Pintu Aplikasi Jual Beli Crypto Terpercaya di Indonesia

by Sabda Awal
Pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia

Saya tahu kripto sudah lama 3-4 tahun kebelakang. Tapi, bagi yang menjadi pembaca setia blog ini pasti tahu kalau saya tidak investasi cryptocurrency. Instrumen investasi yang saya pilih hanya emas, deposito, p2p lending, reksa dana dan saham saja.

Kenapa?

Jawabannya simpel, saya tidak paham dan tidak mengerti.

Tahun 2022 tampaknya menjadi titik balik karena penasaran dengan koin digital ini. Saya pun mencoba transaksi kripto. Hal yang saya lakukan adalah mencari platform Pedagang Fisik Aset Kripto yang legal dan terdaftar di Bappebti. Setelah sebelumnya belajar dasar-dasar kripto terlebih dahulu.

Lalu, ketemulah yang salah satunya Pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia.

Meskipun saya register tanggal 20 Agustus 2022 di aplikasi Pintu, tidak serta-merta langsung beli kripto. Tapi, saya belajar lagi. Kebetulan bisa sekalian belajar lewat artikel-artikel yang ada di Pintu Academy.

Tahu pembelian kripto pertama saya apa? Terra Luna. Saya beli 3 hari kemudian dengan modal Rp 100 ribu sekedar untuk mencoba.

Artikel ini akan mengulas bagaimana cryptocurrency bisa menjadi opsi investasi dan aplikasi Pintu sebagai platform untuk transaksinya.

Memahami Cryptocurrency Secara Sederhana

Banyak orang ingin belajar cryptocurrency, tapi tidak paham karena penggunaan kata-kata yang rumit dan sulit dipahami. Benar, kan? Saya akan jelaskan secara sederhana.

Saya akan pakai permisalan, biasanya ketika orang A mau transfer uang ke orang B. Orang A melakukan proses transfer, lalu uang yang ditransfer diproses oleh Bank, baru kemudian uang ditransfer ke B.

Bank akan mencatat dan memiliki data transaksi uang tersebut seperti nama, nomor rekening, nomor transaksi, nominal dan data lainnya. Karena semua data-data ini memang dimiliki oleh bank.

Maka, hal ini disebut sistem terpusat (centralized system) karena hanya satu badan (si bank) yang punya data transaksi tersebut.

Di cryptocurrency beda. Tidak ada sistem bank di kripto.

Yang jadi pertanyaan, siapa yang mencatat dan memiliki data transaksinya? Jawabannya semua orang dalam sistem jaringan kripto. Ini disebut sistem blockchain.

Dimana sistem ini tidak terpusat karena semua orang punya data dan transaksi semua orang atau dikenal sebagai decentralized system.

Pertanyaan berikutnya, siapa yang memerika jika transaksi kripto itu sah dan benar? Itu akan menjadi pekerjaan penambang koin kripto (miners). Mereka akan menyelesaikan verifikasi transaksi dan mendapatkan kripto sebagai upah.

Balik lagi, kalau semua orang punya data transaksi kita, bahaya dong? Tidak dong. Cryptocurrency bersifat anonim karena alamat rekening kripto tidak berhubungan dengan identitas seseorang. Sehingga punya tingkat privasi yang tinggi.

Bandingkan dengan saat kita bikin rekening bank yang harus mengisi data nama, alamat, nomor hp, nama ibu kandung, KTP dan lainnya.

Cryptocurrency adalah Mata Uang Digital

Cryptocurrency terdiri dari 2 kata yaitu crypto dan currency. Currency artinya mata uang, sementara crypto berasal dari bahasa Yunani,- kriptos yang artinya rahasia atau tersembunyi.

Jadi, cryptocurrency adalah mata uang digital yang menggunakan cryptography sebagai keamanannya. Cryptography ini menggunakan teknologi jaringan kripto yang disebut blockchain (yang datanya disebar ke seluruh jaringan itu).

Cryptocurrency memungkinkan kita untuk melakukan transaksi lintas negara dengan biaya yang amat rendah, cepat dan aman tanpa bantuan badan keuangan.

Kripto adalah aset spekulatif karena bisa diperjual-belikan dan memperoleh capital gain. Kripto adalah teknologi karena berbentuk digital dengan menggunakan sistem blockchain. Kripto juga adalah sistem keuangan yang baru karena dapat digunakan untuk bertransaksi.

