Pengalaman Deposito Rp 10 Juta Di Bank Syariah Mandiri

by Sabda Awal
Pengalaman Saya Deposito Di Bank Syariah Mandiri

Pada tanggal 13 Mei 2019 saya memutuskan untuk menyimpan uang saya dalam deposito syariah di Bank Syariah Mandiri. Setidaknya ada 3 alasan mengapa akhirnya saya memilih Bank Syariah Mandiri (berikutnya saya singkat menjadi BSM), yaitu :

  1. Karena sudah memiliki rekening tabungan BSM
  2. Imbal hasil tabungan sangat kecil
  3. Uang saya di BSM “menganggur”

Kalau boleh jujur, sebenarnya deposito inipun tidak bisa disebut sebagai investasi, jika dibandingkan dengan return yang dihasilkan p2p lending syariah atau saham, jelas deposito sangat kecil.

Tapi karena uang saya di BSM, kategori ‘uang menganggur’ yaitu dana darurat. Maka saya pun memutuskan untuk menyimpannya di deposito saja. Paling tidak, bagi hasil yang saya peroleh lebih besar daripada tabungan biasa.

Oh iya, bagi pembaca yang belum tahu tentang dana darurat, saya akan jelaskan sedikit. Dalam pengetahuan basic mengatur keuangan : budgeting ada di urutan pertama. Nah, di dalam budgeting itu sendiri, anda dituntut dapat membagi penghasilan ke beberapa alokasi, diantaranya :

  • biaya hidup
  • tabungan
  • investasi
  • dana darurat
  • sosial
  • travelling
  • dan lain-lain (sesuai kebutuhan personal anda)

Fungsi dana daurat adalah untuk dana berjaga-jaga ketika anda sakit (dalam hal tidak punya asuransi), kena phk, atau hal urgen lainnya. Dengan dana darurat, hal-hal tidak diinginkan tersebut dapat ditanggulangi.

Besaran dana darurat adalah 3 – 12 kali pengeluaran bulanan. Misal, pengeluaran bulanan anda Rp 5 juta/bulan, berarti kalau 3 kalinya yaitu Rp 15 juta.

Menyimpan dana darurat. Berdasarkan urgensinya, maka dana darurat harus disimpan didalam produk yang mudah dicairkan, seperti tabungan, deposito, emas, atau reksadana pasar uang.

Nah, pilihan saya jatuh kepada deposito. Alasannya, agar bagi hasil yang saya dapatkan lebih tinggi daripada tabun

Jadi, menurut saya, deposito adalah tempat yang cocok untuk dana darurat.

Berapa Nilai Bagi Hasil Deposito BSM?

Adapun besarannya tergantung jumlah uang yang anda simpan di deposito dan pendapatan BSM itu sendiri. Jadi, setiap waktu nilai bagi hasil yang didapatkan sangat mungkin berbeda-beda.

Jika anda menuju halaman simulasi di website resmi BSM, anda tidak akan dapat melakukan simulasi. Karena halaman situs ini tidak berfungsi (pertanggal Juni 2019).

simulasi deposito syariah bank syariah mandiri

Jadi, untuk mengetahui berapa bagi hasil tahunya dari mana? Dengan datang langsung ke bank BSM.

Saat saya ke bank BSM dan menyampaikan niat saya. CS menjelaskan tentang syarat dan ketentuan, serta simulasi pada microsoft excel di komputer mereka. Simulasi akan disesuaikan dengan uang yang anda simpan di deposito.

Saat itu, uang yang ingin saya depositokan bernilai Rp 10.000.000. Sesuai simulasi perhitungan yang dilakukan oleh Customer Service BSM. Seingat saya, tenor 1 bulan : Rp 28.000-an, 3 bulan : Rp 29.000-an (per bulan akan dapat sekitar Rp 29.000-an).

Semakin lama tenornya, semakin besar pula nilai bagi hasilnya. Sekali lagi, nilai ini berubah sesuai dengan pendapatan BSM itu sendiri.

Namun, ketika saya cek BSM mobile banking ada uang yang masuk ke rekening saya senilai Rp 38.519 pada tanggal 13 Juni 2019. Tepat 1 bulan setelah saya mendaftarkan diri deposito (mendaftar : 13 Mei 2019).

hasil bagi hasil deposito syariah bank syariah mandiri

Hasil bagi hasil deposito akan senantiasa saya update pada tabel dibawah ini.

