Pengalaman Mengembangkan Dana di Akseleran, Mulai Dari Rp 100.000!

by Sabda Awal
Pengalaman Investasi di Akseleran

Bagi anda yang sering mengunjungi blog saya pasti sudah familiar dengan investasi atau bisa dikatakan pengembangan dana di Peer to Peer Lending (P2P Lending). Ada banyak Fintech P2P Lending yang sudah saya bahas. Anda dapat membaca seluruh tulisan tentang P2P Lending disini.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman mengembangkan dana di Fintech P2P Lending Akseleran. Seperti biasa, setiap kali mengembangkan dana di “tempat” baru, saya mencoba dengan jumlah yang kecil. Menariknya pengembangan dana di Akseleran bisa dimulai dari Rp 100.000!

Tak membuang kesempatan, saya pun memberikan dana dengan nominal terkecil yaitu Rp 100.000!

Selain itu, untuk memilih P2P Lending saya memiliki trik tersendiri termasuk mengapa saya akhirnya mencoba Akseleran. Anda juga dapat menggunakan tips ini. Menurut saya ada 3 tips dalam mengembangkan dana di Fintech P2P Lending :

  1. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan
  2. Nilai TKB90
  3. Manajemen Risiko Fintech itu sendiri

Apakah Akseleran Legal?

Jika mengecek pada website Otoritas Jasa Keuangan, dapat dilihat disini. Akseleran sudah terdaftar di OJK dengan nomor daftar S-2983/NB.111/2017 tanggal 21 Juni 2017.

legalitas akseleran
Akseleran sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Nah, karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, maka dapat dipastikan bahwa Akseleran adalah Fintech P2P Lending legal dan aman.

Nilai TKB90 Akseleran

Ini termasuk poin penting bagi saya sebelum mengembangkan dana pada sebuah P2P Lending. Nilai TKB90 Akseleran adalah 94,12% (pengecekan pada 27 Oktober 2019).

Semakin tinggi nilai TKB90, maka semakin baik performa P2P Lending tersebut.

nilai tkb90 Akseleran
Nilai TKB90 Akseleran

Karena TKB90 adalah ukuran tingkat keberhasilan penyelenggara fintech-peer-to-peer (P2P) lending dalam menfasilitasi penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari terhitung sejak jatuh tempo.

Manajemen Risiko di Akseleran

Naluri alami seorang investor adalah memperoleh profit. Jika memungkinkan jangan sampai mengalami kerugian sama sekali. Sejujurnya saya juga ingin seperti ini, hehehe.

Namun saya sadar bahwa yang namanya investasi pasti ada sisi risiko, termasuk peer to peer lending. Nah, disinilah investor atau bisa disebut sebagai pemberi dana pinjaman (pendana) dituntut benar-benar paham risiko yang mungkin terjadi pada sebuah platform P2P Lending.

Untuk meminimalisir risiko kerugian, saya membaca baik-baik bagaimana P2P Lending melakukan filter terhadap penerima dana/peminjam. Misalkan dengan credit scoring, agunan, asuransi jaminan kredit, mediasi, atau hal lainnya.

Akseleran sendiri sudah memfasilitasi untuk mencegah terjadinya kerugian pada setiap pemberi dana pinjaman dengan credit scoring, pencairan agunan dan proteksi asuransi kredit.

a. Credit Scoring

Untuk kreteria penilaian yang diterapkan Akseleran dapat di baca pada halaman info penilaian resiko.

Akseleran melakukan penilaian kelayakan dan risiko pinjaman pelaku usaha dengan internal credit scoring system yang fokus kepada 3 hal, yaitu keuangan, agunan, dan credit behavior.

credit scoring p2p lening akseleran
Credit Scrong dan suku bunga

Perbandingan antara nilai credit scoring dan suku bunga di P2P Lending Akseleran

Dengan adanya credit scoring ini memudahkan pemberi dana pinjaman dalam mendanai sebuah proyek atau kampanye. Dapat disimpulkan bahwa rating peminjam semakin diatas semakin ‘aman’.

b. Agunan

Jujur saja, dengan adanya agunan membuat pemberi dana pinjaman seperti saya merasa aman dan nyaman. Seandainya peminjam gagal bayar, agunan dapat dicairkan.

Lebih dari 98% nilai portofolio pinjaman Akseleran beragunan dan hanya sekitar 2% yang tidak beragunan. Agunan yang dapat disertakan oleh peminjam dapat berbentuk tagihan/invoice financing dan pre-ivoice financing, capex financing, dan inventory financing.

Contoh agunan pada proyek yang saya danai.

