Tips Investasi di Indonesia Bagi Pemula

by Sabda Awal
Tips Investasi di Indonesia Bagi Pemula

Bagi sebagian orang, berinvestasi atau investing di Indonesia masih merupakan hal yang asing. Selain bentuk investasi yang populer, biasanya banyak orang masih belum tahu cara memulainya dari mana.

Ada banyak jalan menuju Roma, semua dapat diawali dengan niat. Mari simak tips untuk memulai berinvestasi.

1. Mulai Dari yang Sederhana

Ada banyak pilihan jenis investasi di Indonesia seperti properti, saham, deposito berjangka, emas, dan peer to peer lending. Pilih yang menurut anda sederhana dan mudah dimengerti alurnya.

Melakukan riset dan bertanya pada ahlinya adalah salah satu cara yang memudahkan anda untuk menentukan pilihan sebab sederhana bagi anda belum tentu sederhana untuk orang lain, begitu juga sebaliknya.

Namun untuk para pemula disarankan menjajal peer to peer lending, selain regulasinya yang tidak sulit, anda juga dapat berinvestasi dari jumlah yang sedikit (tentunya dengan hasil yang sedikit pula). Ini dapat menjadi wadah bagi anda yang baru memulai berinvestasi.

2. Tujuan yang Jelas

Anda harus memiliki tujuan yang jelas saat berinvestasi sebab ini adalah alasan anda berinvestasi dan menjadi panduan anda ke depannya. Tujuan ini juga dapat menjadi motivasi anda dalam investing di Indonesia agar tidak stuck ketika menemui masalah dalam berinvestasi. Tujuan yang jelas dapat membantu menghadapi situasi sulit dalam berinvestasi.

3. Pilih Sesuai Kemampuan

Hitunglah dana yang dapat anda investasikan, pastikan dana ini bukan untuk kehidupan sehari-hari dan bukan dana pinjaman dari bank. Dana yang belum ada kegunaannya daripada hanya ditumpuk di tabungan dan nilainya akan menyusut di kemudian hari, lebih baik dijadikan investasi dan menambah nilainya di kemudian hari.

Pilih investasi yang low risk terlebih dahulu untuk mempelajari serba-serbi investing Indonesia agar anda tidak kaget ketika nanti terjun ke investasi yang lebih besar dan high risk.

4. Jangan Ragu-Ragu

Keragu-raguan dalam berinvestasi dapat menimbulkan kerugian. Maka pastikan langkah-langkah anda di lama berinvestasi. Anda harus tegas dalam menentukan pilihan agar tidak membawa kerugian bagi diri anda sendiri.

5. Lakukan Riset

Rajin-rajinlah melihat keadaan sekitar, mencoba menjawab pertanyaan dan solusi dari permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan investasi anda. Lihat kanan-kiri ketika akan mengambil sebuah keputusan dan jangan terburu-buru. Kumpulkan seluruh informasi sebelum memutuskan sesuatu.

6. Sharing

Berkumpullah bersama para investor senior yang sudah lebih banyak memakan asam garam di dalam dunia investing Indonesia. Tanyakan apa-apa saja yang belum dimengerti.

sharing with other

Lebih baik lagi jika menemukan sesama investor dengan bidang yang sama atau berkesinambungan, pasti lebih banyak hal-hal yang dapat anda pelajari dari orang tersebut dan dapat membantu perkembangan investasi anda agar tidak mudah gagal dan berujung kerugian.

Menjalankan investasi memang tidak mudah, karena perlu keterampilan dan juga jangan sampai dilakukan secara otodidak, apalagi jika menyangkut sejumlah dana yang sangat besar.

Saat ini sudah banyak sumber informasi yang bisa didapat di internet mengenai macam-macam alternatif investasi, mulai dari emas, reksadana saham, tabungan deposito, properti dan masih banyak lagi.

Namun alangkah baiknya anda juga berkonsultasi kepada seorang yang lebih berpengalaman dan profesional dalam menerapkan investasi. Keuntungan menjalankan investasi pasti akan dirasakan jika Anda benar-benar sabar dan disiplin dalam menjalani investasi.

Jangan sampai tergoda investasi bodong ataupun modus investasi lainnya yang kurang jelas ya, karena saat ini juga masih banyak korban investasi bodong.

***

Demikian tips investing di Indonesia bagi pemula. Semoga membantu 🙂

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment

46 comments

Ridsal July 24, 2019 - 3:01 pm

Poin terakhir penting nih, cuma cukup sulit juga nih mencari senior, hehe..

