Review Aplikasi Stockbit Investasi Saham

by Sabda Awal
review aplikasi stockbit saham

Akhirnya saya kesampaian juga daftar di Stockbit pada bulan Desember 2021. Agak menyesal kenapa saya tidak daftar sejak dulu di aplikasi besutan PT Stockbit Sekuritas Digital ini.

Berdasarkan pengalaman pakai BNI Sekuritas, Phintacro Sekuritas, CIMB Niaga Sekuritas, dan Philip Sekuritas, akhirnya pilihan terbaik dari sisi fitur dan aplikasi ada pada Stockbit ini.

Bukan bermaksud melebih-lebihkan, tapi akan saya ulas fitur-fitur keren yang dimiliki sekuritas yang satu ini.

Sekilas Tentang Stockbit

Pada awalnya, Stockbit berdiri sejak tahun 2013 sebagai alat (tools) untuk melakukan analisa saham. Setahu saja, Stockbit menjadi sekuritas dengan nama PT Stockbit Sekuritas Digital pada tahun 2021.

FYI, Stockbit dan Bibit berada pada naungan yang sama. Jika Stockbit di bidang saham, maka Bibit di bidang reksadana.

Stockbit adalah aplikasi trading saham yang cukup unik. Bukan hanya dibekali segudang fitur canggih yang hanya diperuntukkan untuk tingkatan mahir, namun juga untuk pemula.

Keunikannya terletak pada menu streamer yang berfungsi selayaknya sosial media. Kita dapat melihat update-an status investor lain disana.

Status mereka ada yang sekedar postingan biasa, polling, diskusi, pendapat bahkan sampai ke analisa fundamental dan teknikal saham.

Untuk biaya transaksi di Stockbit adalah : Fee Beli 0,1% dan Fee Jual 0,2%.

Cara Pendaftaran Stockbit

Untuk pendaftaran seluruhnya dilakukan secara online. Saya mendaftar melalui aplikasi Stockbit yang sudah ada di play store dan apple store.

Pertama, silahkan pilih mau daftar pakai akun apa. Saya memilih gmail, lalu dilanjutkan dengan username, masukkan nomor hp dan password.

cara daftar stockbit
Pendaftaran Awal

Sampai disini, anda sudah bisa mengeksplore beberapa menu, diantaranya Stream, Stockbit Academy yang berisi video eklusif untuk belajar saham, E book gratis tentang saham dan finansial yang bisa diunduh gratis, dan Watchlist.

Sementara itu, untuk mengakses tools analisa seperti Chartbit, Screener, Fundachart dan lainnya harus berlangganan dengan biaya. Tapi, akan jadi gratis total apabila anda menjadi nasabah sekuritas Stockbit.

Ya, mending jadi nasabah, whehe.

Selanjutnya, saya akan tunjukkan bagaimana mendaftar menjadi nasabah sekuritas PT Stockbit Sekuritas Digital (Stockbit).

Lanjutkan pendaftaran dengan buka rekening saham seperti dibawah ini. Siapkan KTP.

buka rekening saham stockbit
Buka rekening saham

Dilanjutkan dengan foto KTP dan swafoto. Lalu, mengisi data diri serta porfil investasi.

cara registrasi stockbit

Next, pendaftaran RDN (Rekening Dana Nasabah). Saat artikel ini dibuat, hanya tersedia Bank BCA saja. Jika belum punya rekening BCA, maka anda akan dibantu dibuatkan rekening BCA melalui proses registrasi ini.

Jika sudah punya, maka proses dilanjutkan dengan memasukkan nomor rekening BCA anda.

Ada beberapa data yang diisi terkait dengan pembuatan rekening bank.