Contoh agunan di Akseleran
Contoh agunan di Akseleran

3. Proteksi Asuransi

Sebagian proyek memiliki proteksi asuransi kredit seperti gambar dibawah ini. Yang saya kotakin merah memiliki proteksi asuransi kredit

Proteksi asuransi
Proteksi Asuransi di Kampanye Akseleran

Proteksi asuransi ini memungkinkan pemberi dana pinjaman menerima kembali uang yang sudah diberikan saat peminjam mengalami gagal bayar. Walaupun dana yang dikembalikan tidak 100%, proteksi asuransi kredit ini memberikan jaminan pengembalian hingga 85% lho !

***

Tiga alasan diatas sudah memenuhi standar ala saya untuk menjadi pemberi dana pinjaman di Akseleran. Legal karena terdaftar di OJK, nilai TKB90 sudah baik dan manajemen risiko membuat para pemberi dana pinjaman menjadi nyaman dan aman.

Pengalaman Mengembangkan Dana di P2P Lending Akseleran

Saya kenal Akseleran pada bulan Juli 2019. Lalu, mencoba menjadi pemberi dana pinjaman mulai dari Rp 100.000 di bulan Agustus. Saya mendanai sebuah proyek pinjaman beragunan usaha real estate developer.

Di bulan Oktober saya sudah memperoleh profit. Sejauh ini review saya masih positif.

a. Registrasi

Melakukan registrasi di Akseleran amat mudah, tersedia di aplikasi Play Store/App Store atau website www.akseleran.co.id. Tinggal pilih Daftar, lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Adapun dokumen yang wajib anda siapkan adalah KTP, sementara NPWP bersifat opsional.

Di Akseleran ada program referal, jika anda mendaftar pertama kali untuk menjadi pemberi dana pinjaman (Lender) bisa gunakan kode referal maka akan mendapatkan bonus Rp 100.000. Dari pada mubazir, silahkan pakai kode referal saya ya … 🙂

  AKSLSABDA235819  

Keuntungannya untuk saya sebagai pemilik referal adalah akan mendapatkan 0,5% dari pendanaan yang anda lakukan selama 6 bulan ke depan tanpa mengurangi nilai pemberian dana Anda sama sekali.

Tidak ada paksaan untuk menggunakan kode referal saya, kecuali jika Anda ingin melewatkan bonus langsung Rp 100.000-nya. Setelah Anda berhasil registrasi dan terdaftar sebagai pemberi dana pinjaman (Lender) di Akseleran, Anda akan mendapatkan kode referal juga kok.

b. Beri Pinjaman

Untuk memberikan pendanaan amat mudah. Silahkan menuju menu Beri Pinjaman.

Anda dapat melihat kampanye pinjaman meskipun belum terdaftar. Namun, tidak dapat melihat detail proyek. Ada banyak jenis kampanye yang terdapat di Akseleran seperti pinjaman UKM, pinjaman jasa, pinjaman pengadaan alat dan lain sebagainya.

Jka Anda sudah login, Anda dapat melihat detail kampanye, agunan, tujuan pendanaan, info usaha & pinjaman, serta histori pinjaman.

Informasi ini amat penting bagi Lender, karena menjadi penentu apakah layak mengembangkan dana pada sebuah kampanye atau tidak.

Kampanye pada Akseleran
Daftar kampanye pada Akseleran

c. Portofolio

Menu portofolio dalam Akseleran terdapat pada menu Laporan Saya. Harus saya akui bahwa tampilan portofolio informatif. Dengan mudahnya saya dapat melacak kampanye, profit dan cicilan pokok yang sedang berjalan.

Tampilan portofolio akseleran
Tampilan halaman portofolio

Ini adalah tampilan portofolio saya. Mendanai sebuah proyek real estate dengan tenor 6 bulan. Sebagai percobaan saya mengembangkan danan mulai dari Rp 100.000.

Setiap bulan saya akan mendapatkan profit Rp 2.000/bulan. Di Bulan Oktober saya sudah mendapatkan profit Rp 2.000. Yeaay.

Sementara, cicilan pokok Rp 100.0000 akan dikembalikan di akhir tenor.

Kesimpulan

Saya yakin mengembangkan dana di Fintech P2P Lending Akseleran karena telah memenuhi 3 indikator ala saya. Terutama pada bagian manajemen risiko. Akseleran menyediakan 3 pilihan untuk mengamankan hak-hak Lender yaitu credit scoring, penggunaan agunan dan proteksi asuransi kredit.

