4 Buku Saham Untuk Pemula, Situs dan Aplikasi Pendukung Lainnya

by Sabda Awal

Sejak saya menuliskan rangkaian artikel belajar saham, banyak yang bertanya tentang saham kepada saya. Terutama buku saham untuk pemula yang saya baca. Sebagian dari mereka hanya bermodalkan informasi dari internet saja.

Artikel dari internet itu tidak cukup, anda butuh lebih dari itu. Buku, aplikasi, situs terpercaya bahkan mengikuti training.

Untuk yang masing bingung memilih buku saham untuk pemula, saya merekomendasikan 4 buku. Saya juga memberikan rekomendasi aplikasi dan situs pendukung lainnya yang dapat anda gunakan sebagai refrensi.

4 Rekomendasi Buku Saham Untuk Pemula

Berikut ini merupakan daftar 4 buku yang saya sarankan untuk dibaca sesuai dengan urutannya. Smart Trader Rich Investor, Smart Traders Not Gamblers, Main Saham Pakai Kiat dan Bandarmology.

Sebaiknya keempat buku ini dimiliki, karena pembahasan setiap buku berbeda dan tentunya akan menambah wawasan anda dengan dunia saham.

1. Smart Trader Rich Investor

Ini merupakan buku pertama yang saya beli untuk belajar saham. Buku ini ditulis oleh Ellen May. Jika ditanya siapa itu Ellen May, saya rasa beliau pasti terkenal dikalangan pelaku di pasar modal.

Beliau juga punya semacam lembaga belajar saham.

Saya beli buku ini Januari 2016 sudah cetakan ke 5. Awal kali terbit Oktober 2013.

Buku ini cocok sekali untuk pemula. Ellen May menuliskan dengan begitu mendasar. Dimulai dari “mengapa harus berinvestasi”, “mengapa harus saham”, “mengenal saham” dan seluk beluk mendasar lainnya tentang pasar modal.

Buku ini sangat mudah dipahami. Bahkan dalam beberapa bagian buku ini menggunakan komik agar pembaca lebih paham dengan pasar modal.

Jika saya ditanya, buku pertama apa sebaiknya dibaca oleh para pemula? Ya, buku Smart Trader Rich Investor ini sangat cocok sekali.

Saya beli buku ini di ellen-may.com

4 Rekomendasi Buku Saham Untuk Pemula, Situs dan Aplikasi Pendukung Lainnya

 

Smart Traders Not Gamblers

Masih dari penulis yang sama Ellen May. Buku ini merupakan buku pertama yang ditulis oleh Ellen May. Buku ini juga sempat menyabet gelar best seller lho.

Sewaktu saya mencari di Gramedia, buku ini tidak tersedia. Bahkan buku yang saya miliki ini terbitan Oktober 2013 cetakan ke 8. Saya beli online di ellen-may.com.

Buku ini memberi pemahaman kepada saya bahwa saham / trading itu bukan gambling. Karena pada kenyataannya banyak orang awam yang beranggapan bahwa pasar modal itu perjudian. Padahal jelas berbeda.

Buku ini juga berhasil mendobrak mindset saya tentang dunia saham.

Yang paling saya soroti dari buku ini adalah pembahasan money management dan psikologi trading. Pembahasan ini sukses membuka mata saya tentang psikologi seorang trader, apalagi masih pemula.

Saat pertama kali terjun ke pasar modal, saya masih belum tau posisi saya. Trader atau investor. Belum lagi soal yang tiap sekian menit buka aplikasi. Padahal hal itu tidak perlu, hihihi…kecuali anda seorang trader harian.

Itulah yang terjadi jika anda tidak mengetahui tentang psikologi trading. Semua bisa kacau karena masalah psikologi dan ego.

Buku ini tepat menjadi bacaan ke 2 yang wajib dibaca bagi pemula.

