Resolusi Author BlogSabda Tahun 2020

by Sabda Awal
Resolusi 2020

Selamat datang tahun 2020. Supaya tidak blank tahun ini ada baiknya anda membuat resolusi, biar punya target apa saja yang harus dilakukan. Awal tahun lalu saya membuat resolusi DAN menutup dengan manis pencapaian 2019.

Perlu diperhatikan pula bahwa membuat resolusi itu tidak bisa ngasal dan muluk-muluk. Malah nanti tidak ada yang tercapai sama sekali.

Diingat pula, setiap kali membuat resolusi, pastikan anda membuat rencana pendukung untuk merealisasikan target tersebut.

Nah, tahun ini saya membuat resolusi 2020. Adapun garis besar resolusi ada 3 yaitu :

  1. Blogging
  2. Finansial
  3. Personal

Untuk detailnya akan saya share seperti dibawah ini. Semoga anda termotivasi setelah membaca resolusi saya.

Resolusi Blogging

  • 2 guest post
  • e book untuk subscriber
  • Blog income : Rp 3.000.000

1. Guest post

Sebagai blogger, saya tetap peduli dengan kesehatan blog. Apalagi soal SERP di google search. Untuk mendongkrak SEO, dapat dilakukan dengan titip link.

Tapi akan saya lakukan dengan cara cantik yaitu membuat 2 guest post di blog orang lain.

Tema yang saya bidik tetap finansial. Sudah ada 2 blog yang saya bidik, tinggal menyiapkan 2 artikel, lalu meminta izin untuk menjadi guest writer.

2. E book

Ini adalah salah satu proyek ambisius tahun ini. Desember 2019 saya sudah merampungkan outline dan 1 bab. Saya berharap dapat selesai di bulan Maret.

Judulnya tentang investasi yang mudah dilakukan, terutama berdasarkan pengalaman saya pribadi.

E book ini nantinya dapat diperoleh secara gratis melalui pendaftaran newsletter blog saya. Ssstt, ngomong-ngomong saya sudah punya 16 subscirber lho, *ketawa sedih.

3. Blog income

Tahun lalu saya berhasil mengumpulkan Rp 4.800.000 dari target yang hanya Rp 1.500.000. Ini salah satu pencapaian luar biasa.

Eitss,,, cara saya menghasilkan uang dari blog diatas hanya dihitung dari content placement, job review dan google adsense saja, sementara itu pendapatan afiliasi belum saya masukkan lho!

Tahun ini, saya memasang target 2 kali lipat yaitu Rp 3.000.000 terutama dari google adsense. Kalau content placement dan job review saya tidak berharap banyak, karena tidak tahu tahun ini akan seperti apa.

Resolusi Finansial

  • Beli rumah/tanah cash atau kpr
  • passive income : Rp 15.000.000
  • Ngumpulin modal nikah (jumlah rahasia)

1. Beli rumah/tanah cash atau kredit

Umur saya baru saja melewati seperempat abad. Artinya, saya pengen punya rumah. Selama ini saya tinggal dengan kakak dan keluarganya. Kakak saya memang baik, begitu juga suaminya yang mengizinkan saya tinggal bersama mereka.

Malah Kakak saya tidak mengizinkan pindah jika ujung-ujungnya ngekos. Love you kakak.

Tapi, saya sadar, semakin bertambah usia, saya harus bisa lebih mandiri. Mengurus diri sendiri dimulai dengan punya rumah sendiri.

Untuk Hunian atau Investasi, Cari Informasi Properti di 99.co Indonesia Saja!

Bulan Desember lalu saya sudah mulai cari perumahan atau tanah di tempat saya bekerja. Saya condong memilih perumahan meskipun kecil tipe 36 tidak apa-apa. Asalkan akses mudah dan lingkungannya aman.

Kalau ditanya, hati kecil saya ingin tanah, lalu membangun dari awal. Semoga tahun ini sudah bisa pindah dan tinggal sendiri.

2. Passive income Rp 15.000.000

Tahun lalu saya menargetkan Rp 12.000.000 dari passive income. Alhamdulillah yang saya dapat lebih dari target yaitu Rp 19.000.000.