Mengembangkan dana di Akseleran dapat dimulai dari Rp 100.000. Pemberian dana dengan nominal kecil ini tentu cukup menarik bagi yang memiliki gaji atau penghasilan tiap bulan yang tidak terlau besar. Dengan proyeksi profit diperoleh setiap bulan, saya dapat menerapkan compound investment yaitu menginvestasikan kembali hasil investasi.

Tunggu apa lagi, silahkan kunjungi Akseleran dan mulailah untuk mengembangkan dana Anda. Jangan lupa gunakan kode referal untuk mendapatkan bonus Rp 100.000!

Hello Finance, Make It Fun!

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment

21 comments

Sehatku October 30, 2019 - 11:22 pm

bagus juga nih, dari baca artikel ini saya jg ke trigger utk cari cara gimana dapetin duit online. eh dapetlah neobux yang ada di blog saya 2 hari terakhir eh udah dapet dana segitu, memotivasi tulisannya mas utk nyari duit online

Reply
thya October 31, 2019 - 3:20 pm

wah asik banget mas sabda.. bisa dimulai dari 100ribu.
kalau gitu, kayaknya aku juga beerani nyoba-nyoba.. hehehe

Reply
Sabda Awal October 31, 2019 - 10:50 pm

Silahkan dicoba mbak 🙂

Reply
Hendra Suhendra November 1, 2019 - 6:21 am

Pentingnya ngecek ke website ojk yah, biar gak tertipu investasi bodong. Menarik juga nih akseleran. Pengen ikutan investasi aah…

Reply
Muhtadi November 2, 2019 - 8:48 am

Syariah gak ya?

Reply
Sabda Awal November 2, 2019 - 10:51 am

konvensional mas

Reply
elvy November 29, 2019 - 10:26 am

bukannya mas sabda suka invest yg syariah?

Reply
Sabda Awal November 30, 2019 - 12:18 pm

betul mbak, saya suka syariah. saya coba untuk teman-teman yang butuh informasi investasi konvensional

Reply
Mang Lembu November 2, 2019 - 12:25 pm

Setelah mendapatkan penjelasannya detail investasi di Fintech P2P Lending Akseleran jadi pengen segera otw websitenya, tak berangkat dulu yah, ntar balik lagi kesini…

Kalau inget

Reply
Heri Heryanto November 2, 2019 - 9:16 pm

Betul sekali, Syarat myoba fintech itu wajib terdaftar ojk biar aman uang kita. Kalau coba yg blm terdaftar bisa berisiko uang tdk kembali atau tdk dapat manfaatnya sama sekalidan jatuhnya rugi

Reply
SUFYAN November 3, 2019 - 5:20 am

Ini keren, mas.

Reply
ibrahim November 4, 2019 - 8:16 am

ni ceritanya kita harus banyak inves ya mas supaya keuntungan semakin melimpah

Reply
Farida Pane November 4, 2019 - 9:47 pm

Mantap ya. Sekarang makin mudah saja berinvestasi

Reply
Roem Widianto November 9, 2019 - 2:47 pm

Terimakasih infonya, mas. Akhirnya tau model investasi p2p lending ini. Apalagi bisa investasi dengan jumlah kecil, jadi bisa coba-coba dulu sekalian belajar. Selama ini cuman berani investasi pake deposito doang, yang gak ada resikonya. Hehehe.

Reply
Sabda Awal November 9, 2019 - 6:21 pm

sama-sama mbak, semoga membantu ya

Reply
adelina sofyan November 10, 2019 - 2:48 pm

Blog ini benaran deh sangat informatif. Mana pakai contoh lagi. Jadi pingin coba investasi kecil kecilan mumpung masih muda whaaa…

Reply
Sabda Awal November 10, 2019 - 7:29 pm

Terimakasih, selamat berinvestasi ya

Reply
Fanny F Nila November 17, 2019 - 7:49 pm

aku udh daftar dan pake kode referal mu ;).. tau ga mas, sejak baca blog cara2 kamu investasi, aku jd sering banget menginvest di p2p ini :).. reksadanaku sampe aku cairin dan mending masuk kesini sih, apalagi profitnya lbh bagus di p2p setelah aku rasain :). tx banget semua info2 p2p nya yg bikin aku makin ngerti 🙂

Reply
Sabda Awal November 20, 2019 - 11:52 am

Sama-sama mbak, tapi ingat ya harus disverifikasi juga biar ga zonk. resiko itu tetap ada

Reply
Azis November 29, 2019 - 8:43 am

perbedaan dengan amarta apa ya Mas Sabda, terutama dari segi penanganan risiko gagal bayar?
btw terima kasih, blognya sangat informatif

Reply
Sabda Awal November 30, 2019 - 12:19 pm

di akseleran ada agunan dan proteksi asuransi. Tks

Reply