4 Rekomendasi Buku Saham Untuk Pemula, Situs dan Aplikasi Pendukung Lainnya

Main Saham Pakai Kiat

Buku ini ditulis oleh Benni Sinaga, saya belinya di Gramedia. Saya tidak tahu sekarang masih dicetak atau tidak, pasalnya saat saya membeli buku ini masih cetakan pertama bulan April 2014.

Buku ini menjelaskan dengan baik bahwa untuk membeli atau menjual saham bukan dengan cara ikut-ikutan atau berdasarkan feeling. Karena setiap keputusan bisa diambil dengan tepat saat kita paham melalui analisa.

Ya, ada kondisi yang dapat ditandai kapan saat membeli atau menjual saham. Indikasi ini dapat diketahui saat kita sudah belajar analisa teknikal.

Nah, Main Saham Pakai Kiat khusus membahas berbagai metode yang digunakan dalam analisa teknikal. Ada candle stick, menentukan support dan resistence, gap, MACD, Relative Strength Index, Bolinger Bands, Parabolic SAR dan Fibonacci Retracement.

Dari sekian banyak metode analisa teknikal yang ada kita tidak perlu belajar semuanya, cukup 3 saja. Dengan mengkobinasikan 3 metode analisis teknikal maka prediksi akan lebih akurat.

Jika buku ini tidak anda dapatkan bisa menggantikannya dengan buku analisis teknikal yang lain. Karena buku analisis teknikal banyak dijual di pasaran.

4 Rekomendasi Buku Saham Untuk Pemula, Situs dan Aplikasi Pendukung Lainnya

Bandarmology 

Tahu tidak kalau dipasar saham itu sebenarnya dikendalikan oleh yang memiliki modal besar. Khususnya dipasar modal Indonesia karena orang Indonesia sendiri masih enggan (awam) untuk bertransaksi pada pasar modal sendiri.

50%  pasar modal masih dikuasai oleh trader asing. Alhasil, tidak jarang sebuah saham bisa dimainkan harganya. Bukan hanya trader asing, trading lokal yang memiliki modal besar juga bisa mempengaruhi harga sebuah saham!

Logikanya begini…

Masihkah anda ingat teori permintaan dan penawaran? Semakin besar permintaan, maka harga akan naik. Sebaliknya semakin besar penawaran, maka harga akan turun.

Jadi kebayang kan, kalau ada yang punya modal banyak lalu melakukan pembelian (permintaan) dalam jumlah besar terhadap sebuah saham? Harga saham tersebut pasti naik.

Nah, buku Bandarmology ini memberikan tips untuk mengenali kondisi ini. Siapakah bandarnya? Jika kita (trader kecil) ini ikut pola bandar maka kemungkinan besar kita akan kebagian keuntungan juga.

Buku ini ditulis oleh Ryan Filbert seorang praktisi dunia investasi dan pasar modal sejak tahun 2004. Saya membelinya di Gramedia.

Dalam buku Bandarmology ada beberapa kasus nyata yang dibahas Ryan Filbert. Mencari tahu siapa bandarnya, kapan harus masuk sesuai dengan timing si bandar dan kapan harus keluar / menjual saham jika “pesta” sudah berakhir.

4 Rekomendasi Buku Saham Untuk Pemula, Situs dan Aplikasi Pendukung Lainnya

Aplikasi dan Situs Pendukung

Adalah aplikasi RDI bussiness dan situs id.investing.com yang saya gunakan sebagai refrensi informasi. Pada RDI anda diwajibkan memiliki akun, sementara id.investing.com tidak.

RDI Bussiness

Agar saya mudah memantau sebuah saham, saya menggunakan RDI Bussiness di smartphone. Sebenarnya bisa saja sih pakai aplikasi trading saham, cuma karena repot harus login dulu, makanya saya memilih menggunakan aplikasi ini.

Nah, RDI cukup login sekali saja. Jika pun saya ingin membuka kembali setelah ditutup tidak perlu login.

Fiturnya apa saja?