Lalu, kenapa tidak saya naikkan saja targetnya menjadi Rp 20.000.000? Tahun lalu saja sudah dapat segitu.

Tahun ini, cashflow saya berubah. Uang saya akan dialihkan ke alokasi modal nikah (meskipun belum punya calon, haha) dan cicilan KPR. Maka dari itu saya harus tetap realistis.

Adapun sumber passive income berasal dari :

  • Warnet : Rp 6.000.000
  • P2P Lending : Rp 6.000.000
  • Blog income : Rp 3.000.000

P2P Lending akan berkurang drastis, sebab saya memindahkannya ke platform lain karena suatu alasan. Tapi harapan saya semoga bisa lebih dari target, Rp 25 juta gitu, hahaha. Amiiin.

3. Modal nikah

Saya tidak tahu mengapa harus melakukan hal ini meskipun sebenarnya jodohnya belum ada., haha. Yang penting niat dan modal ready, bukankah begitu? Jadi kalau jodohnya datang, saya sudah siap.

Agar maksimal mengisi pos modal nikah, berarti saya harus mengurangi investasi. Saya berencana modal nikah ini akan disimpan dalam bentuk emas.

menikah

Saya juga tidak memaksakan menikah tahun ini, meskipun dari segi umur dan finansial sudah cukup. Ditambah terkadang sering galau melihat tren angkatan saya yang menikah makin banyak, malah sudah ada yang gendong anak.

Tapi, saya bukan orang yang sekedar ikut-ikutan tren. Saya harus matang secara keseluruhan, karena sadar bahwa pernikahan adalah komitmen level tinggi dalam kehidupan.

Resolusi Personal

  • Tambah hapalan
  • Upgrade B. Inggris

1. Tambah hapalan

Berbanding lurus dengan target nikah, tentu saya harus mempersiapkan pengetahuan agama yang cukup. Baik dari hapalan maupun ilmu syariat.

Tidak muluk-muluk, saya berharap mampu mengembalikan hapalan saya di juz 30 yang sekarang mulai hilang dan menghapal beberapa surat penting.

Semoga niat baik ini berjalan lancar dan diridhoi Allah.

2. Upgrade bahasa Inggris

Setelah tahun lalu target ini masih belum tercapai. Kali ini saya mau serius mencapainya.

Saya memang tidak mengambil test apapun untuk menguji sejauh mana kemampuan saya. Target saya adalah menonton tanpa subtitle dan paham 100% isi sebuah film.

Adapun metode yang saya lakukan adalah memperbanyak mendengarkan podcast dan menambah vocabulary.

Meniadakan Resolusi FUN

Tahun lalu saya menargetkan travel ke Azerbaijan sebagai salah satu resolusi fun. Alhamdulillah tercapai. Tapi mahal… kalau lihat isi tabungan bikin nangis.

Tahun ini sebenarnya pengen ke Turki, tapi ditahan karena dananya dialokasikan untuk modal nikah.

Biarlah tahun ini funnya cukup ikut kegiatan camping sesama teman kerja dan capacity building yang diadakan oleh kantor saja *mode hemat.

Penutup

Saya optimis tahun depan berjalan baik walaupun bayang-bayang krisis ekonomi dunia menghantui. Saya yakin Indonesia mampu menghadapai badai ini.

Optimis ini melihat terobosan susunan kabinet Indonesia kerja, meskipun isue Garuda Indonesia dan perang dunia 3 antara Iran vs Amerika ramai diperbincangkan.

Mari kita fokus ke hal-hal yang baik tahun depan agar resolusi kita tercapai. Selamat menghadapi global warming!

