Pengalaman Saya Membeli Emas Secara Online di IndoGold

by Sabda Awal
pengalaman beli emas indogold

Ini adalah artikel ketiga yang saya terbitkan tentang investasi emas. Bagi yang ketinggalan dapat membaca tulisan saya sebelumnya cara mudah, murah dan aman investasi emas. Pada artikel tersebut saya menjelaskan mengapa saya memilih investasi emas, salah satu alasannya karena emas bersifat liquid yang artinya dapat dicairkan dalam waktu singkat.

Investasi emas mudah, karena kini banyak lembaga yang menyediakan jual-beli emas, baik bentuk perhiasan, logam mulia, maupun berbentuk tabungan. Murah, karena kita dapat membeli emas seberat 0,01 gram saja. Aman karena lembaga sudah terjamin dan beroperasi cukup lama.

Artikel kedua, saya membahas khusus tentang investasi emas Pegadaian. Lengkapnya silahkan baca benarkah tabungan emas pegadaian rugi?

Pada artikel tersebut saya membandingkan antara tabungan uang dan emas. Membandingkan tabungan emas dan kredit emas pegadaian. Cara membuka tabungan emas serta syarat dan ketentuannya.

Karena menariknya investasi emas ini, maka saya pun mencoba berinvestasi emas secara online. Setelah mencari informasi yang valid akhirnya saya menemukan IndoGold (dulu AntamGold) dan Tamasia.

Saya ingin membandingkan antara investasi emas di Pegadaian dan secara online (IndoGold dan Tamasia). Jika berkesempatan saya akan mengulasnya kemudian secara khusus dan detail pada artikel berikutnya.

Nah, tabungan emas online yang pertama kali saya coba adalah IndoGold. Salah satu yang menarik dari sistem online ini adalah membuka akun tidak ribet. Cukup secara online saja. Maka kita akan mendapatkan akun dan bisa membeli emas.

Pengalaman Beli Emas di IndoGold

Saya sudah lama tahu tentang indogold.com ini. Tahun 2017 lalu salah seorang teman saya sempat membeli emas berbentuk batangan seberat 25 gram seharga 14 juta-an dan dikirim melalui pengiriman.

Emasnya bersertifikat Antam.

Wuihh,  lewat jasa kiriman dan “untungnya” sampai dengan selamat 😄.

Kalau saya sendiri tidak berani menyimpan emas dalam bentuk fisik. Takut hilang!

Karena 25 gram itu ternyata kecil lho.

Maka dari itu saya lebih nyaman membeli emas dalam bentuk tabungan. Meskipun ada biaya titip yang harus di keluarkan di Pegadaian tidak masalah. Oh ya, bentuk tabungan juga tidak dikenakan biaya cetak pastinya. Selain itu, saya dapat menjualnya kapan saja melalui buku tabungan saya.

Sebelumnya saya sudah punya tabungan emas di Pegadaian. Niat hati ingin menyimpan di Pegadaian sangaaat lama.

Tapi karena saya sadar investasi emas ini cukup menggirukan, maka saya pun membuka akun di IndoGold.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Akun di IndoGold

Ada 3 alasan utama mengapa saya memilih IndoGold, yaitu :

  • Mudah jual kembali
  • Harga buyback kompetitif
  • Sudah terdaftar di OJK

Pertama, jika ingin dijual, tinggal dijual saja secara online. Lebih cepat dan ringkas. Hasil penjualan akan ditransfer ke rekening.

Kedua adalah harga buyback (perbedaan harga jual dan beli) yang sangat kompetitif. Perbedaannya hanya 10ribu-an. Dibandingkan dengan Pegadaian, selisih buyback mencapai 30ribuan.

Ketiga yaitu sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Anda dapat mengeceknya di daftar ini. Kemudian cari dengan kata kunci “Direktori Perusahaan Pergadaian per 31 Desember 2018

Apa itu Buyback?