Dalam RDI bussiness ada simulasi trading dengan modal virtual Rp 100 juta yang sesuai dengan kondisi real, memantau pergerakan harga saham, membuat watchlist,  merangkum berdasarkan akumulasi gainers (kenaikan tertinggi) , losers (penurunan tertinggi), volume, frequency, net foreign dan net sell, bisa melihat chart, indicators (analisis teknikal), berita terupdate tentang emitan, jadwal pembagian deviden, laporan keuangan dan banyak lagi.

Bagi saya aplikasi sangat bisa diandalkan dan mesti terinstall pada smartphone.

4 Rekomendasi Buku Saham Untuk Pemula, Situs dan Aplikasi Pendukung Lainnya

id.Investing.com

Situs ini berisi berita terupdate tentang pasar modal. Saya menggunakannya untuk mencari infomasi terbaru sebuah saham.

Pada kolom pencarian anda dapat mengetik kode saham, maka saham yang anda inginkan akan muncul. Tinggal klik.

Yang pertama kali ditampilkan adalah chart. Tetapi yang paling sering saya cari adalah berita & analisis dan forum.

Dalam berita & analisis diulas dengan sangat dalam sehingga memberikan informasi penting untuk saya. Sementara forum, membaca komentar dari para member yang terkadang perlu dijadikan atensi pula.

4 Rekomendasi Buku Saham Untuk Pemula, Situs dan Aplikasi Pendukung Lainnya

Stockbit
Stockbit merupakan “sosial media” nya para trader. Anda dapat berdiskusi dengan sesama trader atau membaca hasil analisa, isu-isu hangat dari trader lain.

Tersedia dalam bentuk applikasi smartphone dan situs.

Di Stockbit anda juga dapat menggunakan Tools untuk menganalisa saham. Tersedia versi berbayar dan gratis.

Penutup

Ada 4 buku saham pemula yang saya rekomendasikan untuk dibaca bagi para trader pemula. Sesuai urutannya, yaitu

  1. Smart Trader Rich investor
  2. Smart Traders Not Gamblers
  3. Main Saham Pakai Kiat
  4. Bandarmology

Aplikasi penunjang lain yang saya gunakan adalah RDI bussiness. Fiturnya cukup lengkap untuk memberikan informasi sebuah saham.

Sementara itu, situs yang saya jadikan rujukan adalah id.investing.com. Berita, analis serta diskusi pada forum memberikan informasi penting bagi seorang pelaku di pasar modal.

***

Sekian ulasan saya tentang rekomendasi buku saham untuk pemula, situs dan aplikasi pendukung. Selamat trading!

Leave a Comment

57 comments

Blog Ridsal November 26, 2018 - 6:46 am

Bang, diantara buku yang abang rekomendasikan. Buku mana yang paling menarik bang??

Reply
Yuni Handono Channel November 26, 2018 - 1:12 pm

Sepertinya kalau mau benar2 terjun ke dunia saham harus paham betul seluk beluk ttg saham ya….saya benar2 msh awam ttg saham dan mau memulainya pun masih ragu dan takut…tp dengan membaca artikel diatas saya jadi sedikit paham ttg saham. TFS.

Reply
Sofyan Ya-an November 26, 2018 - 1:12 pm

Sempat terfikir mau ikutan main saham, tapi setelah eksplorasi diri sendiri, saya ini seperti teknokrat hehehe.. .Bcanda

Reply
Riski Saputra November 26, 2018 - 2:09 pm

Siap beli untuk nutrisi otak bulanan.

Terima kasih bang udah mau share info mahal ini.

Diriku baru coba ngaruh di emas Pegadaian berkat baca blog abang.

Reply
Mangs abdul November 26, 2018 - 11:35 pm

saya udah mencoba dunia saham ini meski kecil kecilan. jujur aja harus banyak banget belajarnya

Reply
farida November 26, 2018 - 11:35 pm

saya buta soal saham. terimakasih rekomendasinya ya

Reply
Reyne Raea November 26, 2018 - 11:35 pm

Uwowwwww… BERADD! hahaha.