Terakhir, klik persetujuan syarat dan ketentuan serta membuat tanda tangan digital. Setelah itu, pembuatan akun akan diproses dalam 1 x 24 jam.

persetujuan pembuatan rekening sekuritas stockbit

Jika akun sudah jadi, maka akan diberitahukan melalui email terkait data-data registrasi yang telah dilakukan.

pembuatan rekening saham stockbit
Rekening saham berhasil dibuat

Fitur Unggulan Stockbit

1. Social

Stockbit menyediakan wall seperti facebook untuk update status dan melihat status orang lain di menu streamer. Fungsinya seperti sosial media.

Setiap investor dapat berinteraksi melalui tombol like, komentar, share bahkan dapat membuat polling. Menariknya, saya sering menemukan analisa saham secara mendalam di wall ini untuk menambah refrensi.

Aplikasi trading saham milik stockbit ini sudah berada di next level, karena investor dapat berinteraksi satu sama lain.

sosial media stockbit
Sosial media Stockbit

2. Chartbit

Chartbit adalah menu untuk melakukan analisa dalam memprediksi harga saham secara real time dalam bentuk chart dengan banyak pilihan indikator. Membuat gambar (menarik garis, pola dan lain-lain) untuk membaca pola.

Tersedia pada aplikasi dan versi website.

chartbit analisa stocbit

3. Stock Screener

Fitur ini menyajikan dan didesain khusus untuk mencari saham berdasarkan kriteria tertentu, misalkan Greenblatt’s Magic Formula, PE Strong Undervalued, PBV Stong Undervalued, High Volume Brekout dan lain sebagainya.

Kita juga dapat memodifikasi filter screener sesuai dengan kebutuhan sendiri.

stock screener stockbit
Screener

4. Analytics

Ada banyak data analitik yang disediakan oleh Stockbit. Mulai dari Key Stats yang berisi cashflow, devidend, growth, current valuation dan lainnya.

Terdapat juga menu financials, fundachart, seasonality, comparison yang bisa diekplore lebih jauh untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait emiten bersangkutan.

Review Pengalaman Penggunaan Stockbit

Sampai artikel ini terbit, saya sudah menggunakan Stockbit selama 2 minggu sejak rekening saham selesai dibuat pada 14 Desember 2021.

Dari proses registrasi memang tidak ada kendala sama sekali, tapi pilihan RDN hanya tersedia bank BCA saja. Semoga kedepannya ditambah lagi pilihan bank lain.

Dari sisi fitur, saya sangat menyukai streamer. Ini pengalaman baru bagi saya. Oh ternyata ada ya “sosial media” untuk investor saham.

Jadi semakin menarik saat kita bisa berinteraksi dan berdiskusi dengan orang-orang yang terlibat sebagai investor saham. Bahkan, saya bisa mendapati berbagai analisi teknikal dari postingan investor lain untuk nambah refrensi.

Dari sisi fitur yang terdapat pada menu chartbit untuk melakukan analisa pergerakan saham juga sangat bagus. Ada ratusan indikator dan bisa digambar dengan menarik garis atau line lainya.

Untuk screener dan analytics masih saya pelajari. Dari pengalaman penggunaan aplikasi sekuritas lain, sejauh ini cuma Stockbit yang punya menu tersebut.

Untuk transaksi saham tidak ada bedanya dengan aplikasi lain, fitur Buy, Sell, Order Book, Portofolio. Sama saja.

***

Demikian review Stockbit dari PT Stockbit Sekuritas Digital, jika ada pertanyaan dan diskusi dapat tinggalkan di kolom komentar.

Related Posts

Leave a Comment

15 comments

Agus December 29, 2021 - 2:15 pm

Aplikasi yang mantap banget ya stockbit ini. Bisa untuk belajar saham juga bagi yang pengin investasi saham tapi masih belum paham. Ada juga ulasan dari pengguna stockbit lain, sudah seperti sosmed saja.

Reply
Sabda Awal January 1, 2022 - 11:19 pm

Silahkan dicoba ya mas.

Reply
Pemudapembelajar.com December 30, 2021 - 12:14 pm

Ini asli kebetulan banget, lagi nyusun resolusi 2022. Rencana pengen bikin akun sekuritas, tapi bingung antara stockbit atau mirae. Terima kasih review dan ulasannya. Lumayan bisa jadi bahan pertimbangan.