BulanBagi Hasil
TotalRp 227.513
JuniRp 38.519
JuliRp 38.436
AgustusRp 38.012
SeptemberRp 38.037
OktoberRp 37.274
NovemberRp 37.235

Deposito yang saya ambil :

  • tenor 3 bulan
  • nilai Rp 10.000.000

Adapun bentuk biliyet deposito seperti dibawah ini. Bagian yang saya sensor hanya nomor seri dan alamat lengkap saya.

biliyet deposito bank syariah mandiri

Syarat Dan Ketentuan Deposito Bank Syariah Mandiri

Saat saya mengajukan deposito, selain persyaratan dibawah ini, CS meminta tanda pengenal pegawai saya. Padahal di laman resmi tidak ada syarat itu sih. Tapi, saya iya-iya saja. Dan saya memang melihat tanda pengenal pegawai tersebut di copy oleh mereka.

Persyaratan deposito Bank Syariah Mandiri :

  1. KTP/paspor
  2. NPWP

Syarat diatas untuk perorangan.

Saya juga sempat ditanya, apa saya punya rekening bank BSM atau tidak. Kebetulan saya punya. Saya tidak tahu seandainya saya belum memiliki rekening tabungan bank BSM, apakah ini wajib atau tidak saya tidak tahu.

Tapi, hasil bagi hasil akan dikirim ke rekening tabungan BSM. Seandainya pun anda belum punya, (mungkin) pada saat itu rekening tabungan anda akan dibuatkan.

Ketentuan deposito Bank Syariah Mandiri

Lengkapnya ketentuan terlampir pada halaman biliyet deposito, berikut ini sebagian ketentuan yang ada pada halaman belakang biliyet deposito tersebut. Saya akan tuliskan hal yang saya anggap penting saja :

  1. Depostio Syariah Mandiri ini menggunakan akad Mudharabah Muthalaqah
  2. Deposito Syariah Mandiri tidak dapat dipindahtangankan, dialihkan atau dibebankan dengan cara endosemen atau cara lainnya, kecuali dalam hal deposito dimaksud diserahkan kepada Bank sebagai jaminan untuk pelaksanaan atau pemenuhan kewajiban atas hutang Nasabah kepada Bank.
  3. Pencairan deposito dapat dilakukan oleh nasabah sendiri atau kuasanya berdasarkan surat kuasa yang sah menurut hukum. Apabila nasabah meninggal dunia, maka jumlah yang tertera dalam biliyet deposito tersebut beserta bagi hasilnya akan dibayarkan kepada ahli warisnya yang sah menurut hukum.
  4. Apabila biliyet deposito hilang/dicuri, nasabah harus segera melaporkan kepada Bank dengan dilampiri surat keterangan kehilangan dari Kepolisian. nasabah bertanggung jawab atas segala kemungkinan yang timbul atas pengalahgunaan deposito tersebut.
  5. Bagi hasil atas deposito Syariah Mandiri tidak akan diperhitungkan sesudah tanggal jatuh tempo deposito. Bila depostio Syariah Mandiri diperpanjang, maka nisbah bagi hasil atas deposito tersebut, diterapkan sesuai dengan nisbah yang berlaku pada saat perpanjangan.
  6. Bank tidak berkewajiban atau bertanggungjawab kepada nasabah atas setiap pengurangan karena pajak/bea atau penyusutan nilai dari dana yang dikreditkan pada Rekening lainnya dari rekening deposito tersebut, penyitaan yang bersifat apapun, atau sebab-sebab sejenis diluar kekuasaan bank.

Total ada 13 ketentuan, tapi saya hanya menuliskan 6 saja yang saya anggap penting untuk diketahui.

Nisbah pada saat saya mengajukan deposito adalah nasabah : 47%, nisbah BSM : 53%, nilai bagi hasil ini dapat berubah sewktu-waktu.

Sementara itu, ketentuan berdasarkan halaman websitenya adalah :

  • Tenor : 1, 3, 6, 12 bulan
  • Dicairkan pada saat jatuh tempo (tapi… )
  • Setoran awal minimal Rp 2.000.000
  • Biaya materai Rp 6.000 (anda boleh bawa materai sendiri)
  • Biaya penarikan/pencairan Rp 30.000/rekening

Nah, pada bagian dicairkan pada saat jatuh tempo sebenarnya tidak pernah terjadi karena terdapat fasilitas Automatic Roll Over (ARO) alias akan terus berlanjut jika anda tidak melakukan pencairan dana deposito tersebut.