Skip duluh, lebih suka baca2 artikel di sini aja, beli buku ginian, agak gimanaaa gitu, malu ama beberapa buku yang belum sempat terjamah hanya teronggok di meja hiks.

Tapi serius, senang banget bisa sering berkunjung ke sini, gegara artikel2 di sini, saya jadi lebih ngeh akan keuangan, lebih peduli dan memaksa diri untuk peduli masa depan, saving dan investasi 😀

Reply
Himawan sant November 26, 2018 - 11:35 pm

Kuakui aku masih awam seluk beluk tentang saham, tapi aku senang membaca ulasan dari mas Sabda karena selalu diulas menarik dari sisi pengalaman pribadi.

Dari dulu sebetulnya aku sudah tertarik ikut saham tapi minimnya arahan dan tanpa ada pembimbing, jadi ngga punya keberanian jalaninya.

Reply
Lantana Magenta Hermosa November 27, 2018 - 4:13 am

mantap ulasannya….nambah pengetahuan.
thank you for sharing

Reply
Yuli Aenuropiq November 27, 2018 - 8:31 am

luamyan nih bisa belajar main saham

Reply
Zai Z November 27, 2018 - 1:20 pm

Saran saya buat yang baru mau belajar, gabung aja langsung di stockbit. Di sana banyak para suhu yang mau keluarin ilmunya dan bakalan dapat buku-buku saham gratis juga. Yang asli dari luar negeri. Bentuk pdf.

Btw, saya tidak dibayar sama stockbit ya ini.. Saya rekom berdasarkan pengalaman aja

Reply
Bocah Udik November 27, 2018 - 3:29 pm

Kira-kira adakah buku di atas yang sudah selesai dibaca tapi dianggurkan?

Bahasa kasarnya, mau pinjam aja bg. #eh

Reply
Sains Box November 28, 2018 - 5:37 am

waduh, mana ngerti saya main beginian mas… hehe… tp saya mau nanya, kalo Forex itu apa ya? terkait saham kah? soalnya tmn saya tuh ada demen ama Forex

Reply
Asmurcom November 28, 2018 - 3:00 pm

Pas betul ane lagi review beberapa rekening sekuritas di Indonesia. Btw buku mana yang direkomendasikan untuk kondisi dan iklim investasi di Indonesia?

Reply
Adhi Hermawan November 28, 2018 - 3:00 pm

Wah, bahasannya ngeri…
Dulu aku sempat pengen banget mau main saham…diawali dari yang ecek-ecek lah…kayak forex, reksadana dll tapi seiring berlalunya waktu jadi gak tertarik lagi, alasanya lumayan sulit untuk diriku…

Reply
Adi Pradana November 28, 2018 - 11:51 pm

Saya jg awam soal saham. Bingunf mw belajar mulai dari mana tp melihat teman2 yang main saham sepertinya menarik.

Reply
Ahmad Zaelani November 29, 2018 - 5:19 am

Jujur saja sih kalau belajar dari dasar mungkin untuk hal2 tertentu harus baca dari buku, daripada melalui internet, contohnya saya dulu belajar programming itu juga dari buku, sisanya kalau sudah lumayan ngerti bisa baca2 dari internet…. mugnkin kalau belajar dari buku bisa lebih efektip dan efisien haha…

Reply
Bang Doel November 29, 2018 - 11:03 am

Buku nomor satu kalau tidak salah pernah direkomendasikan oleh teman saya yang sudah jadi trader enam tahunan ini… wah, pantesan, ternyata buku buat newbie… hehe

Reply
Nurul Sufitri December 1, 2018 - 12:17 pm

Sejak dulu aku bingung tentang saham ini. Sampai sekarang juga binun padahal udah pegangan heuheu wkwkwkwk. Kudu langsung dipraktekkan kayaknya ya biar pintar. Jadi, buku mana yang paling simple dibaca?