Adalah proses pembelian kembali emas oleh suatu lembaga. Yang berlaku adalah harga beli.

contoh harga buyback ( harga beli) Indogold
contoh harga buyback ( harga beli) Indogold,- 28 Mei 2018

Maka dari itu saya katakan harga buyback Indogold sangat kompetitif karena harganya jauh lebih tinggi dibandingkan Pegadaian. Silahkan bandingkan saja antara harga jual dan harga beli antara Indogold diatas dengan Pegadaian dibawah ini. Indogold selisihnya 10ribuan dan Pegadaian 30ribuan.

Harga emas pada Pegadaian,- 28 Mei 2018

Lha, harga emas kok beda? Ya beda sesuai dengan ketetapan yang dimiliki oleh masing-masing lembaga.

***


Akhirnya awal bulan Maret saya membuat akun di IndoGold, lalu memilih produk Tabungan Emas-nya.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold

Saya sudah membeli sebanyak 1 gram. Jadi saat ini saya investasi emas di 2 tempat, yaitu Pegadaian dan IndoGold.

Pegadaian untuk jangka panjang, sementara IndoGold untuk jangka pendek, mungkin 2-3 tahunan dengan membelinya secara rutin setiap bulan.

Dibawah ini saya sharing lebih jauh tentang IndoGold. Cara registrasi, produk yang ditawarkan, cara pembayaran, metode pembelian emas, dan 1 hal kekhawatiran saya di IndoGold.

Apa itu IndoGold?

IndoGold.com (dulu AntamGold) adalah perusahaan yang bergerak di bidang trading emas logam mulia bersertifikasi PT. Antam semenjak tahun 1978. Saat ini situs IndoGold.com melayani jual-beli emas LM (logam mulia) Antam, LM King Halim, LM UBS, perak LM HMV Bullion, Perak SRH dan layanan Tabungan Emas.

Kantor berlokasi di Ruko TangCity Blok D52 Jl. Jenderal Sudirman No. 1 Babakan Tangerang.

Jika dilihat dari lamanya perusahaan ini beroperasi saya yakin aman dan terpercaya. Jika kita melihat dari tampilan websitenya dan fitur yang ditawarkan juga cukup meyakinkan. Situs dilengkapi dengan profil perusahaan, customer service dan support melalui nomor telepon serta sosial media.

Layanan IndoGold

Layanan Tabungan Emas adalah layanan dimana Anda dapat membeli dan menjual emas mulai dari berat terkecil 0,001 gram atau sekitar Rp 600-an saja (harga 26 Maret 2018). Emas hasil pembelian dan penjualan yang dilakukan melalui sistem Tabungan Emas akan dititipkan sementara ke pihak penyelenggara hingga ada perintah Penarikan Barang atau Penarikan Uang hasil penjualan. Minimal penarikan barang adalah 1 gram. Biaya titip GRATIS untuk layanan Tabungan Emas.

Cicilan Emas. IndoGold menyediakan layanan cicil bagi member. Pengambilan barang di kantor atau di toko rekanan dapat dilakukan ketika seluruh kewajiban dipenuhi.

Gadai Emas. IndoGold menyediakan layanan pinjam dengan agunan emas. Mirip dengan gadai Pegadaian, Anda harus mendatangi kantor/toko rekanan.

Forum Jual Beli. IndoGold menyediakan forum jual beli agar sesama member bisa saling melakukan transaksi. Hal ini memudahkan member untuk menawarkan barangnya ke member lain dengan harga lebih baik. Hal ini juga menguntungkan member yang ingin membeli dengan harga lebih murah.

Cara Membeli Emas di IndoGold

Ada 3 cara untuk membeli emas di IndoGold, yaitu…

  • dalam bentuk kepingan sertifikat antam atau UBS
  • berbentuk saldo (tabungan emas) bisa dijual dicetak kemudian,
  • cicilan/pembiayaan emas berbentuk kepingan sertifikat antam atau UBS

Pertama,
Beli dalam bentuk kepingan langsung yang terdapat pada menu quick buy. Emas yang Anda beli dapat dikirim ke alamat tujuan.