Reply
Ahmad Zaelani July 24, 2019 - 8:16 pm

Saya melihat bahwa investasi adalah satu jalan hidup saya yang ingin santai dan simpel, dan memang sepertinya sebagian terjawab di investasi, dalam pikiran sih pengen yang cepet, terus yang low risk ,,, hahah, mulai2 belajar sih yang sesuai dengan kemampuan… siapa tahu kan bisa auto sultan dari investasi.. ah hidupmah siapa yang tahu kan.. ? nyoba2 sih…

Reply
Sabda Awal July 25, 2019 - 10:38 am

bisa jadi auto sultan hahah, investasi solusi santai jadi kaya, tapi memang butuh skill dan pengetahuan yang dalam

Reply
Arif Rudiantoro July 24, 2019 - 8:51 pm

Ikut nimrung mas sabda, menurut saya infes yg ngak bakal rugi n nilainya terus bertambah adalah Emas 🙂

Bisa tuk simpanan masa depan hehe

Reply
Sabda Awal July 25, 2019 - 10:18 am

kalau emas berguna untuk mempertahankan nilai mas, untuk harga tetap naik-turun

Reply
aris armunanto July 24, 2019 - 9:33 pm

Menurut saya investasi yang menarik dalam bentuk tanah karena harganya dalam beberapa tahun cepat sekali naik dan tak perlu repot, cuma sayangnya saat ini nggak punya duit buat beli hehehe

Reply
Bang Day July 25, 2019 - 3:54 am

Dengar kata investor jadi kebayang pengusaha gede atau negara besar yang bawa modal ke negara kita. Padahal kata dasarnya invest yah. Arisan sepuluh ribuan investasi jg namanya yah hehehe

Reply
Admin TB July 25, 2019 - 5:59 pm

Di antara semua jenis investasi, saya lebih tertarik dengan dua jenis. emas sebagai tabungan dengan nilai tukar stabil. Dan tanah untuk dapat untung.

Reply
Sabda Awal July 26, 2019 - 9:52 am

nah tanah nih memang menjanjikan profit mas, apalagi kalau beli di tempat2 strategis

Reply
Sahabat Gratisan July 25, 2019 - 6:48 pm

Mantap kali tipsnya kaka sangat membantu 😀

Reply
Lia Lathifa July 26, 2019 - 7:33 am

Terimakasih informasinya mas, kalau saya baru berani invest LM aja hehe. Harus banyak belajar lagi nih

Reply
Sabda Awal July 26, 2019 - 9:50 am

iya semangat belajar buat kita

Reply
Ran July 26, 2019 - 11:19 am

Nah, iya tuh mulai dari yang sederhana aja.. nabung saham aja rutin per bulan. Coba liat perkembangannya selama setahun atau lima tahun, ada profitnya deh. Coba pilih saham-saham yg bagus. Aku pilih saham perbankan. Kecuali BCA.. mehong ._. Hahaha

Reply
jalan dan makan July 26, 2019 - 3:28 pm

investasi butuh duit banget mau ngumpulin duit juga lama jadi pasrah aja dulu sob

Reply
Dudukpalingdepan July 27, 2019 - 7:40 pm

Poin terakhir yang saya belum praktekkan. Soalnya kebanyakan pria dan bapak-bapak kalau di grup2 begitu. Ada nggak ya komunitas investasi emak-emak? Heheh

Reply
Farida Pane July 28, 2019 - 5:14 am

begitu, ya. tips2nya bagus sekali, nih. bisa langsung diterapkan bagi yang berminat untuk berinvestasi, ya

Reply
Kopiah Putih July 28, 2019 - 2:17 pm

6 tipsnya informatif, mas. Mudah banget untuk diaplikasikan. Tips ini juga semoga bisa menghindarkan kita dari investasi bodong, ya. Bahaya kalo sampai kita salah memilih tempat investasi.
Terimakasih, mas.

Reply
Sabda Awal July 29, 2019 - 7:34 pm

salah tempat jadinya zonk mas, banyak sekarang investasi bodong

Reply
Reyne Raea July 29, 2019 - 4:53 am

Benar banget, mulai dari yang sederhana, rasakan sensasinya ya, jadi ingat ilmu yang diajarkan waktu ikuta kelas reksa dana dulu hehehe.

Setelah itu naikan sedikit demi sedikit, rasakan asyiknya, sampai nantinya bisa lebih berani ikut yang besar
Yang mengganggu itu adalah, godaan investasi bodong.
Keuntungannya gede bikin lupa diri padahal boong

Reply
Sabda Awal July 29, 2019 - 7:37 pm

investasi yg menjanjikan return tinggi dalam waktu singkat itu patut dicurigai mbak, kemungkinan besar bodong

Reply
Fadli H July 31, 2019 - 2:34 pm

Investasi emas memang diminati dari zaman dulu sampai sekarang–terutama emak-emak. Hebatnya sekarang tidak perlu beli emas fisiknya ya, bisa dengan tabungan emas. Informasinya sangat menarik, mudah-mudahan saya bisa berinvestasi juga. Jadi mesti bikin anggaran dari penghasilan.

Reply
Sabda Awal August 11, 2019 - 2:17 pm

sampai sekaang investasi emas masih menjadi favorit bagi sebagian besar kalangan, terutarama yang ga pengen ribet

Reply
keninglebar July 31, 2019 - 6:00 pm

Saya juga baru coba-coba beli reksadana di salah satu marketplace. Suka sama deg-degannya pas nungguin berapa keuntungan hari ini. Ndak besar, sih, but it so fun =)

Reply
Sabda Awal August 11, 2019 - 2:16 pm

kalau belu reksadana ga perlu ditungguin mas, hihihi… cukup dibiarkan aja sampe beberapa tahun dan beli secara rutin,

Reply
Zai July 31, 2019 - 6:29 pm

Yang paling penting adalah tips ke-5, yaitu selalu melakukan riset terlebih dahulu sebelum berinvestasi.