Kita bisa menggunakan kripto untuk :

  • Money Exchange (pertukaran mata uang)
  • Cypto Lending (peminjaman uang)
  • Alat Pembayaran barang atau jasa
  • Berdonasi
  • Spekulasi
  • Investasi
  • Dan lain sebagainya

3 Hal yang Akhirnya Membuat Saya Ingin Punya Kripto

Setidaknya saya punya 3 alasan kenapa pada akhirnya mau nyoba kripto.

1. Capital Gain dari Trading

Mendapatkan keuntungan dari jual beli kripto. Sederhananya, beli di harga rendah lalu jual di harga tinggi seperti yang saat ini banyak dilakukan orang-orang.

Saya ingin mendapatkan capital gain lewat trading kripto. Seperti melakukannya di Pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia.

2. Bunga Dari Aset Kripto yang Disimpan

Trading bukanlah satu-satunya cara untuk menghasilkan keuntungan. Cara lainnya adalah dengan menyimpan aset kripto di platform yang dapat memberikan bunga atas aset yang disimpan.

Ada 3 cara melakukannya yaitu

  1. Yield Farming : praktik meminjamkan aset kripto untuk memperoleh imbalan
  2. Staking : menyimpan aset di dalam dompet kripto dan kemudian melakukan fungsi seperti memvalidasi transaksi, lalu menerima imbalan dalam bentuk koin.
  3. Earn Compund Interest : cara kerjanya sama seperti dengan mendepositokan kripto dan platform memberikan bunga.

3. Alat Pembayaran

Dibeberapa negara dan juga website (e-commerce) dapat menggunakan cryptocurrency sebagai alat pembayaran, dimana dapat digunakan seperti di restaurant, hotel dan lain-lain.

Bahkan saya mendapati pembayaran jasa menggunakan kripto dengan USDT.

Bagaimana Cara Saya Melakukannya?

Tentu saja, hal pertama yang harus saya lakukan adalah mempelajari tentang kripto itu sendiri. Mulai dari pengertian, konsep, cara kerja, fungsi, hingga bagaimana menghasilkan keuntungan dari koin digital ini.

Sekarang sumber informasi belajar juga sudah sangat banyak, baik di google, youtube bahkan dengan mudahnya saya temukan di sosial media.

Belajar cryptocurrency bukan sesuatu yang sulit karena aksesnya luas dan tak terbatas.

Seperti yang saya sampaikan diawal artikel ini, meskipun sudah registrasi ke plaftort Pedagang Fisik Aset Kripto, saya tidak langsung melakukan transaksi. Melainkan, belajar lagi sampai benar-benar paham.

Pembelian kripto pertama saya jatuh kepada koin Terra Luna yang nominalnya masih sedikit. Saya hanya membeli sekitar Rp 100 ribu dan mendapatkan 3,9 koin. Ini sebuah langkah yang bagus.

Saat ini saya menggunakan aplikasi Pintu, karena memenuhi ketiga alasan saya ingin punya kripto. Berikutnya saya akan mengulas aplikasi Pintu lebih jauh.

Pintu Aplikasi Jual Beli Crypto Terpercaya di Indonesia

Saat ini saya menggunakan aplikasi Pintu untuk beli kripto. Alasannya sederhana, karena platform ini terdaftar dan diawasi oleh Bappebti sebagai Pedagang Fisik Aset Kripto.

Terdaftar atas nama PT Pintu Kemana Saja sejak tanggal 04 Februari 2020 dengan nomor 003/BAPPEBTI/CP-AK/02/2020. Jadi, sudah dipastikan bahwa Pintu adalah aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia.

Pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia

Saya registrasi di Pintu tanggal 20 Agustus 2022, lalu belajar lagi selama 3 hari dengan membaca banyak artikel di Pintu Academy. Akhirnya, saya lakukan pembelian aset kripto pertama. Yeayy!!

Ngomong-ngomong soal Pintu, ada banyak fitur yang pada akhirnya saya eksplore dan akan dibagikan di artikel ini. Meskipun tidak semuanya.

Keunggulan aplikasi Pintu :

  1. KYC mudah, bahkan 5 menit saja sudah selesai
  2. Tersedia banyak metode deposit. Saya deposit melalui Mandiri dan tidak ada potongan lho, termasuk gratis biaya trading
  3. Belajar tentang cryptocurrency di Pintu Academy
  4. UI simpel dan apps-nya gampang digunakan
  5. Fitur penting : PTU Staking, Earn, Referral, DCA, Price Alert
logo aplikasi pintu
Pintu

Kalau dari pengalaman penggunaan saya, Aplikasi Pintu ini ramah sekali untuk pemula. Tampilan apps simple, clean dan tidak ribet. Selain itu, ramah di kantong karena dengan modal hanya Rp 11.000 sudah bisa beli aset kripto. Sesuai banget dengan taglinenya Investasi Crypto Jadi Gampang.

