 2 buah

Pilihan Tenornya? 1, 3, 6, 12 bulan

Bolehkah mencairkan deposito sebelum jatuh tempo? Boleh

Apakah ada pinalti? Tidak

Berapa bagi hasil yang diperoleh? Tergantung tenor dan pendapatan BNI Syariah

Dapatkah top up deposito? Boleh, kapan saja yang artinya membuat bilyet baru.

Dapatkah bagi hasil didepositokan? Ya, deposan dapat memilih untuk dimasukkan ke rekening tabungan atau deposito

Bagaimana cara mencairkan deposito? Dengan datang ke kantor cabang dan membawa biliyet deposito

Apakah deposito dapat dijadikan sebagai agunan? Bisa

***

Demikian ulasan saya tentang pengalaman deposito di BNI Syariah. Semoga artikel ini dapat menjadi refrensi untuk anda. Selamat berdeposito.

Related Posts

Leave a Comment

61 comments

Kopiah Putih January 21, 2020 - 8:32 am

Sepertinya enak nih deposito di BNI Syariah. Syaratnya mudah dan prosesnya juga simpel.
Terimakasih informasinya mas.

Reply
Sabda Awal January 23, 2020 - 12:37 pm

Sama-sama mas

Reply
CREAMENO January 21, 2020 - 10:18 am

Menarik juga produk depositonya karena nggak ada pinalti apabila mencairkan duluan (maklum kadang kalau ada kebutuhan mendadak, harus mencairkan deposito meski belum jatuh tempo) 😀 hihi, nanti saya pelajari lebih jauh lagi. Terima kasih untuk sharingnya mas~

Reply
Sabda Awal January 23, 2020 - 12:37 pm

yang jadi pertimbangan memang itu mbak, bisa dicairkan kapan saja, tanpa pinalti dan tetap dapat bagi hasil setiap bulan

Reply
Zein January 21, 2020 - 1:31 pm

Wah jadi pingin nyoba nih, prosentase bagi hasilnya sama seperti bsm tp yg ini tanpa pinalti.. Thx infonya bang

Reply
Sabda Awal January 23, 2020 - 12:36 pm

sama-sama

Reply
Pengalaman Deposito Rp 10 Juta Di Bank Syariah Mandiri - BlogSabda.com January 21, 2020 - 1:37 pm

[…] Baca juga pengalaman saya Deposito Rp 10 Juta di BNI Syariah. […]

Reply
ellafitria January 21, 2020 - 8:53 pm

Btw blm pernah pakai tabungan BNI Syariah sih. Tp kl syariah2 ini nggak ada biaya untuk potongan adm ya? Meskipum deposito blm jatuh tempo bisa diambil. Ntap, kapan2 coba ah kl punya cuan banyak. wkwk

Reply
Sabda Awal January 23, 2020 - 12:36 pm

silahkan dicoba mbak

Reply
pungkas nurrohman January 21, 2020 - 10:19 pm

Lumayan ya klo ada bni syariah gitu. Tpi sayang di manokwari belum ada. Padahal saya minat buat tabungan perencanaan.

Reply
Agus warteg January 22, 2020 - 1:11 pm

Wah, dari uang 10 juta itu dapat bagi hasil 29 ribu. Itu selama sebulan, tiga bulan, atau setahun kang?

Tapi lumayan juga sih, dari pada tabungan biasa, uang 5 JT bukannya nambah tapi malah berkurang hiksss…

Reply
Sabda Awal January 26, 2020 - 11:52 pm

bagi hasil didapatkan setiap bulan,

nah itu mas, kalau tabungan biasa malah habis karena biaya admin hehe

Reply
SUFYAN January 22, 2020 - 3:23 pm

Saya rasa ini keren. Apalagi ada embel embel syariah

Reply
Hanila PendarBintang January 22, 2020 - 3:24 pm

Wah..kayanya ga ribet sama sekali ya buat bikin Deposito di BNI Syariah.
Layak dicoba ini kalau ada dana lebih, hehehhee

Reply
Roem Widianto January 22, 2020 - 11:05 pm

Aku juga pernah pake deposito nya BNI Syariah ini, mas. Dan aku puas banget pakenya. Karena bisa diambil kapan saja tanpa kena pinalti. Hehehe. Karena gak ada pinalti, jadi ambil yang 12 bulan sekalian, biar bagi hasilnya lebih gede 50:50.