1.1 Pilih menu Tabungan Emas

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold

1.2 Pilih jenis produk yang diinginkan, lalu kuantitasnya.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold

1.3 Lakukan pembayaran dengan memilih metode pembayaran.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Metode Pembayaran

Kedua,
Produk ini yang saya ambil. Alasannya sederhana karena tabungan emas fleksibel. Jika ingin menjualnya langsung lakukan penjualan melalui akun atau jika ingin berbentuk fisik dapat order cetak sertifikat antam/UBS lalu dikirim ke alamat pribadi/diambil langsung.

Beli emas dalam bentuk tabungan emas. Artinya, emas yang dibeli akan tersimpan di dalam akun berbentuk saldo. Anda dapat mencetaknya atau menjualnya kembali sehingga memperoleh fresh money.

2.1 Pada menu Tabungan Emas, pilih Beli.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Menu Tabungan Emas

2.2 Pilih produk yang diinginkan, lalu jumlah kuantitas dan metode pembayaran.

Untuk pembayaran ada beberapa cara. Yang saya pilih adalah BNI E-Collection, nanti di email akan ada diberitahukan cara pembayarannya. Jika Anda memilih seperti saya, pembayaran atas virtual akun atas nama sendiri.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Form Order

2.3 Setelah pembayaran selesai, maka saldo akan bertambah.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Saldo


Ketiga,
Beli emas dalam bentuk cicilan. Minimal order 10 gram dan sudah dalam bentuk kepingan. Setelah lunas, emas akan dikirim ke alamat tujuan.

3.1 Pada menu cicilan, pilih Cicilan Baru.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Menu cicilan

3.2 Pada form order silahkan masukkan kuantitas yang dipilih dan masa tenornya.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Form Order

Membuat Akun di IndoGold

Untuk bisa bertransaksi di IndoGold Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Menurut saya pribadi, proses pendaftaran sangat mudah dan gratis. Tidak ada persyaratan khusus, hanya ktp untuk membeli dan npwp untuk menjual kembali.

Cara registrasi

1. Silahkan ke halaman registrasi atau  kunjungi situsnya di indogold.com lalu pilih login/register. Nah, Anda akan dihadapkan halaman login, karena belum punya akun, silahkan pilih Daftar Sekarang agar diarahkan ke halaman register.

Yang harus diisi, nama, email, nomor hp, dan password seperti gambar dibawah ini.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Form Registrasi

2. Email confirmation.

Untuk mengaktifkan akun Anda, silahkan konfirmasi link aktivasi yang dikirim ke email yang didaftarkan tadi.

3. Phone confirmation.

Setelah itu, Anda akan berada pada halaman konfirmasi melalui nomor hp. Silahkan input nomor hp yang didaftarkan.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Verifikasi nomor hp 1

Kemudian, tunggu… hingga ada nomor telepon yang masuk, tapi cuma miscall saja. Nomor telepon yang saya terima diawali 021. Nah, 5 digit terakhir nomor telepon tersebut dimasukkan seperti gambar dibawah ini.

Pengalaman Membeli Emas Secara Online di IndoGold
Verifikasi nomor hp 1

3. Update Profil.

Sebenarnya sampai langkah ketiga Anda sudah memiliki akun. Namun, profil harus di update. Upload  KTP agar dapat membeli produk di IndoGold. Upload NPWP wajib! Jika suatu saat Anda ingin menjual produk kembali (layanan tabungan emas).

Ada isian alamat surat menyurat/pengiriman, rekening bank dan ahli waris.

Dengan adanya pengisian data ahli waris ini, jika sewaktu-waktu meninggal bisa dialihkan ke ahli waris.

4. Upgrade (optional).

Di IndoGold ada 2 jenis member, Basic dan Gold. Saat pertama kali mendaftar, Anda otomatis sebagai basic member. Untuk menjadi gold member ada biaya yang harus dikeluarkan yaitu Rp 300.000/tahun.