Leave a Comment

39 comments

Reffi January 7, 2020 - 11:23 am

Semangat buat resolusinya, betewe kalau traveling ke LN coba ke Asia Tenggara, banyak wisata eksotis selain Singapore dan Malaysia, apalagi kalau semangat nyari tiket promo hahaha. Semoga sukses 🙂

Reply
Sabda Awal January 8, 2020 - 8:52 am

saya akan coba ya mbak. Sukses untuk kita

Reply
Abdul Majid January 7, 2020 - 11:53 am

Semoga apa yg menjadi harapan di tahun 2020 menjadi kenyataan Gan. Oia jadi guest post di blog ane aja Gan. Hehehehe

Reply
Sabda Awal January 8, 2020 - 8:51 am

nanti akan saya pertimbangkan mas

Reply
Siska Dwyta January 7, 2020 - 12:29 pm

Nah, keren nih resolusi 2020nya. Dijabarkan secara detail seperti ini tentu akan lebih mudah mencapainya dibanding sekadar menulis resolusi tanpa penjelasan rinci.

Yap semoga resolusi 2020nya tercapai. Terutama resolusi untuk menikah di tahun ini. Meski belum ada calon tapi yakin dan percaya deh niat baik apalagi yang tujuannya ibadah seperti menggenapkan dies pasti diijabah Allaah.

Reply
Sabda Awal January 8, 2020 - 8:51 am

Amiin Ya Rabb, terimiakasih mbak

Reply
Fanny F Nila January 7, 2020 - 7:31 pm

Mas, yg p2p kamu alihin kemana jadinya? Aku tahun ini bikin resolusi juga. Kalo biasanya cm bikin resolusi trveling kemana aja di tahun itu, skr resolusiny aku bikin 3, traveling, financial dan Family.

Naah kalo financial jujur aja aku terinspirasi kamu :). Yg biasanya kalo target financial aku ga terlalu hitung, yg ptg nabung, trf utk investasi, asuransi, done. Tp THN ini aku pgn punya recordnya :). Makanya aku bikin target utk emergency cash , passive income , tabungan forex, dan emas. Aku jg ga pengen terlalu tinggi, yg realistis aja, Krn toh aku msh ada target traveling yg mana 2 negara baru hrs divisit 😀

Share trus ttg cara2 investasinya yaaaa 😉

Reply
Sabda Awal January 8, 2020 - 8:50 am

saya pindahin ke tanijoy mbak, silahkan dipelajari dulu ya. Saya pindah bukan berarti Amartha ga bagus. Amartha bagus sekali malah. tapi karena ga sesuai sama prinsip saya aja.

kalau di rinci dan ada recordnya, jadi tau berapa yang udah kita kumpulkan

Reply
Robby Haryanto January 7, 2020 - 10:01 pm

Jadi terinspirasi bikin model resolusi yang dirinciin gini. Tapi, lebih terinspirasi di bagian resolusi personalnya. Masya Allah, tetep ada cita-cita hafalan quran. Semoga Allah istiqomahkan mas

Reply
Sabda Awal January 8, 2020 - 8:49 am

silahkan mas, sukses buat resolusinya ya.
Amiin ya rabb

Reply
Hastira January 8, 2020 - 2:50 am

semoga sukses selalu sama blognya

Reply
Movierall January 8, 2020 - 5:02 am

wah, resolusi yang sangat menarik, passive income dan blog incomenya sendiri sudah cukup banyak juga ya, wah…pengen rasanya bisa segera menyusul juga, dapat penghasilan segitu, semoga bisa kecipratan juga, Aamiin

Reply
Sabda Awal January 8, 2020 - 8:47 am

Amiiin semoga cepat menyusul yaa

Reply
Andrie Kristianto January 8, 2020 - 3:36 pm

Wahhh mantep nih mas, semoga tahun ini nikah ya mas wkwkwkw… Modalnya udah ada kann, setidaknya modal buat kesananya dulu deh (calon)-nya wueheheh.. Tapi gak usah buru buru juuga sih, masih banyak jalan yang bisa dilalui untuk kesana.. Tetap smngt terussss!

Reply
Aorlin January 8, 2020 - 9:41 pm

mantap resolusinya bang sabda,, resolusi saya sebagai blogger pemula hanya sederhana,, bisa beli hp sama beli motor aja di tahun ini.. hehehe. semangat bang !

Reply
CREAMENO January 9, 2020 - 1:02 am

Waah mas Sabda baru seperempat abad ya, masih muda sekali tapi targetnya betul-betul tersusun dengan rapi 😀 saluuut deh~ semoga semua target bisa tercapai dengan baik ya dan kalau bisa justru lebih hehehe.