Iya karena benar-benar gampang.

Saat ini, Pintu sudah diinstall 4,85 juta kali dengan rating yang cukup tinggi google play 4,4/5 dan apple store 4,7/5.

Penasaran kan, apa saja yang bikin aplikasi Pintu ini menarik buat saya? Akan saya bahas satu per satu.

Daftar Aplikasi Pintu, 10 Menit Langsung Bisa Trading!

Proses registrasi aplikasi Pintu cepat dan mudah. Saya senang sih karena sesuai dengan klaim Pintu itu sendiri yang menyebutkan daftar dan verifikasi dalam 10 menit.

Benar saja, bahkan prosesnya kurang dari 10 menit akun saya sudah selesai dan disiap untuk trading.

Saya merangkumnya proses ini hanya melalui 5 langkah saja.

1. Sign Up Email, OTP dan Verifikasi

Setelah kamu unduh aplikasi Pintu, langsung saja sign up dengan email, masukkan OTP dan cek email lalu verifikasi dari link yang dikirim.

Berurutan seperti gambar dibawah ini.

cara daftar aplikasi pintu
Sign Up Email, OTP dan Verifikasi

2. Verifikasi Identitas

Cara daftar aplikasi pintu selanjutnya adalah dengan memilih Verify Your ID. Poses verifikasi ini melalui 3 langkah yaitu masukkan nomor HP, upload KTP dan selfie serta data diri.

3. Masukkan nomor HP dan OTP

Berikutnya, masukkan nomor ponsel dan kode OTP yang dikirimkan oleh Pintu.

4. Unggah Foto KTP dan Diri

Selanjutnya, unggah foto KTP dan selfie dengan memegang kartu identitas sesuai petunjuk.

5. Isi Data Diri

Terakhir, masukkan nomor KTP, nama lengkap dan tanggal lahir. Lalu, muncul notifikasi ID berhasil dikirim.

Notifikasi Registrasi Berhasil

Jika ada langkah yang belum berhasil akan muncul notifikasi untuk dilakukan ulang. Namun, apabila transaksi sudah selesai, kamu langsung bisa melakukan deposit untuk transaksi di aplikasi Pintu.

Gratis Deposit, Beli Kriptonya Gampang

Selanjutnya, saya lakukan pembelian pertama aset kripto saya. Karena ini pertama, jadi saya pakai modal kecil, hanya Rp 100 ribu saja. Terra Luna adalah koin yang menjadi pilihan untuk dibeli.

Proses belinya beneran gampang, bahkan untuk pemula sekali pun karena tidak ada orderbook. Selain itu, yang saya suka adalah gratis deposit juga.

1. Lakukan Deposit

Pilih menu wallet dibawah lalu klik Rupiah (gambar kiri). Klik deposit (gambar tengah). Pilih metode deposit yang kamu inginkan (gambar kanan).

Saya lakukan deposit lewat virtual account Bank Mandiri dan tidak ada potongan biaya.

2. Cari Kripto yang Ingin Dibeli

Pilih menu market dan klik tombol pencarian (gambar kiri). Di sini kamu juga bisa cek BTC to IDR.

Pada kolom pencarian cari Luna, lalu klik (gambar tengah). Terakhir, pilih buy (gambar kanan).

3. Lakukan Pembelian Kripto

Masukkan nominal uang yang kamu ingin beli. Saya langsung memilih 100% karena pengen beli Rp 100.000 (gambar kiri). Pilih Buy Now (gambar tengah). Transaksi selesai (gambar kanan).

Transaksi Selesai

Terra Luna berhasil dibeli. Saya dapat 3,960657 koin. Kamu bisa cek di menu Wallet (gambar kiri), lalu cari asset Luna di kolom pencarian (gambar kanan).

4 Cara Mendulang Cuan Lewat Aplikasi Pintu

Pada bagian ini, saya akan mengulas ke bagian fitur yang memungkinkan kita untuk mendulang profit. Ada 4 cara yang sudah saya rangkum yaitu :

  1. Jual-beli kripto
  2. PTU Staking
  3. Earn
  4. Referral

1. Jual-Beli Kripto

Tentu saja yang pertama adalah dengan melakukan jual-beli kripto untuk mendulang cuan. Ya, karena koin digital ini termasuk aset spekulatif.