Adapun kelebihan gold member :

  1. Saldo emas terlindungi asuransi kebakaran dan perampokan hingga Rp 50.000.000
  2. Fitur booking barang jika produk fisik yang tersedia sudah habis untuk penarikan saat ini.
  3. Harga jual-beli lebih bersahabat. Jika saya perhatikan, harga jual lebih murah hingga Rp 1.000.
  4. Biaya cetak Antam lebih murah.

Lain-Lain Tentang IndoGold

Yang menjadi perhatian saya hanya satu. Yaitu basic member dan gold member. Di atas sudah saya sebutkan jika gold member membayar Rp 300.000/tahun, tapi untuk basic member gratis. Salah satu keuntungan gold member ada asuransi hingga Rp 50.000.000 layanan tabungan emas.

Bagaimana dengan basic member? Yup tidak ada asuransi.

Saya sudah bertanya melalui email. Jika seandainya terjadi perampokan/kebakaran/bencana alam lalu berakibat kepada hilang/rusak emas konsumen, maka Indogold akan memprioritaskan gold member ini.

IndoGold me-klaim ke pihak ketiga, jika dari seluruh klaim asuransi gold member ada berlebih/bersisa, maka sisa itu yang dibagikan ke basic member. Sangat disayangkan sebenarnya…karena muncul kekhawatiran pada konsumen basic member seperti saya.

Jika pun basic member harus membayar biaya titip emas bagi saya tidak masalah. Seperti Pegadaian yang membayar Rp 30.000/tahun itu lebih baik agar emas kita tetap aman dan terjamin.

Sumber gambar :
  • Gambar hasil screenshoot situs indogold.com dengan editting.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment

64 comments

Reffi Seftianti April 5, 2018 - 4:12 am

wah tambahan ilmu baru nih,sip 😀

Reply
Primasari AndiMirati April 6, 2018 - 8:09 am

wah ini opsi berinvestasi yg boleh dicoba.. terimakasih ulasannya Mas..

Reply
Ahmad Zaelani April 7, 2018 - 2:45 am

Kasian juga sih yah basic member, mending beli yang gold member aja atuh bro hahah,
Jadi sekarang tinggal bandingkan saja, mau invest emas secara offline di pegadaian emas secara langsung atau online melalui Indogold…. ;D

Reply
fenni bungsu April 7, 2018 - 2:45 am

Aku sering buka indogold bukan buat investasi sih, tapi buat mantau harga emas perhiasan wkkwkw…

Oh iya, btw setiap daku mampir ke sini daku kan bukanya via hape, kok nggak nemu tanggal, bulan tahun artikelnya?

Reply
Rizka Pratiwi April 7, 2018 - 11:11 am

aku suka banget deh blognya mas, bikin mikir, mikir pengen investasi,, hihihi… di bookmark dulu ah, sapa tau jadi kepengen investasi emas juga 😀

Reply
nur rochma April 7, 2018 - 11:11 am

Jadi tahu tentang invest emas. Makasih sharingnya mas.

Reply
triknews April 8, 2018 - 3:07 pm

kok begitu jlimet ya cara beli emas di IndoGold, harus pake verifik no hp juga,

sepertinya lebih muda membeli dan menjual emas ditoko Mas, jual pulang bawa duwit, beli pake duwit pulang bawa emas…gampang nggak repot kan

Reply
kabarilman April 9, 2018 - 7:59 am

Cukup mudah ya kak, cara daftarnya, keren nih IndoGold, referensi untuk membeli emas.

Reply
Firda Winandini April 9, 2018 - 9:35 am

aku sempet tertarik waktu baca postingan tabungan mas di pegadaian, dan makin tertarik lagi ps tau ada tabungan emas online juga haha lebih mudah dan dijamin aman kan ya ?

Reply
deddyhuang.com April 12, 2018 - 2:35 am

ih pasti mas ini simpenan emasnya banyak…

Reply
Darul Azis April 16, 2018 - 2:11 pm

Pada akhirnya ada satu kenyataan yang sulit untuk kita tolak: yang punya duot banyak yang mendapatkan fasilitas lebih. Well, dalam dunia bisnis apalagi yang dijalankan pihak swasta itu sangat wajar.