Contohnya begini…

Saya menyimpan Rp 10 juta dalam deposito dengan tenor 3 bulan mulai tanggal 13 Mei 2019 dan akan jatuh tempo pada 13 Agustus 2019. Seiring berjalannya waktu, sampailah pada tanggal 13 Agustus 2019, saya tidak mencairkan deposito saya, maka deposito akan otomatis berlanjut hingga 13 November 2019.

Namun, seandainya saya ingin mencairkan dana (berhenti berdeposito), pada tanggal 13 Agustus 2019 saya ke Bank untuk mengajukan permintaan pencairan deposito dengan membawa biliyet deposito.

Saya dibebankan biaya Rp 30.000 untuk pencairan tersebut. Uang Rp 10 juta saya akan dicairkan.

Ketentuan top up deposito

Anda dapat melakukan top up kapan saja. Namun, prosesnya harus datang ke bank dan temui CS. Saya diwanti-wanti oleh CS-nya, “Jika Bapak ingin top up, pastikan dana top up tersebut ada di rekening tabungan BSM Bapak.

Jadi, top up deposito akan kami ambil dari rekening tabungan Bapak tersebut.”

Top Up dana artinya membuat biliyet deposito baru. Berarti anda harus menyiapkan biaya materai sebesar Rp 6.000 saja.

Apakah bisa mencairkan deposito sebelum jatuh tempo?

Tidak bisa. Anda tidak boleh mencairkan dana sebelum jatuh tempo. Misal, jika anda ambil tenor 12 bulan, berarti di bulan ke 12 baru boleh dicairkan. Nah, jika anda memiliki kekhawatiran soal butuhnya dana ini disaat-saat mendesak, ambil tenor yang 1 bulan saja. Lebih aman.

Penutup

Deposito Bank Syariah Mandiri bisa menjadi opsi saat anda memiliki dana menganggur. daripada uang hanya tersimpan dalam rekening tabungan lebih baik didepositokan saja karena bagi hasil jauh lebih tinggi.

Syarat dan ketentuan deposito Bank Syariah Mandiri :

  • KTP/Paspor
  • NPWP
  • Tenor : 1, 3, 6, 12 bulan
  • Dicairkan pada saat jatuh tempo
  • Setoran awal minimal Rp 2.000.000
  • Biaya materai Rp 6.000 (anda boleh bawa materai sendiri)
  • Biaya penarikan/pencairan Rp 30.000/rekening

Nah, demikian pengalaman saya deposito di Bank Syariah Mandiri, jika ada pertanyaan atau sharing silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Hello Finance, Make It Fun!

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment

80 comments

Reffi June 19, 2019 - 8:02 am

Nambah ilmu lagi, nice info 😀

Reply
Nychken Gilang Bedy S June 19, 2019 - 8:41 am

Kalau boleh tahu PNS dikementrian apa Pak ?

Reply
Sabda Awal June 19, 2019 - 11:06 am

kementerian keuangan mbak

Reply
Gilang June 19, 2019 - 8:42 am

Menarik nih. Jadi pengen. Lagi mempertimbangkan dengan reksadana

Reply
Heniajaa June 19, 2019 - 12:14 pm

Wah mas Sabda kebetulan sy jg simpen deposito di mandiri syariah jg nih.. Cmn yg sistem ARO.. Dan bagi hasilnya emg sengaja ga pernah sy ambil.. Biarin aja deh gak tau smpe kpn mau sy ambil.. Dr pd ditabung terus kena pajak, biaya dll mendingan di depositoin aja deh.. Aman dn yg jelas syariah… Itu aja sih.. Kebetulan udh sekitar 2 th lah

Reply
Sabda Awal June 19, 2019 - 1:26 pm

Eh btw mbak, hasil bagi hasilnya kan ga otomatis masuk ke deposito, tapi ke rekening tabungan kan?