Beli di harga rendah, lalu jual di harga tinggi.

Sampai artikel ini diterbitkan, ada 78 koin digital yang bisa kamu transaksikan. 10 diantaranya adalah :

  1. Bitcoin – BTC
  2. Ethereum – ETH
  3. Tether – USDT
  4. Binance Coin – BNB
  5. Compound – COMP
  6. Chainlink – LINK
  7. Synthetix – SNX
  8. Yearn.finance – YFI
  9. Uniswap – UNI
  10. Maker – MKR

Kamu bisa cek seluruh cryptocurrency di menu Market.

koin apa saja yang ada di aplikasi pintu

2. PTU Staking

Bisa dibilang cara kedua ini adalah strategi investasi kripto untuk dapat pendapatan pasif dan rendah risiko. PTU Staking ini cocok sekali untuk investor pemula yang belum paham tentang pasar dan analisis dengan chart pattern.

Saya suka mengibaratkan PTU Staking ini seperti deposito kripto yang memberikan imbal hasil secara rutin. Kripto apa yang distaking? Koin yang digunakan ekosistem dan komunitas Pintu yaitu PTU.

Menariknya, kamu bisa menarik koin PTU kapan saja tanpa dikenakan pinalti. Saat kamu menarik dari staking, otomatis kamu tidak akan mendapatkan bunga lagi.

Bunga yang diberikan mulai dari 7% s.d. 12% pertahun. Tergantung berapa banyak koin PTU yang kamu staking. Ada 8 level staking seperti gambar dibawah ini.

ptu staking aplikasi pintu
Sumber : Pintu.co.id

Karena imbal hasil yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan deposito dan reksa dana pasar uang, maka saya memutuskan untuk melakukan PTU staking sebanyak 100 koin PTU.

Berarti saya akan mendapatkan 7% per tahun. Begini caranya :

a. Beli PTU Token

Pastikan kamu sudah deposit terlebih dahulu untuk beli koin PTU. Tapi, jika kamu sudah punya PTU, bisa lewati step ini.

Langkahnya pilih PTU Staking (gambar kiri). Selanjutnya, pilih Get PTU Now (gambar tengah). Lalu, klik Buy (gambar kiri).

cara ptu staking di aplikasi pintu

b. Konfirmasi Pembelian

Next, masukkan jumlah PTU yang kamu inginkan. Saya membeli 100 PTU (gambar kiri). Lanjut, Buy Now (gambar tengah).

Setelah proses pembelian berhasil, selanjutnya pilih Stake PTU (gambar kiri).

cara kerja staking koin pintu

c. Lakukan PTU Staking

Langkah terakhir adalah melakukan PTU Staking. Klik tombol Stake (gambar kiri). Masukkan jumlah koin PTU (gambar tengah). Terakhir, Stake Now (gambar kanan), jangan lupa klik centang terms & conditions.

cara ptu staking aplikasi pintu

d. PTU Staking Selesai Dilakukan

Akan muncul konfirmasi seperti gambar ini saat proses PTU Staking selesai.

3. Earn

Cara mendulang cuan yang ditawarkan Pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia berikutnya adalah Earn.

Fitur ini mirip dengan PTU Staking, hanya saja di menu Earn kamu akan menstaking koin kripto lainnya seperti Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, Dodgecoin, Tehter, USD Coin, Polygon, The Sandbox, REN dan Solana.

Saya coba melakukan staking koin USDT di fitur ini. Jumlahnya juga tidak banyak, hanya 2 USDT saja, hehe.

a. Pilih Earn

Di homepage, pilih Earn (gambar kanan). Lalu, pilih jenis koin yang akan di staking. Kebetulan saya memilih Tether (gambar tengah).

Selanjutnya Top Up Earn Balance (gambar kanan). Jika kalian sudah punya USDT, akan menampilkan langkah ke 3. Tapi, karena saya belum punya, jadi harus beli koin dulu.

cara staking koin di aplikasi pintu

b. Beli Kripto

Saya diarahkan untuk beli USDT terlebih dahulu (gambar kiri). Untuk pembeliannya tinggal klik buy saja (gambar tengah), lalu masukkan jumlah yang ingin dibeli (gambar kanan).