Tapi yang jelas kehadiran Indogold cukup memberikan pilihan bag kita untuk berinvestasi emas secara aman dan nguntungin.

Kalau baca ulasan ini, prosesnya pun menurut saya tidak terlalu rumit. Sepertinua Indogold cukup paham dengan keinginan generasi milenial yang ga mau ribet.

Reply
Lia Lathifa April 16, 2018 - 7:12 pm

wajah ibu bupati kenapa muncul terus ya, hehe. Hmm makin tertarik nih untuk investasi emas, sepertinya lebih menguntungkan ya

Reply
anna April 21, 2018 - 2:15 am

Kayaknya mending invest emas di pegadaian ya. Daridulu sebenarnya pengen investasi emas cmn masih ragu tapi setelah baca postingannya yg investasi di pegadaian, saya jadi makin yakin. Makasih sharingnya 🙂

Reply
Sabda Awal's Blog April 21, 2018 - 7:29 am

iya mbak, indogold ada menyediakan grafik harga emas,

memang ga ada tanggal publish artikelnya, hehe

Reply
Sabda Awal's Blog April 21, 2018 - 7:31 am

mahal kalau mau jadi gold member, sementara kita beli emasnya masih sedikit,

Reply
Sabda Awal's Blog April 21, 2018 - 7:31 am

terimakasih mbaak

Reply
Sabda Awal's Blog April 21, 2018 - 7:32 am

verif hp bagian dari registrasi, agar datanya valid.

Kalau investasi lebih baik logam mulia daripada perhiasan

Reply
Sabda Awal's Blog April 21, 2018 - 7:33 am

aman kok, beli emas lebih mudah sekarang, banyak pilihan mau beli dimana

Reply
Sabda Awal's Blog April 21, 2018 - 7:34 am

beli emas online seperti belanja online kok mbak, ga sulit. registrasi, beli emas, transfer uang

Reply
Sabda Awal's Blog April 21, 2018 - 7:35 am

benar sekali, sebenarnya langkahnya ga ribet, registrasi, beli emas, tinggal transfer, maka emas langsung masuk ke portofolio, cocok untuk generasi millenial

Reply
Sabda Awal's Blog April 21, 2018 - 7:35 am

iya di pegadaian, memang sudah sangat kita kenal mba,

Reply
Idris Hasibuan April 22, 2018 - 3:20 pm

Ternyata untuk investasi seperti emas juga sudah diperjual belikan secara online. Baru tahu klo bisa via online

Reply
Joe Candra P April 29, 2018 - 4:58 am

nah, kebetulan ane mau nyobain invest emas gan, cukup menarik nih indogold

Reply
Desi Namora April 30, 2018 - 10:24 pm

baru tau nih bisa beli emas lewat online. asli. gak berani. hehe

Reply
Asbar Marlon May 1, 2018 - 11:28 am

Nice info. Btw.. Saya pendatang baru dan tertarik mengenai invest emas LM. Ada media u/ tanya jawab/konsul mengenai hal tsb tdk ya, yg bs lsg dpt jawaban. Krn klo melalui media blog jawaban nya kadang aga lama. Terima kasih

Reply
Sabda Awal's Blog May 5, 2018 - 6:53 am

bisa mas, silahkan melalui halaman hubungi saja, nanti akan terkirim ke email saya, atau lewat sosmed saya juga bisa

Reply
Sabda Awal's Blog May 5, 2018 - 6:54 am

Aman kok mba, di Indogold bahkan bisa di bukalapak n tokopedia sekarang

Reply
Kanianingsih May 5, 2018 - 1:27 pm

makasih bgt infonya, noted ah siapa tau ada rjeki investasi emas

Reply
Victor Martin May 10, 2018 - 11:41 am

cocok bgt nih infonya,, langsung neluncur liat web nya

Reply
herva yulyanti May 11, 2018 - 3:37 am

baru tahu ttg indogold ini yang memang aku tau invest emas saat ini tabungan pegadaian, dulu pengen sih kayak temen tiap gajian beli antam tali ya ga berani naro fisik dirumah makanya jd ketakutan gitu skrg ada yg serba online bisa memudahkan dan aman y kang cuman klo jd member basic ga ada jaminan y klo terjadi apa2 hehehe makasi sharingnya menarik inj

Reply
deddyhuang.com May 13, 2018 - 5:18 am

nantinya emas ini akan datang berupa fisiknya kah mas?