Reply
Rudi Hartoyo December 3, 2018 - 6:02 am

Bang,, pinjam bukunya ya.. biar belajar awak tentang saham ini 😀

Reply
Wong Crewchild December 4, 2018 - 11:29 pm

makasih mas, cocok buat belajar

Reply
Ainhy December 5, 2018 - 3:36 am

Ulasannya mantap, dlu pnh main trader pake aplikasi tp mungkin ego dn psiko nya belum paham jadilah bangkrut yah Mskpun modalnya kecil tp belum mulai lagi,

Reply
aizeindra yoga December 5, 2018 - 8:11 am

dulu pernah belajar trader, tapi dah ditinggalkan karena rugi
tapi buku rekomendasinya boleh juga nih, bookmark dulu deh, kalo ada niat belajar lagi baru dibeli

Reply
Joe Candra December 5, 2018 - 3:14 pm

mantab nih referensi bukunya gan

Reply
Rohyati Sofjan December 5, 2018 - 3:14 pm

Pada tahun 1990-an, kala mulai dibentuknya pasar modal, saya pernah menyarankan almarhum bapak untuk beli saham karemna harganya masih murah. Bisa berinvestasi dengan cara beroleh deviden, jika beli sahamnya banyak. Sayang bapak tidak mengikuti saran saya dan malah serahkan uangnya untuk diincestasikan ibu pada hal mubazir.
Saya sudah tahu soal saham karena kala kecil banyak baca apa saja.
Sekarang sepertinya bursa saham berkembang lebih rumit daripada dulu, pun dari segi harga. Padahal dulu mah harga saham Unilever dan perusahaan besar lain masih murah.
Cuma bisa nyimak saja, deh. Gak akan ikutan hal itu. Berat. Yang sederhana saja nantinya sesuai dana yang tersedia dan dibisa.
Masih tertarik pada menabung emas, he he.

Reply
Maman Achman December 7, 2018 - 2:02 pm

Terus terang saya mah belum berani main saham, sementara belajar ilmunya dulu, mungkin kalau sudah menguasai Ilmunya saya akan mencoba investasi disana.

Reply
Andrie Kristianto December 9, 2018 - 5:14 am

Wahhh cocokkk banget nih buat yang mau maain sahamm… cuycokk

Reply
Sabda Awal's Blog December 10, 2018 - 12:55 pm

masing2 buku pembahasannya beda, jadi harus dibaca semuanya XD

Reply
Sabda Awal's Blog December 10, 2018 - 12:57 pm

pelan-pelan mas belajar investasi saham, memang kalau minim pengetahuan lebih baik jangan dulu

Reply
Sabda Awal's Blog December 10, 2018 - 12:57 pm

masama mbak

Reply
Sabda Awal's Blog December 10, 2018 - 12:58 pm

stockbit ini sosmednya para trader, cocok banget kalau join kesana. saya juga rekomen kok

Reply
Sabda Awal's Blog December 10, 2018 - 12:59 pm

udah selesai dibaca semua, tersimpan rapi di rak buku, hehe

Reply
Sabda Awal's Blog December 10, 2018 - 12:59 pm

forex beda lagi mbak, forex terkait dengan emas, mata uang dan minyak

Reply
Sabda Awal's Blog December 10, 2018 - 1:01 pm

ini buku pembahasan dasar tentang saham, bukan analisis emiten kok. jadi dibaca semua aja

Reply
Sabda Awal's Blog December 10, 2018 - 1:02 pm

betul sekali… buku lebih tepat kalau mau belajar ketimbang internet

Reply
Sabda Awal's Blog December 10, 2018 - 1:03 pm

buku pertama mbak

Reply
Sabda Awal's Blog December 10, 2018 - 1:04 pm

wahhh kalau seandainya dulu beli saham unilever, hasilnya sekarang udah manteppp banget mbakkk