Reply
Sabda Awal January 23, 2020 - 12:31 pm

nah itu mba, saya suka BNIS karena ga ada pinaltinya,

Reply
arenapublik January 22, 2020 - 11:35 pm

mereka memainkan dana deposito dan dapat keuntungan dari mana ya mas bank itu? hehe
masih agak bngung terlebih label syariah nih.

Reply
Sabda Awal January 23, 2020 - 12:29 pm

Balik lagi ke pengertian bank yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan masyarakat. Penyalurkan dana ini bisa dalam bentuk pembiayaan, tentu dong bank memperoleh penghasilan. Nah, penghasilan ini yang dibagikan ke nasabah

Reply
arenapublik January 24, 2020 - 2:42 pm

oh jadi dari pembiayaan itu hasil yang dibagikan ya mas, masaalahny belum terbuka untuk bank hehe

Reply
Fenni Bungsu January 23, 2020 - 10:55 am

Tenornya nggak lama ya, masih dalam hitungan bulan. Daku pikir tahunan.

Sebenarnya daku kurang mengerti soal deposito, padahal penasaran pengen coba juga, biar istilahnya punya investasi masa depan gitu, eaaa.

Hanya aja, kurang banyak menggali informasi lebih dalam. Lewat artikel kak Sabda, jadi dapat pencerahan, ternyata deposito itu nggak serumit yang daku pikirkan.

Reply
Sabda Awal January 23, 2020 - 12:28 pm

deposito tabungan berjangka mbak yang mana bagi hasilnya lebih tinggi dari tabungan biasa. Tapi pilih2 bank, soalnya ada deposito yang ga boleh dicairkan sebelum jatuh tempo

Reply
Ridsal January 23, 2020 - 11:14 am

Lihat kemudahannya, jadi tertarik deposito nih.

Reply
Tempat Wisata di Bandung January 23, 2020 - 2:50 pm

Menarik juga fitur dan fasilitas yang diberikan deposito bni syariah ini.

Reply
Adie Riyanto January 24, 2020 - 10:42 am

Ada postingan tentang Jenius gak bang? Pengen banget bikin akun itu buat keperluan perjalanan aja sih. Kalau deposito gini kan buat dana ‘nganggur’ ya baiknya.

Kalau yang syariah gini bedanya yang konvensional apaan sih? Masih kurang jelas soalnya mereka ini menanamkan uangnya ke mana? Apakah ke usaha halal atau apa aja gitu

Reply
Sabda Awal January 24, 2020 - 10:58 am

potingan ttg jenius bisa dibaca disini https://blogsabda.com/keuntungan-tabungan-jenius-btpn/

syariah pasti mereka hanya melakukan pembiayan berdasarkan prinsip2 syariah, mulai dari jenis pembiayaan dan tata cara pengembalian pembiayaan

Reply
thya January 24, 2020 - 5:06 pm

wah kebetulan aku juga pake bni syariah. boljug nih dicoba depositonya.. ambil yg 12 bulan biar bisa dapet bagi hasil 50:50.. hehe

Reply
Sabda Awal January 24, 2020 - 8:47 pm

nah itu mbak, ambil yang bagi hasil paling tinggi, tapi ga khawatir soal pencairan sebelum jatuh tempo

Reply
Reyne Raea January 25, 2020 - 12:37 am

Oh jadi itu kenapa kalau kita cairkannya dengan tempo agak lama, hasilnya pun lebih besar ya karena porposionalnya juga lebih besar 🙂

Suka baca ini, saya sudah sering mikir pengen deposito, meski kata teman kalau deposito mending nilainya besar sekalian 🙂

Di bank syariah juga kayaknya lebih aman ya, meski jujur belum terlalu ngerti bedanya deposito ama bank konvensional 😀

Reply
Sabda Awal January 26, 2020 - 11:40 pm

kalau ada uang nganggur mending di depositokan aja mbak, karena bagi hasil lebih besar daripada tabungan biasa.