Reply
Anisa AE May 15, 2018 - 5:13 am

Agak ribet ya kalau mau beli di Indigold. Tapi saya juga kepingin nyoba buat investasi.

Reply
Joko yugiyanto May 31, 2018 - 2:20 am

Mencoba dulu ah

Reply
Ruhima yuniati June 6, 2018 - 8:57 am

Makasih sharing infonya mas. Sy lagi mau nyoba investasi emas juga. Btw, mending lgsg lewat indogold atau bukaemas di bukalapak ya mas? Oia Tanya lagi, kalo mau nyairin kan ada biaya cetaknya blm lagi asuransi pengiriman barang,denger2 sih Mahal, kalo mau dicairkan dlm bentuk saldo ada potongan biaya juga nggak mas?

Reply
Sabda Awal's Blog June 6, 2018 - 8:59 am

saya belum pernah nyoba di bukalapak mbak, jadi ga bisa memnadingkan antara keduanya.

kalau mbak mau cairkan dalam bentuk batangan, tentu kena biaya cetak dan ongkir ke tujuan, tapi kalau mau dicairkan fresh money tidak kena biaya apapun di indogold

Reply
Icha June 6, 2018 - 9:11 pm

Infonya sangat lengkap kak.. tinggal coba untuk action.

Reply
Ika Kusnanda June 10, 2018 - 9:17 pm

Kalau sama tamasia ? Sama atau beda

Reply
Kang Yuli June 20, 2018 - 1:20 pm

Informasi ini yang sedang saya cari. Saat ini saya juga bingung, pengin investasi emas di pegadaian atau indogold. Kalau menurut saya memang lebih murah di indogold, tapi entah knp saya kok lebih percaya pegadaian ya… Mungkin karena pegadaian merupakan BUMN yang seharusnya menjamin nasabahnya

Reply
Joshua Hendi June 21, 2018 - 4:37 am

Mas kalo indogold dibanding sama tamasia, lebih bagus yg mana mas

Reply
@bangsaid July 2, 2018 - 11:19 am

Pertanyaan yang sama dari saya nih. Mudah-mudahan nanti dijawab sama masnya.

Nah, eniwei bener juga ya kalai untuk jangka panjang keknya lebih aman di Pegadaian. Secara dia kan perseroan alias BUMN.

Sedangkan di aplikasi macam indogold dan tamasia itu mungkin jangka waktunya tidak terlalu panjang.

Reply
Sabda Awal's Blog July 3, 2018 - 12:35 pm

saya belum pernah nabung emas di tamasia, setahu saya selisih harga buybacknya setara dengan pegadaian,

tamasia berbasis aplikasi smartphone
indogold menggunakan web dan aplikasi smartphoene

Reply
Sabda Awal's Blog July 3, 2018 - 12:37 pm

saya cenderung ke Indogold, alasannya :
1. buyback kompetitif
2. ada garansi meskipun harus membayar iuran member
3. sudah beroperasi lama (lebih lama dari tamasia)
4. akses dapat melalui apps mobile dan web

Reply
Yundar Setiawan S. Kom July 21, 2018 - 5:01 am

TOP UP DANANYA KOK GA DI JELASIN BANG..THX

Reply
Unknown July 24, 2018 - 11:42 pm

garansi iuran membernya yang biasa atau yang gold mas ?

Reply
Olimpic Sidabalok August 1, 2018 - 3:12 am

wal, indogold ini aman gak sih?