Reply
Bocah Udik December 11, 2018 - 12:17 pm

Pinjam dong kalau gitu 😀

Reply
Yani December 12, 2018 - 9:03 am

Jujur baru baca 1 buku dari 4 pilihan, Smart Trader not gamblers ellen may, isinya bagus2 ttg psikologi buat trading gitu ya klo gak slah tapi bacanya ga smpe habis stuk di candlestick chartnya, piye gak ngerti aku tu pdhal udh dijlasin ma suami :")

Reply
Bang Day December 14, 2018 - 12:29 pm

kemaren beberapa kali ditawarin ma spgnya.. kok ngeri2 gitu yah. Modal minimal 100 jutaan

Reply
deddyhuang.com December 18, 2018 - 9:55 am

wah sabda udah serius tekunin saham nih.

Reply
Yas Marina Dewi December 21, 2018 - 6:06 am

Saya masih deg-degan untuk main saham. Mungkin karena memang belum tahu ilmunya ya. Bagus nih buku rekomendasinya. Bisa saya pelajari.

Reply
Rahman Kamal December 27, 2018 - 6:05 am

Smakin sering saya mengunjungi blog ini saya semakin banyaktau perihal saham. Ada sih keinginan buat nyoba, tapi… mau belajar dulu deh..

Reply
Khoirun Nizam January 2, 2019 - 2:13 pm

Ada referensi buku untuk saham yang syariah nggak mas?

Reply
Dewi Elsawati January 6, 2019 - 3:47 pm

Pengen belajar soal saham, tapi gak ngerti-ngerti haha.. Mungkin bakatku emang bukan di bidang ekonomi.

Reply
Sabda Awal's Blog January 9, 2019 - 6:27 am

ga ada, kalau saham syariah ada indeks tersendiri kok. Cuma soal sekuritas dan saham yang dijual belikan saja

Reply
Admin enaknyangapain January 16, 2019 - 4:46 am

Wah, keren ini buku-buku sahamnya. Harus banyak belajar tentang saham, siapa tau nanti bisa menanam saham kan heheh

Reply
mas BEPE January 31, 2019 - 2:37 pm

Wahhh ak sudah mulai beli tuh buku buku mengenai cara mengelola saham yang baik, keren banget lah

Reply
bee February 14, 2019 - 8:10 am

Buku tentang saham pertama yg kubaca juga bukunya Ellen May. Mencerahkan emang buku itu

Reply
dnk April 1, 2019 - 7:08 am

Sama mas saya mau mulai tapi gak ada yg bimbing, cuma modal baca baca artikel, masih ragu ragu

Reply
dnk April 1, 2019 - 7:08 am

Sama mas, saya mau mulai tapi gak ada yg bimbing, modal baca baca artikel, tapi masih ragu ragu

Reply
Belajar Saham Untuk Pemula, Begini Panduan Lengkapnya - BlogSabda.com April 25, 2019 - 8:35 am

[…] Bahan Pendukung Investasi Saham : Buku, Aplikasi dan Situs […]

Reply
Demo Trading Saham Gratis Dengan Modal Virtual Rp 100.000.000 - BlogSabda.com April 26, 2019 - 8:16 pm

[…] ke Bab 4 || Lanjut ke Bab 6 Image soure : 1. financialtribune.com (header image) (adsbygoogle = window.adsbygoogle […]

Reply
Utama Budi June 15, 2019 - 6:53 pm

Agak mengherankan, mengapa Buku Cara Simpel Berinvestasi di Pasar Modal tidak termasuk dalam buku yang dianjurkan. Padahal buku ini mendapatkan 5-stars rating sebagai buku investasi terbaik dari para pembaca yang membeli bukunya di Tokopedia.

Reply
Sabda Awal June 15, 2019 - 7:50 pm

agak mengherankan dengan komentar ini, apakah berniat promosi buku sendiri?

Reply
Nunu August 16, 2019 - 7:56 pm

Buku ellen may nyontek itu..

Reply
Sabda Awal August 17, 2019 - 3:31 pm

maksudnya?

Reply