Reply
Heniajaa June 19, 2019 - 4:20 pm

Kalo sy ke depositonya deh bagi hasilnya.. Wmg sengaja ga sy masukin ke rek. tabungan…kan bs mas. . Sm ky di mandiri konvensional jg dulu sy gitu.. Ga pernah sy ambil bagi hasilnya… Tp mmg sy sengaja simpen aja di depositonya sih.. Hasilnya jg lumayan loh.

Reply
Heniajaa June 19, 2019 - 4:31 pm

Eh maaf iya ya yg mandiri konvensional ding yg bagi hasilnya ga sy ambil” hi hi maaf kebalik” soalnya sy ada yg deposito di mandiri konvensional sm yg mandiri syariah… Duuhh maaf yaa jd ribet komennya

Reply
Sahabat Gratisan June 19, 2019 - 12:36 pm

Pengalaman yang sangad luar biasa kaka

Reply
zunif June 19, 2019 - 9:15 pm

wah pengalaman yang menarik ini gan, kebetulan ane belum pernah deposito di bank, sering nya nabung biasa sih gan, itu pun yang ditabung nominal uang nya kecil hehehe 😀
Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin ya gan 🙂

Reply
Ubay June 19, 2019 - 9:33 pm

Jadi pengen coba nih. Makasih mas atas informasinya.

Reply
Supomo Hanasti June 19, 2019 - 11:10 pm

Bagus sharingnya mas

Reply
Bang Day June 19, 2019 - 11:34 pm

Mas Sabda, bisa ajakan bagi hasilnya dijadikan tambahan saldo ?

Reply
Sabda Awal June 20, 2019 - 7:38 am

maaf mas, kalau itu saya belum tau

Reply
Bang Day June 28, 2019 - 11:33 am

Misalnya gini. Deposito kita 10 juta dengan masa 1 bulan. Bagi hasilnya misalnya 50rb, kita jadikan tambahan deposito ut bulan berikut. Maka bulan kedua investasi kita adalah 10.050.000. dst

Reply
Sabda Awal June 29, 2019 - 5:43 pm

itu dia mas yang saya belum tau, whehe, berikutnya coba saya tanyakan deh

Reply
Bang Day July 1, 2019 - 12:36 am

Ditunggu blog lanjutannya mas hehe

dita August 18, 2019 - 4:07 pm

pengalaman saya bisa kok dengan pilihan seperti ini.
biasanya sih ditawarin sama CSnya, bagi hasilnya mau masuk ke tabungan atau sebagai tambahan saldo.

Reply
Sabda Awal August 19, 2019 - 10:03 pm

oke mbak, makasih , nanti saya coba deh ke CSnya lagi

BLOG PESONA RUN June 20, 2019 - 10:31 am

Mantaap, idolaku perihal investasi ini :))

Reply
mawardi June 20, 2019 - 10:37 am

menarik juga tawarannya

Reply
Alfan ismail June 20, 2019 - 3:00 pm

Makasih mas nambah pengetahuan saya ini…sip deh

Reply
kuanyu June 20, 2019 - 3:35 pm

Sekarang deposito menjadi lebih mudah ya mas untuk daftarnya dan sekarang baru tahu juga ada deposito syariah, sangat rekomended nih bagi yang ingin menghindari riba, tabungan jadi lebih aman, baik dari segi syariat agama dan juga keamanan karena langsung dijaga oleh pihak bank mandiri

Reply
Ahmad Cute June 20, 2019 - 6:20 pm

Kalau mantan bisa di depositkan sih enak, soalnya ini ada banyak jug stok, yah lumayankan dari menganggur… :v

Reply
Nugraha Fauzi June 20, 2019 - 11:44 pm

Ilmu nih, mantap!
Lumayan kalo setoran awal minimal 2 juta, daripada cuman “diem” di atm/tabungan, itu uang mending di depositokan …

Noted nih. Suwun sanget ^_^

Reply
Mugniar June 21, 2019 - 6:32 am

Semoga halaman simulasinya sudah bisa berfungsi sekarang ya

Reply
Amir June 21, 2019 - 7:05 am

Menarik juga nih deposito di BSM. Menurutku bagi hasilnya lumayan banget sih. Kalo sebulan 35 ribu, atau jika di rata-ratakan 30 ribu untuk deposit 10 juta, berarti dalam setahun, 30 rb x 12 = 360 ribu. Jika nilai depositnya semakin besar, bagi hasilnya juga mengikuti

Reply
Sabda Awal June 21, 2019 - 8:31 am

bener mas, lumayan, uang nambah sekitar 4% lebih/tahun

Reply
Amir August 23, 2019 - 5:41 pm

Berarti gede juga ya ? tertarik jadinya

Reply
Ridsal June 21, 2019 - 11:22 am

Bisa jadi solusi nih bagi yang ingin deposito sistem syariah. Apalagi ada contohnya, jadi mudah paham..