Reply
Agus warteg January 25, 2020 - 2:44 pm

Oh ternyata deposit juga bisa 1 bulan saja ya, kirain aku minimal itu 6 bulan baru bisa diambil.

Tapi kalo deposit enakan yang banyak ya duitnya, kalo sedikit hasilnya kecil.
Makasih infonya kang.

Reply
Sabda Awal January 26, 2020 - 11:39 pm

tenornya 1,3,6,12 bulan mas.

Hasilnya memang ga seberapa, tp lebih baik dari tabungan biasa

Reply
Kris Belitung January 25, 2020 - 4:35 pm

Wahhhh ak belum coba yang bank deposito ini, biasanya saya menggunakan yang tabungan.., Kira kira kalo meletakkan uang di deposito bank itu kena potongan tidak ya, dari informasi yang saya denger katanya kalo nabung disitu uangnya gak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu gitu? Bener gak sih

Reply
Sabda Awal January 26, 2020 - 11:38 pm

Bagi hasil akan dipotong pajak, beberapa menerapkan biaya saat pencairan.

pencairan sebelum jatuh tempo, ada bank yg membolehkan ada pula yg tidak

Reply
maskriseo January 31, 2020 - 2:35 am

Ohhh gitu, jadi walaupun didiemin disitu tetap kena potongan yaa… Kalau untuk pengambilannya itu bagaimana kak? Berjangka atau bagaimana ?

Reply
Sabda Awal February 1, 2020 - 1:17 pm

Bagi hasil dikurangi pajak.

Deposito BNI syariah dapat diambil kapan pun

Reply
Riza Alhusna January 27, 2020 - 3:46 pm

Lah, gw aja sebagai nasabah BNI Syariah malah belum pernah buka deposito di BNI Syariah. Mles ke Bank-nya. Gw biasa bikin deposito di CIMB Niaga Syariah. Enak, onlen. Tinggal klak-klik. Taraaa, jadi deh depositonya.

Reply
Sabda Awal January 28, 2020 - 11:19 am

Noted bang, nanti aku cobain juga deh CIMB Niaga Syariahnya yaa

Reply
Zaki January 28, 2020 - 2:30 pm

Wah menarik juga nih mas. Cuma saat ini saya lebih memilih uang untuk digunakan agar projek idealis saya berjalan.
Doakan saya yah, hahahhahaha.
Makasih udah sharing mas

Reply
agusbg January 28, 2020 - 10:16 pm

setau saya kalau deposito bunganya lebih besar itu aja hehehe…

Reply
Munir Ardi February 2, 2020 - 6:50 am

bagi hasil ya namanya bang, emang uang kita di investasikan gitu atau dipakai berusaha

Reply
Sabda Awal February 3, 2020 - 5:15 am

Dikelola oleh mereka untuk usaha atau pembiayaan

Reply
Review Aplikasi Ajaib,- Beli Reksadana Mulai Rp 10.000 - BlogSabda.com February 5, 2020 - 11:41 am

[…] bilang jika saat ini hasilnya memang lebih baik dibandingkan dengan deposito Mandiri Syariah atau BNI Syariah. Wajar saja, karena yang saya pilih adalah reksa dana pendapatan […]

Reply
Heniajaa February 6, 2020 - 8:48 am

Biasanya kalo deposito itu baru bisa diambil sesuai dengan tgl dan bulan waktu jatuh temponya ya dan biasanya juga kena biaya apa pinalty gitu yaa kalo di bank” lain… Asik jg nih BNI syariah bisa beda..mkasih mas Sabda penjelasannya