Reply
Sabda Awal January 9, 2020 - 9:49 am

amiiin Mbak

Reply
Hanila PendarBintang January 9, 2020 - 11:09 pm

Gara-gara salah satu artikel tentang investasi emas di sini, aku tuh sekarang sudah start nabung emas.
makasih mas jadi tercerahkan, hehehe

Sukses buat BlogSabda, ya Mas…

Reply
Adie Riyanto January 10, 2020 - 9:09 am

Keren euy resolusinya. Semoga satu per satu bisa kesampaian ya mz. Sukses terus. Terutama yang hafalan sama bahasa Inggrisnya itu. Ini paling penting sih menurut gw dari semuanya 🙂

Reply
Sabda Awal January 10, 2020 - 10:03 pm

Amiin, terimakasih doa nya mas

Reply
Muyassaroh January 10, 2020 - 11:06 am

Keren banget resolusinya, Masya Allah. Saya nggak banyak target selain ingin tetap konsisten menulis seperti tahun lalu, mungkin pencapaian paling saya inginkan tahun ini menulis buku best seller. Semoga apa yang kita inginkan tercapai ya…aamiin.

Reply
Sabda Awal January 10, 2020 - 10:03 pm

Amiin Ya Rabb

Reply
Kak Saif January 10, 2020 - 6:06 pm

Wah…. Sudah berhasil dapat uang dari blog ya …. Tulis dong mas caranya!

Kalau sudah ditulis, minta linknya ya…..

Reply
Sabda Awal January 10, 2020 - 10:02 pm Reply
ella January 11, 2020 - 11:15 am

Wohoho mantap nih resolusinya.. semoga bisa goals semua ya mas, dan tentunya segera dapat calon. eheheheh
semangat teroooss

Reply
Sabda Awal January 12, 2020 - 5:21 pm

Amiiin terimakasih mbak

Reply
Sabda Awal January 19, 2020 - 7:29 pm

Amiin mbak, terimakasih atas doanya

Reply
mbah dinan January 12, 2020 - 5:44 pm

menarik juga ya kalai direncanakan gini dan bisa lebih terarah

Reply
Roem Widianto January 14, 2020 - 10:29 am

Semoga semua resolusinya tercapai ya, Mas. Aku doakan supaya cepat dapat calon supaya lebih semangat cari modal nikah ya. Aamiin. Hehehe.

Reply
SUFYAN January 14, 2020 - 12:39 pm

wah benar, mas. Modal nikah itu penting. he he he…yang sudah nikah saja sudah siap siap modal lagi

Reply
thya January 16, 2020 - 1:25 pm

semoga tercapai semua ya resolusinya mas sabda. mudah2an pas modal nikah nya terkumpul, pas ada calon nya. hehehe..

oiya, kalo jadi beli rumah kpr jangan lupa sharing2 nya ya mas sabda. hehe

Reply
Sabda Awal January 19, 2020 - 7:38 pm

okee mbak, akan sya share gitu sudah deal dengan KPR

Reply
Bang Day January 16, 2020 - 3:19 pm

Duh para wanita singel yang baca resolusi mas Sabda bisa kelepek2 nih. Udah investasinya banyak, eh banyak hafalan Quran. Keren mas

Reply
Sabda Awal January 19, 2020 - 7:38 pm

ga kok mas, saya mantan penghapal juz 30 saja, ini mau mengembalikan hapalan dulu,

Reply
Bang Day January 16, 2020 - 3:20 pm

Semoga hafalannya terus bertambah mas. Jangan kayak saya menyandang status “mantan” penghafal. itupun cmn juz 30 🙁

Reply
Nanto January 18, 2020 - 12:00 am

Semoga resolusinya tercapai.
Saya juga mau ah resolusi yang personalnya.

Reply
Tempat Wisata di Bandung January 23, 2020 - 4:49 pm

Semoga tercapai resolusinya mas tahun ini.

Reply
Sabda Awal January 24, 2020 - 8:48 pm

amiin semoga saja

Reply
Nurul January 26, 2020 - 9:39 pm

Thanks Kak, inspiring

Reply