Reply
Sabda Awal January 1, 2022 - 11:19 pm

Semoga bisa buka rekening sekuritas segera ya. Biar tahun 2022 bisa transaksi saham

Reply
Fanny_dcatqueen January 1, 2022 - 5:46 am

Kalo RDN nya hanya ada BCA, aku harus skip dulu mas . Ga pernah suka Ama itu bank, terlalu banyak biaya . Aku punya sahamnya, tapi buka rek nya masih emoh. Makanya masih setia Ama HSBC, Krn free dari biaya apapun, dan bisa ditarik sampai nol .

Kalo skr aplikasi saham yg aku pakai ada wm2, IPOT & MIRAE. IPOT pake RDN permata, Mirae CIMB. Yang IPOT buat investasi, Mirae buat aku trading. Sbnrnya pengen bikin 1 lagi, buat ngembangin budget traveling, tapi masih mikir aplikasi mana yg cocok .

Dalam memilih aplikasi aku ngeliat dulu pilihan RDN nya, dan kenyamanan transaksi. Soalnya ada aplikasi yg sering lemot, sering eror, kayak yg masih baru waktu itu, jadi menghambat banget. -_- . Tapi stockbit dari yg aku pernah baca , masih oke sih. Temen2 di grub saham yg pake stockbit ga banyak ngeluh ttg aplikasi ini 🙂

Reply
Sabda Awal January 1, 2022 - 11:17 pm

Makasih sharingnya mbak. memang sejauhini cuma ada RDN BCA di stockbit. semoga nanti kedepannya nambah jenis RDN biar banyak opsi buat calon nasabah.

Saya juga bagi 2 sekuritas sekarang, yang 1 untuk trading, 1-nya untuk investing

Reply
Maman Achman January 2, 2022 - 10:55 pm

Stockbit ini sejenis aplikasi trading ya mas. Apakah sebagai orang awam seperti saya yang sama sekali belum tahu tentang seluk beluk dunia perdagangan saham bisa ikut bergabung? Trus modal awal paling minim kira-kira berapa dan seberapa besar potensi keuntungan yang bisa didapatkan dengan bergabung di Stockbit ini?

Reply
Sabda Awal January 3, 2022 - 8:29 pm

Stockbit adalah aplikasi trading saham sekaligus sekuritas mas. Setiap orang bisa daftar ke perusahaan sekuritas untuk bertransaksi saham, salah satunya Stockbit ini.

Modal minimal di seluruh perusahaan sekuritas sama semua, yaitu minimal pembelian 1 lot (100 lembar) saham, sementara untuk deposit Rp 100.000.

Potensi keuntungan tergantung dengan saham yang mas beli. Stockbit hanya alat saja.

Reply
Jaey Borneo January 6, 2022 - 6:47 pm

Terimakasih infonya mas soal stockbit ini

Reply
efoteo January 6, 2022 - 11:37 pm

Astaga, ilmuku belum masuk ke dunia persahaman :”)

Reply
Sabda Awal January 7, 2022 - 8:30 pm

semoga nanti bisa belajar pelan-pelan ya

Reply
Andrie K. January 7, 2022 - 4:32 pm

Kalau buat belajar saham dan mengenal saham seperti apa, stockbit ini bagus banget.. Antarmukanya simple, gak neko-neko dan suka banget..

Reply
Sabda Awal January 7, 2022 - 8:30 pm

iya mas benar sekali

Reply
Bedjo January 10, 2022 - 4:21 pm

Om sabda, apakah ada referal link promo untuk pendaftar pertama kali di stockbit? Bagi dong

Reply
Sabda Awal January 11, 2022 - 12:45 pm

Kalau link referal ngga ada mas. Yang ada pembukaan rekening via Bank Jago otomatis promo cashback 50k

Reply