Reply
Danang June 21, 2019 - 1:58 pm

Daripada disimpen dirumah uangnya.. mending di Depositoin saja ya,,

selain aman,, juga nilainya akan bertambah juga,, nice post,

Reply
ursula meta rosarini June 21, 2019 - 3:52 pm

Wah lumayan juga ya bunganya, kalau deposito 12 bulan pasti lebih gede lagi. Waktu saldo ATMku 10 juta bunganya paling 2 ribuan hahahaha

Reply
Fakhrezy June 21, 2019 - 7:04 pm

untuk profit per bulan bagi hasilnya kecil juga ya mas hehe 40rb doang satu bulan dari 10jt. tapi ya ini sama kyak sistem koperasi sih nyari yg aman aja hehe

Reply
Bayu Kurniawan June 23, 2019 - 4:53 am

Sama nih, gue juga deposito.. Udah dri tahun 2017 pas nerima gaji pertama.
cuma skrang lebih aktif di reksadana sama nabung ekstra buat Nikahhh.. ehhhh 😀 bukann buat bekal hidup maksudnya.. wkwkw

btw salam kenal mas…

Reply
Sabda Awal June 23, 2019 - 1:00 pm

slam kenal juga mas

Reply
Reyne Raea June 23, 2019 - 3:30 pm

Bermanfaat banget nih, jadi berpikir ikutan masukin dana darurat ke deposito, meskipun kadang juga mikir, takutnya belum jatuh tempo dibutuhkan hahahaha.
Dulu saya pikir ribet banget urusnya, ternyata dikenakan beban dikit doang.

Yang syariah memang jadi lebih tenang ya.
Sistem bagi hasilnya pun masuk akal, dan syaratnya pun gak aneh-aneh.
Semakin tergoda untuk rajin investasi dan nabung mah kalau main ke sini 🙂

Reply
Sabda Awal June 23, 2019 - 7:53 pm

kalau ada uang nganggur boleh deh coba depostio mbak

Reply
jalan dan makan June 24, 2019 - 5:56 am

syariah mandiri belum ada di kota saya pak baru bri syariah ada nggak ya produknya seperti ini

Reply
ellafitria June 24, 2019 - 8:44 am

tercerahkaan, aku blm punya deposito nih.. blm mantep aja rasanya mau nyoba deposito, mungkin karena blm menyiapkan dana darurat juga sih yaa

Reply
Sabda Awal June 24, 2019 - 9:22 am

nanti kalau udah punya dana darurat, udah bisa dipertimbangkan ke deposito mbak, daripada cuma ditabungan biasa saja kan.

Reply
ellafitria July 8, 2019 - 10:56 am

Yap bner mas. Mesti dialokasikan untuk dana darurat dlu biar lebih anteng kl mau di depositkan. Hhh

Reply
aris armunanto June 25, 2019 - 8:02 am

enak sekali emang ya investasi dlm bentuk deposito, dapat bagi hasil dan aman

Reply
thya June 25, 2019 - 10:51 am

bagi hasilnya lumayan juga ya mas..
jadi kepikiran untuk deposito juga, lumayan kalau dikali setahun aja udah dapet 300 ribuan yaa..
kalau jumlah depositonya semakin besar, bagi hasilnya lebih besar juga ya mas?

Reply
Sabda Awal June 25, 2019 - 11:52 am

pasti mbak, makin banyak yang didepositokan makin besar bagi hasilnya.