Reply
Bella agmia August 1, 2019 - 8:52 am

Beneran deh emang investasi itu penting banget meskipun dari hal yg paling sederhana kaya emas atau berternak. Thanks sharingnya seperti mengingatkan saya lagi kalo bulan ini gajian harus beli emas hehehe

Reply
Sabda Awal August 11, 2019 - 2:15 pm

haha, sippp, konsisten investasi setiap bulan

Reply
CREAMENO August 1, 2019 - 10:54 am

Menurut saya investasi memang penting untuk melawan laju inflasi, dan kebetulan saya sudah investasi dari beberapa tahun silam. Yang terbaik memang masih di saham hehe asal betul-betul dipelajari fundamental dan lain sebagainya, sama sering-sering baca berita juga akun-akun literasi keuangan 😀 semangat terus berbagi info ya mas Sabda~ semoga generasi berikutnya lebih banyak yang paham soal keuangan dan lebih bisa mengatur keuangan demi masa depan~

Reply
Sabda Awal August 11, 2019 - 2:15 pm

siaap, terimakasih mas. Semoga saya konsisten membagikan informasi keuangan agar menjadi refrensi bagi anak-anak muda lainnya

Reply
Bang Day August 2, 2019 - 11:20 am

Konsultasi ma bang Sabda selaku senior bisakan yah ?

Reply
Sabda Awal August 11, 2019 - 2:14 pm

senior apa nih mas, hahaha

Bisa 🙂

Reply
BroHabir August 2, 2019 - 12:53 pm

Kebayang kalau anak-anak atau pemuda sekarang sudah belajar untuk berinvestasi..

Anak muda harus berkolaborasi dengan memberikan karya-karya yang kreatif dan inovatif..

Itu semua sebagai wujud bukti didalam proses Indonesia yang Berkemajuan dari berbagi sektor.. Terutama Ekonomi..

Best Article!

Reply
Riza Alhusna August 2, 2019 - 5:39 pm

Paling penting, segera eksekusi ! Jangan rencana doang.

Wkwkwkwk

Reply
siyoo August 4, 2019 - 9:16 am

aku pernah ditawarin sih sama temen untuk investasi di poperty, tapi masih ragu ragu karena belum banyak tahu tentang investasi

Reply
Enny Ratnawati August 4, 2019 - 10:16 pm

MAKASIH tips nya. bener banget.apalagi buat kita2 yang masih awam ini. jangan sampai kena yang bodong td. serem

Reply
Rudi Chandra August 5, 2019 - 2:01 pm

Makasih buat tipsnya mas.
Lumayan buat nambah-nambah ilmu.

Reply
ursula meta rosarini August 6, 2019 - 11:49 am

Dari dulu pengen banget nyobain saham, udah sering sharing sama tmn2 yg udah pengalaman, tp aku susah bgt mudengnya, alhasil cuma jadi wancana hmmm

Reply
Sabda Awal August 11, 2019 - 2:06 pm

harus dicoba loh mbak, saham itu mudah. bisa diskusi sama saya

Reply
ellafitria August 8, 2019 - 11:21 am

yg penting banyakin riset dan jangan ragu2, udah itu kuncinya.. hhhh

Reply
Lala August 9, 2019 - 11:22 am

Setuju banget dengan poin poinnya, terima kasih informasinya 😀

Reply
Nurul Sufitri August 28, 2019 - 1:20 pm

Paling penting dalam investasi itu memang ga boleh ragu2 ya. Lebih bagus lagi kita mesti riset dulu kira2 prosesnya bagaimana dan hasilnya bakaan seperti apa. Zaman now banyak peer to peer lending ya tapi tetap kita kudu berhati2 dlm langkah jangan sampai salah mengambil keputusan. TFS.

Reply
arif rahman September 2, 2019 - 3:53 am

Sampai sekarang masih memilah mau ikut investasi yang mana. Pilihan mulai mengkerucut ke emas dan reksadana, hanya saja di reksadana masih bingung mulainya.

Reply
Sabda Awal September 2, 2019 - 7:36 am

mulai aja dulu mas, hehe, buka akun lalu beli reksadananya

Reply
Nita Lana Faera September 14, 2019 - 3:31 pm

Saya nih sampe sekarang belum punya investasi apa2, haha… Baru nabung2 aja. Tapi memang ada baiknya untuk punya investasi ya, biar makin semangat cari duitnya…

Reply
Sabda Awal September 15, 2019 - 9:50 am

kalau nabung aja nanti uangnya tergerus inflasi mbak

Reply
Amir October 1, 2019 - 1:43 pm

Tips yang bermanfaat pastinya. Koment dulu baca nanti 😀

Reply