Reply
tari February 6, 2020 - 3:32 pm

ada kemungkinan merugi gak ya? dari dulu pengin sih invest kecil2an begini, tapi sungkan. hehe. secara duit di bawah 10 jt di mata bank gak ada artinya

Reply
Sabda Awal February 9, 2020 - 7:39 pm

sejauh yang saya pahami, deposito ga rugi mbak

Reply
Fanny F Nila February 8, 2020 - 11:26 pm

Dari segi customer risk, aku lebih speculative yang lebih suka high return, tapi dengan high risk :D. Makanya dari dulu aku ga pernah main di deposito. Terlalu kecil return nya. Tapi kalo udh ngadepin nasabah2ku, ya ga mungkin maksain mereka. Kalo yg tipe balance apalagi secure, mau ga mau, ga banyak produk yg bisa aku tawarin ke tipe begini. Paling mentok ya deposito :D. Ato bbrp produk MF yang msk kategori aman :D.

Reply
Sabda Awal February 9, 2020 - 7:34 pm

deposito bisa dibilang opsi teraman, tapi ya imbang dengan returnnya yang kecil mbak. Kalau saya pribadi nyobain deposito biar pernah merasakan produk ini sekaligus disverifikasi juga

Reply
dita February 9, 2020 - 6:37 pm

wah boleh juga nih buka deposito di BNI Syariah. selama itu saya cuma nabung doang di sini.

Reply
Sabda Awal February 9, 2020 - 7:33 pm

bisa dicoba mbak dengan keunggulan yang udah saya sebutkan

Reply
niklosebelas February 12, 2020 - 10:12 am

Akhirnya saya paham bedanya deposito di bank syariah dan bank konvensional

Reply
Bang Day February 12, 2020 - 4:01 pm

kok bisa yah mencairkan deposito sebelum jatuh tempo tanpa pinalti. Apa karena label syariahnya yah.

Saya jg kemaren bikin deposito di bank plat merah ut mengamankan duit kuliah anak.

Reply
Sabda Awal February 15, 2020 - 7:36 am

Khusus BNIS aja mas, di Mandiri syariah soalnya ga bisa pencairan sebelum jatuh tempo

Reply
Hikmah Khaerunnisa February 13, 2020 - 5:59 am

akhir2 ini emang udah mikir untuk deposit cuma masih belum yakin dan cari2 refrensi, pas banget tulisan ini jd bahan pertimbangan. terimakasih for sharing mas..

Reply
Sabda Awal February 15, 2020 - 7:34 am

semoga bisa jadi pertimbangan mbak

Reply
Nita Lana Faera February 13, 2020 - 8:18 am

Salah satu enaknya deposito memang duit jadi jadi gak gampang diambil seenak udel, haha… Jadi punya tabungan yang serius. Ditambah lagi ada sedikit kelebihan yang didapat. Nice, kalo syariah sistemnya bagi hasil ya….

Reply
Sabda Awal February 15, 2020 - 7:34 am

Yup bener mbak, ngambilnya harus ke bank, pencairan biliyet yang bikin malas

Reply
herva yulyanti February 19, 2020 - 4:55 pm

Menarik ini Mas, udah lama pengen buka deposito cuman masih burem wkwkwk baca ini jadi jelas deh

Reply
ainun February 29, 2020 - 10:23 am

pengen deposito sih, tapi nunggu ntar kondisi keuangan stabil. yaelah hehe

Reply
ridfansyah March 3, 2020 - 2:18 am

mas mau tanya, apakah mas melakukan top up deposito tiap bulan atau membiarkan 10juta sampai jangka waktu yang ditentukan?dan mas pilih jangka waktu yg mana?

Reply
Sabda Awal March 3, 2020 - 10:09 am

Saya tidak melakukan top up dan membiarkan 10jt sampai jangka waktu tertentnu. Pilih jangka waktu 1 tahun.

Reply
sutardi March 10, 2020 - 10:22 pm

Terima kasih mas Sabda informasinya, jadi banyak pilihan mana yang paling bagus ya..perlu di timang timang.

Reply