Reply
Lala June 26, 2019 - 10:15 am

info yang bermanfaat banget buat saya yang belum pernah melakukan deposito, thanks 😀

Reply
herva yulyanti June 26, 2019 - 11:59 am

baru tahu ttg deposito nih kang 🙂 apalagi aku juga pengguna BSM jadi mau coba deposito ini

Reply
Nurul Sufitri June 26, 2019 - 3:08 pm

Wah, bertambah ilmu tentang deposito nih dari mas 🙂 Saya ga punya deposito hehehe. Jadi begitu ya perhitungannya. Kalau buat investasi di BSM ini hasilnya emang ga gede lah tapi buat naro2 aja mah oke 😀

Reply
Arif Rudiantoro June 27, 2019 - 7:34 am

Terimakasih mas infonya 🙂
Deposito heeem ane selama nie kurang sreg, takut Riba mas, walaupun akad pertama bagi hasil,

Selama ini berurusan dg bank sebatas menabung, karena kebutuhan mendesak tuk jual beli online hehe jasa bank ane gunakan tempat uang masuk dan keluar 🙂

Reply
Bang Doel June 27, 2019 - 7:23 pm

Tahun 2017, saya pernah naruh duit 20jt dalam bentuk deposito di syariah mandiri. Pas naruh awal kayaknya cepet banget diproses, dan aplikasi produknya langsung aktif.

Setahun kemudian, saya ambil. Nah proses ngambil ini saya mesti berulang-ulang ngajuin dokumen. Cuma alhamdulillah, dapet lebihan 1jt lebih sedikit.

Reply
Sabda Awal June 27, 2019 - 11:00 pm

Ngajuin dokumen berulang2? Bukannya cukup biliyet deposito aja ya mas?

Reply
Opi Rahmita June 28, 2019 - 8:15 am

Wah menarik sekali ya. Saya jadi kepingin sekali mindahim deposito ke Bank Syariah Mandiri. Details and informatif. Terima kasih for sharing

Reply
zaki June 28, 2019 - 12:51 pm

Wah artikelnya mantap nih, wah saya juga harus siapin dana buat jaga-jaga nih. Keren tulisannya mas.

Reply
Rohyati Sofjan June 28, 2019 - 9:41 pm

Halo Bang Sabda, lebaran telah lewat meski demikian saya mohon dimaafkan jika pernah bikin khilaf. Saya sibuk ikut lomba blog dan ikut grup blogwalking perempuan jadi baru sekarang bisa kunbal dan lakukan blogwalking secara organik setelah tugas lomba maratonnya selesai.
Tulisan ini bisa nambah ilmu mengenai seperti apa deposito. Setiap bank tentu punya aturan berbeda dalam hal deposito, termasuk BSM dengan konsep syariahnya. Menurut saya konsep syariah akan semakin dicari da dibutuhkan masyarakat yang ingin menganut gaya hidup halal dalam segala bidang.
Menabung dan deposito memang masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, deposito bagus diterapkan bagi yang punya dana lebih sedang menganggur.
Penghasilan secara syariah dari deposito juga masuk akal karena sistem bagi hasil, itu bisa jadi alternatif bagi kita yang tidak ingin terjerat riba.
Semoga lancar dan berkah.

Reply
Sabda Awal June 29, 2019 - 5:41 pm

maaf lahir batin juga mbak,
wah luar biasa, berarti aktifitas menulis makin produktif mbak,

InsyaAllah berkah, karena di bank syariah jadi sesuai dengan prinsip syariah

Reply
ilsaanggraini June 30, 2019 - 10:27 pm

sistem bagi hasil nya profit sharing atau revenue sharing bg? lalu untuk nasabah yg mendeposito kan uang nya lebih dari 250juta, ada negosiasi nisbah nya ga?

Reply
Sabda Awal July 1, 2019 - 12:59 pm

profit sharing, tidak ada

Reply
ilsaanggraini June 30, 2019 - 10:32 pm

jika kita ngambil dana nya sebelum jatuh tempo gimana mas? ada dikenakan uang adm ny ga?

Reply
Sabda Awal July 1, 2019 - 12:59 pm

ga bisa ambil dana sebelum jatuh tempo

Reply
Nurul Mutiara R.A July 2, 2019 - 12:11 am

Finance selalu memiliki sisi menarik kalau kita memahaminya, aku aja meskipun lulusan manajemen, belum paham beberapa hal terkait pengaplikasian ilmu finance yang aku punya. But so far, informasinya bermanfaat banget nih Bang. Dana darurat penting banget dimiliki, itu juga jadi cara kita belajar mengatur keuangan 😀

Reply
Sabda Awal July 2, 2019 - 8:06 pm

siiip mbak, semoga selalu bermanfaat ulasan saya

Reply
Hakim July 4, 2019 - 1:30 pm

Sepertinya cukup menjanjikan ya mendepostikan uang dibank, termakasih mas sabda atas tulisanya ini, bisa memberi ilmu kepada saya dan kawan-kawan yang belum pernah mendepositkan uangnya.