Reply
Pendis Katingan September 10, 2018 - 2:09 pm

saya baru nyoba indogold dan udah melakukan cicilan logam mulia king halim 5 gram. udah lunas dan trus saya mo coba tarik, alamat tidak didukung, saya coba jual katanya dana/gold anda tidak mencukupi. saya masih tanyakan ke supportnya, jawabannya sih di cek dulu. mudah2an aja berhasil

Reply
Kris September 28, 2018 - 6:24 am

Pengen nyobain yang perak di indogold tapi belum punya NPWP ane

Reply
Syahruddin October 23, 2018 - 11:09 am

Mau Investasi tapi hambatannya npwp belum punya…soalnya belum kerja

Reply
Nurul Sufitri November 24, 2018 - 3:47 am

Kepengen beli emas. Enaknya langsung 5 gram itu ya atau 10 gram. Kumpulim uangnya dulu deh. Kan happy kalo hasil nulis bisa berbentuk emas. Buat investasi dan punya2an kan oke ya mas.

Reply
Ifaa Fakhriya December 18, 2018 - 9:55 am

Mau tanya kenapa lebih pilih pegadaian utk invest jangka panjang? Kalo di indogold utk invest jangka panjang kira2 gmn ya?

Reply
Sabda Awal's Blog December 22, 2018 - 1:11 am

gampanglah top up kalau udah biasa belanja online, metode top up banyak kok

Reply
Sabda Awal's Blog December 22, 2018 - 1:11 am

aman kok,,,

Reply
Sabda Awal's Blog December 22, 2018 - 1:12 am

indogold tidak menyediakan asuransi, kalau mau asuransi bayar 200k/tahun.. mahal… kalau pegadaian 30/tahun

Reply
nadim January 19, 2019 - 2:45 am

indogold sudah diawasi OJK belum ya?

Reply
Fakhri January 22, 2019 - 5:41 am

Sekarang (mulai 2019 januari ini) nabung emas bisa lewat tokopedia mas. Gak ada potongan apa2. Cuman buybacknya selisih 4.5%

Reply
Sabda Awal's Blog January 23, 2019 - 2:18 am

masih proses pengajuan, sampe sekarang belum menerima pendaftaran member baru karena proses perizinan ini

Reply
Sabda Awal's Blog January 23, 2019 - 2:19 am

Benar, sebelumnya E-mas, tapi sekarang toped kerjasama dengan Pegadaian

Reply
fikri alfaruq February 10, 2019 - 3:17 pm

Bang buat yg baru mau investasi tabungan emas sarannya buka tabungan dipegadaian apa buka tabungan online (indigold)

Reply
Sabda Awal's Blog February 11, 2019 - 3:58 am

Di bumn aja, Pegadaian

Reply
Rohyati Sofjan February 14, 2019 - 2:05 am

Sayang saya tak punya NPWP. Nah, inilah kekurangan Indogold, menyasar yang pasti telah berpenghasilan tetap maupun tidak tetap. Orang seperti saya tak bisa menabung emas di sana.
Nanti akan coba ke Pegadaian jika sudah ada dana untuk menabung emasnya. Tapi apa harus punya NPWP juga?

Reply
Moon March 6, 2019 - 4:23 am

Ini sih beresiko banget, masa ga ada jaminan kalau sewaktu waktu terjadi sesuatu pada perusahaan penyelenggara, uang kita bisa menguap gitu aja.

Reply
Benarkah Tabungan Emas Pegadaian Rugi? Begini Pengalaman Saya - BlogSabda.com April 20, 2019 - 9:46 am

[…] pioner diantara semua lembaga tersebut. Mulai dari bank, perusahaan swasta berbasis online seperti Indogold, Tamasia, E-mas, Ori-Ori, hingga market place seperti Tokopedia dan Buka […]

Reply
Cara Mudah, Murah dan Aman Investasi Emas - BlogSabda.com May 1, 2019 - 10:44 am

[…] a. Pegadaian b. IndoGold […]

Reply
4 Jenis Investasi Menguntungkan Untuk Gaji Kecil - BlogSabda.com December 11, 2019 - 8:40 am

[…] Baca juga : Pengalaman saya membeli emas secara online di Indogold. […]

Reply