Beli koin usdt untuk distaking

c. Lakukan Staking

Langkah ketiga, masukkan jumlah koin yang ingin distaking. Saya memasukkan 2 USDT (gambar tengah). Lalu, setujui Terms & Conditions, kemudian klik continue (gambar kanan).

cara staking thether di aplikasi pintu

d. Staking Selesai

Saat muncul notifikasi seperti ini, berarti staking kamu sudah selesai.

4. Referral

Aplikasi Pintu juga menyediakan opsi cuan lain tanpa modal sama sekali melalui program referral yang disediakan.

Program referral Pintu menggunakan sistem jangka panjang yang bisa beri komisi berlipat seiring makin banyak teman yang diundang. Bahkan, hasil cuan ini punya potensi dijadikan sebagai pendapatan pasif.

Sistem referral ini memberikan keuntungan ke semua orang, baik si pengundang (inviter) maupun terundang (invitee) tanpa mengurangi hasil ataupun nilai transaksi yang dilakukan.

Inviter akan memperoleh komisi berupa IDRT, sedangkan Invitee mendapat cashback (IDRT).

Inviter atau pemilik kode bisa memperoleh komisi dari 3 level teman yang diundang. Rinciannya sebagai berikut :

  • Inviter dapat 0,04% dari total trading sendiri berupa cashback jika menggunakan kode orang lain.
  • Memperoleh 0,012% dari total trading Teman level 1
  • Memperoleh 0,006% dari total trading Teman level 2
  • Memperoleh 0,004% dari total trading Teman level 3

Kamu bisa pelajari tentang sistem referral Pintu di sini.

Nah, kamu bisa banget nih menggunakan kode referral @awalsabda62 agar kita sama-sama memperoleh benefit. Saat mendaftar aplikasi Pintu, masukkan isian username referral seperti gambar di bawah ini.

3 Fitur Pendukung Aplikasi Pintu Biar Cuan Maksimal

Saya merangkumnya ada 3 fitur pendukung untuk memperbesar kesempatan mendulang cuan makin maksimal, yaitu :

  1. Puntu Academy
  2. Price Alert
  3. DCA

a. Pintu Academy

Seperti saya singgung di atas tadi, fitur pertama yang saya gunakan di platform ini adalah Pintu Academy. Selama 3 hari lebih saya baca semua artikel-artikel dasar tentang kripto.

Menariknya, artikel dibedakan berdasarkan levelnya yaitu beginner, intermediate dan advance.

Kamu bisa banget akses fitur ini meskipun belum instal aplikasinya dengan membaca di situs Pintu.co.id.

Pintu Academy
Pintu Academy

b. Price Alert

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan notifikasi ketika harga kripto mencapai target yang dipasang. Price Alert cocok banget buat kamu yang tidak bisa mengecek pergerakan pasar setiap saat.

Kamu bisa mengatur jenis koin kripto, target harga dan jenis notifkasinya (sekali atau setiap kali).

price alert aplikasi pintu
Price Alert

c. DCA

Yang terakhir adalah DCA (Dollar Cost Averaging) yang berfungsi sebagai pengingat untuk berinvestasi secara rutin dan berkala.

Kamu bisa mengatur jenis koin, jumlah alokasi dana, dan waktu (setiap minggu atau bulan). Dengan fitur ini kamu tidak akan ketinggalan untuk beli aset kripto lagi.

dca aplikasi pintu
DCA

Penutup

Aplikasi Pintu adalah Pedagang Aset Fisik Kripto yang diawasi oleh Bappebti, jadi dapat dipastikan melakukan transaksi jual-jual beli kripto disini aman.

Memiliki legalitas yang jelas adalah salah satu kriteria dari aplikasi crypto terbaik.

Berdasarkan pengelaman saya, mulai dari registrasi, deposit, beli kripto, menggunakan fitur PTU Staking dan Earn, serta Pintu Academy memberikan sebuah kesimpulan yaitu mudah.

Makanya, aplikasi ini sangat saya rekomendasikan khususnya bagi pemula yang ingin terjun dalam dunia kripto.

Sekian artikel Pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di Indonesia, selamat berinvestasi!

Related Posts

Leave a Comment

1 comment

Pemenang Lomba Blog Aplikasi Pintu 2022 October 11, 2022 - 12:20 am

[…] Artikel terbaik. Ada lima tulisan blogger yang terpilih menjadi karya terbaik. Mereka adalah blogsabda.com, jarumjahit.com, paulipu.com, newsantara.id dan […]

Reply