Reply
Sabda Awal July 4, 2019 - 7:34 pm

paling tidak dapat imbal hasil yang lebih tinggi dari tabungan, tp kalau bisa investasi yang profit lebih tinggi, pilih investasi tsb aja

Reply
Riza Alhusna July 7, 2019 - 3:15 pm

Gedean punya CIMB Syariah mas. Coba deh kalo gak percaya. Tapi kalo gak punya CIMB ya gak usah lah. Pake bank yang kita punya aja.

Reply
Sabda Awal July 8, 2019 - 11:32 am

tapi boleh deh nanti dicoba, whehe

Reply
Andrie Kristianto July 11, 2019 - 8:50 am

OHhhh bisa jadi dana yang tidak terduga gitu yaaa… Wahh kalau semisal dilain hari ada kebutuhan yang tak terduga bisa nih digunakan 😀

Reply
Enny Ratnawati August 12, 2019 - 10:47 pm

aku juga beberapa x nih buka deposito di BSM. walau menurutku hasilnya kecil tapi lumayan lah ya hehehehe…drpd nabung biasa 🙂

Reply
gito purnomo August 13, 2019 - 4:39 am

pengalaman yg menarik akhirnya saya memutuskan pingin jadi investor saham sajalah

Reply
Sabda Awal August 13, 2019 - 11:54 pm

Wah selamat bergabung di klub mas, haha

Reply
Nanda August 13, 2019 - 4:26 pm

ini berarti kalo tenor 1 bulan, misal return sebulan 39rb,, kepotong biaya pencairan 30rb.. jd dapetnya 8rb aja ya mas?

Reply
Nanda August 13, 2019 - 4:27 pm

ralat deng… misal return 39rb, biaya pencairan 30rb, dapet akhirnya 9rb.

Reply
Sabda Awal August 13, 2019 - 11:50 pm

iya segitu mbak 🙂

Reply
Dewi purnamasari October 16, 2019 - 8:49 pm

Tapi misalnya gini gimana mas. Kita deposit 10jt jangka 1 bulan. Trus pas slesai 1 bulan gak kita cairkan. Kan berlanjut tuh ke bulan berikutnya otomatis. Apakah akan dipotong 30 ribu biaya penarikan di tiap bulan?

Reply
Sabda Awal October 17, 2019 - 7:56 am

Maaf mbak pertanyaannya ambigu. Kalau deposito berlanjut, ngga boleh dicairkan/ditarik.
Pencairan artinya berhenti berdeposito. Pengenaan potongan rp 30k pada saat pencairan

Sandra Hamidah September 9, 2019 - 9:33 pm

Saya dan Suami juga saving deposito syariah di bank sebelah lumayan sih cuma suka lupa diitungnya karena ngga berjangka gt suka otomatis diperpanjang ya namanya juga buat dana darurat tapi semoga berkah untuk hal yang baik tfs ya kak

Reply
Sabda Awal September 10, 2019 - 7:42 am

saya menghitung sebagai bahan tulisan di blog mbak, wheheh.

Reply
Prabu Kresno November 12, 2019 - 6:11 pm

Apakah harus punya NPWP ?

Reply
Sabda Awal November 13, 2019 - 7:40 am

Tidak
^tks

Reply
Runa armada November 22, 2019 - 6:26 am

menarik juga ni deposit di BSM, sy juga pernah pengalaman deposit di bank BN* syariah bagi hasil hampir sama 4%an pertahun, tp menurutku msh kecil ya, dulu dikoperasi daerah sleman (saat ini manajemen berubah) bisa mencapai 9% per tahun. Alhamdulillah saat ini dari hasil gaming online saya bisa nabung dan deposit dikit dikit. Skrg baru mau merintis blog jg nih, kunjungi jg ya blogku: runaarmada@blogspot.com

Reply
Sabda Awal November 23, 2019 - 6:29 am

Rata-rata bank syariah di 4%-an nih tampaknya, saya juga udah ukur bank lain.

Reply